INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Contoh SK Tim Fasilitator P5 SMK Tahun Ajaran 2024/2025

Contoh SK Tim Fasilitator P5 SMK Tahun Ajaran 2024/2025

Berikut ini dibagikan contoh SK Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMK Tahun Ajaran 2024/2025.

Contoh Surat Keputusan Tim Fasilitator P5 ini dapat menjadi referensi satuan pendidikan jenjang SMK yang akan membentuk Tim Fasilitator P5 di Tahun Ajaran 2024/2025.

Satuan Pendidikan dapat mengembangkan dan menyempurnakan contoh SK Tim Fasilitator P5 SMK Tahun Ajaran 2024/2025 ini sesuai kebutuhan.

Contoh Surat Keputusan Tim Fasilitator P5 SMK Tahun Ajaran 2024/2025 ini dapat menjadi gambaran pembuatan Satuan Pendidikan yang akan membentuk Tim Fasilitator P5 pada tahun ajaran 2024/2025.

SK Tim Fasilitator P5 SMK adalah surat keputusan yang dikeluarkan oleh pihak penyelenggara projek penguatan profil pelajar pancasila untuk menetapkan anggota tim fasilitator yang bertugas membantu pelaksanaan projek tersebut. Tim fasilitator P5 ini terdiri dari anggota yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan profil pelajar pancasila di lingkungan sekolah.

Di dalam contoh SK Tim Fasilitator P5 SMP Tahun Ajaran 2024/2025 tersebut dilengkapi dengan pertimbangan pembuatan SK, Dasar Hukum Pembuatan SK, Pembagian Tugas dalam Tim, dan Uraian Tugas Tim Fasilitator P5.

Tim fasilitator projek profil terdiri dari sejumlah pendidik yang berperan merencanakan, menjalankan, dan mengevaluasi projek profil. Tim fasilitator dibentuk dan dikelola oleh kepala satuan satuan pendidikan dan koordinator projek profil.

Jumlah tim fasilitator projek profil dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan satuan pendidikan, dilihat dari:

  • jumlah peserta didik dalam satu satuan pendidikan;
  • banyaknya tema yang dipilih dalam satu tahun ajaran;
  • jumlah jam mengajar  pendidik yang belum terpenuhi atau dialihkan untuk projek profil; dan
  • pertimbangan lain sesuai kebutuhan masing-masing satuan pendidikan.

Langkah Pembentukan Tim Fasilitator Projek Profil

1. Pimpinan satuan pendidikan menentukan seorang koordinator projek profil, bisa dari wakil kepala satuan pendidikan atau pendidik yang mempunyai pengalaman mengembangkan dan mengelola projek.

2. Apabila mempunyai SDM yang cukup, koordinator projek profil sekolah dapat membentuk koordinator di level kelas. Misalnya satu orang koordinator kelas 1, satu orang koordinator kelas 2, dan seterusnya. Untuk pendidikan khusus, koordinator dapat dipilih berdasarkan jenis kekhususan.

3. Pimpinan satuan pendidikan bersama koordinator projek profil memetakan pendidik dari setiap kelas (atau apabila SDM terbatas, perwakilan dari masing-masing fase) untuk menjadi tim fasilitator projek profil.

4. Koordinator mengumpulkan dan memberikan arahan kepada tim fasilitator projek profil untuk merencanakan dan membuat modul projek profil bagi setiap kelas atau fase.

Contoh SK Tim Fasilitator P5 SMK Tahun Ajaran 2024/2025
Contoh SK Tim Fasilitator P5 SMK Tahun Ajaran 2024/2025

Peran dan Tugas Koordinator dan Tim Fasilitator P5

Koordinator Projek Profil

1. Koordinator bisa dari wakil kepala satuan  pendidikan atau tenaga  pendidik yang memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan mengelola projek profil.

2. Mengembangkan kemampuan kepemimpinan dalam mengelola projek profil di satuan  pendidikan.

3. Mengelola sistem yang dibutuhkan tim pendidik/fasilitator dan peserta didik agar dapat menyelesaikan projek profil dengan sukses.

3. Memastikan kolaborasi pengajaran terjadi di antara para pendidik yang tergabung di dalam tim fasilitator projek profil.

4. Memastikan alur projek profil memiliki aktivitas yang kaya dan beragam untuk mengoptimalkan prinsip eksploratif.

5. Memastikan rancangan asesmen yang dilakukan sesuai dengan kriteria kesuksesan yang sudah ditetapkan.


Fasilitator Projek Profil

1. Memperhatikan kebutuhan dan minat belajar setiap peserta didik agar dapat memberikan stimulan atau tantangan yang beragam (berdiferensiasi), sesuai dengan gaya belajar, daya imajinasi, kreasi dan inovasi, serta peminatan terhadap tema projek profil.

2. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat dalam perencanaan dan pengembangan projek profil, dengan menyesuaikan kesiapan peserta didik dalam tingkat keterlibatan.

3. Memberikan ruang bagi peserta didik untuk mendalami isu atau topik pembelajaran yang kontekstual dengan tema projek profil sesuai dengan minat masing-masing peserta didik.

4. Berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait (orang tua, mitra, lingkungan satuan  pendidikan, dll.) dalam mencapai tujuan pembelajaran dari setiap tema projek profil.

5. Melakukan penilaian yang mengacu pada prinsip asesmen yang sudah ditentukan dalam memonitor perkembangan profil pelajar Pancasila yang menjadi fokus sasaran.

6. Menyediakan sumber belajar yang dibutuhkan oleh peserta didik secara proporsional.

Contoh dalam tahapan belajarnya, peserta didik perlu dibantu dalam penyediaan hal berikut.

a. Buku, surat kabar, majalah, jurnal, dan sumber-sumber pembelajaran lain yang berhubungan dengan projek profil.

b. Narasumber yang dapat memperkaya proses pelaksanaan projek profil.

c. Mengajarkan keterampilan proses inkuiri peserta didik dan mendampingi peserta didik untuk mencari referensi sumber pembelajaran yang dibutuhkan, seperti buku, artikel, tulisan pada surat kabar/ majalah, praktisi atau ahli bidang tertentu, dan sumber belajar lainnya.

7. Memfasilitasi akses untuk proses riset dan bukti.

a. Menyiapkan surat pengantar yang dibutuhkan untuk menghubungi sumber pembelajaran

b. Mencari kontak dan menghubungi narasumber

8. Membuka diri untuk memberi dan menerima masukan serta kritik, mulai dari awal hingga akhir pelaksanaan projek profil.

9. Mendampingi peserta didik untuk merencanakan dan menyelenggarakan setiap tahapan kegiatan projek profil yang menjadi ruang lingkup belajar peserta didik.

10. Memberi ruang peserta didik untuk berpendapat, membuat pilihan, dan mempresentasikan projek profil mereka.

11. Mengelola beban kerja mengajar dengan seimbang antara intrakurikuler dan projek profil.


Baca :

Contoh Surat Keputusan Tim Fasilitator P5 SMK Tahun Ajaran 2024/2025

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty  

telegram

0 Response to "Contoh SK Tim Fasilitator P5 SMK Tahun Ajaran 2024/2025"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan