INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran (Gerak Mulia) Dorong Percepatan Penguatan Literasi dan Numerasi

Website Nasty Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran (Gerak Mulia) Dorong Percepatan Penguatan Literasi dan Numerasi 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menyelenggarakan Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran (Gerak Mulia) sebagai upaya mempercepat penguatan literasi dan numerasi di satuan pendidikan.

Beragam upaya dilakukan oleh Kemendikbudristek dalam rangka pemulihan dan transformasi pembelajaran. Beberapa upaya yang telah dilakukan antara lain peluncuran episode Merdeka Belajar yang sejauh ini sudah sampai episode 26.

Pemulihan Pembelajaran adalah program yang dicanangkan serta diselenggarakan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya pada kompetensi dasar literasi dan numerasi di tingkat satuan pendidikan dan daerah. Program ini dikoordinasikan oleh PDM-10 Pemulihan Pembelajaran, Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Direktorat Jenderal PAUD Dikdas dan Dikmen, Kemendikbudristek juga telah mengeluarkan surat undangan resmi tertanggal 27 Agustus 2024, bahwa Kemendikbudristek akan melaksanakan kegiatan Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran (Gerak Mulia).

Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran (Gerak Mulia)
Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran (Gerak Mulia)

Undangan tersebut ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota di Indonesia. Selain itu juga ditujukan kepada seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BBPMP/BPMP di Indonesia.

Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran merupakan upaya nyata untuk mendorong penguatan literasi dan numerasi di daerah. Hal ini juga merupakan bentuk pengakuan (recognition) dan penumbuh semangat (motivation) atas upaya para pelaku gerakan literasi dan numerasi yang diharapkan mampu mendorong percepatan penguatan literasi dan numerasi dalam rangka pemulihan pembelajaran di satuan pendidikan di Indonesia.

Tujuan kegiatan ini adalah dapat meningkatkan minat baca peserta didik dan memperbaiki proses pembelajaran melalui penggunaan teks multimodal, sekaligus memperkuat sinergi antar pemangku kepentingan dalam pemulihan pembelajaran.


Oleh karena itu setiap satuan pendidikan agar partisipasi aktif dalam kegiatan Gelar Mulia ini bagi yang sudah memiliki upaya untuk melakukan aksi nyata penguatan literasi dan numerasi di ekosistem satuan pendidikannya.

Sasaran gelar aksi nyata pemulihan pembelajaran (Gerak Mulia) ditujukan kepada pelaku utama gerakan literasi numerasi dalam rangka penguatan literasi dan numerasi di daerah masing-masing, yaitu Dinas Pendidikan, Satuan Pendidikan, Mitra Pembangunan, dan Komunitas Masyarakat.

Terdapat 4 (empat) kategori penghargaan dalam Gerak Mulia. yaitu Tuntas Literasi Numerasi, Sadar Literasi Numerasi, Mitra Literasi Numerasi dan Penggerak Literasi Numerasi.

1. Tuntas Literasi Numerasi

Diberikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota

2. Sadar Literasi Numerasi

Diberikan kepada satuan pendidikan mulai dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SLB

3. Mitra Literasi Numerasi

Diberikan kepada mitra pembangunan baik korporasi, filantropi ataupun perguruan tinggi

4. Penggerak Literasi Numerasi

Diberikan kepada komunitas masyarakat, bunda literasi atau taman baacaan masyarakat

Pedoman Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran (Gerak Mulia) Kemendikbudristek selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih


@Salam Website Nasty i.



telegram

0 Response to " Gelar Aksi Nyata Pemulihan Pembelajaran (Gerak Mulia) Dorong Percepatan Penguatan Literasi dan Numerasi "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan