INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Panduan Teknis Sulingjar SD SMP SMA SMK Tahun 2024

Panduan Teknis Sulingjar SD SMP SMA SMK Tahun 2024

Berikut ini Panduan Teknis Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2024 jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK Sederajat.

Petunjuk Teknis Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) 2024 ini sebagai acuan satuan pendidikan dalam penyelenggaraan Sulingjar tahun 2024.

Survei Lingkungan Belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan.

Hasil dari Informasi yang diperoleh pada survei lingkungan belajar adalah tentang faktor-faktor dari aspek input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar murid.

Di dalam Survei Lingkungan Belajar mencakup sembilan dimensi yang diasumsikan mempengaruhi hasil belajar murid:

1. Latar belakang sosial-ekonomi murid

Murid dengan kondisi sosial-ekonomi yang berbeda memiliki hak yang sama dalam mengakses dan memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas, seperti tingkat pendidikan orang tua dan fasilitas belajar yang tersedia di rumah.

2. Kualitas pembelajaran di kelas

Seluruh kegiatan belajar mengajar di kelas, mencakup indikator manajemen kelas, dukungan afektif, pembelajaran interaktif dan penyesuaian cara mengajar dengan tingkat kemampuan murid.

3. Refleksi dan perbaikan pembelajaran oleh guru

Kemampuan pengembangan guru untuk terus meningkatkan kompetensi melalui belajar mandiri dengan merefleksi praktik pengajaran yang telah diterapkan dan juga belajar dari rekan guru.

4. Kepemimpinan instruksional

Kemampuan kepala satuan pendidikan dalam menyusun dan mengkomunikasikan visi, misi, program, dan kebijakan yang mendukung guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di satuan pendidikan.

5. Iklim keamanan di satuan pendidikan

Satuan pendidikan yang memiliki kebijakan, pemahaman, dan program terkait perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual dan narkotika sehingga memberikan perlindungan dan rasa aman bagi warga satuan pendidikan, baik secara fisik maupun psikologis.

6. Iklim kebinekaan di satuan pendidikan

Lingkungan satuan pendidikan yang menghargai keragaman agama maupun sosial-budaya dan dukungan kesetaraan hak.

7. Iklim kesetaraan gender

Bagaimana lingkungan satuan pendidikan berperilaku adil, memberikan kesempatan yang sama bagi warga satuan pendidikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam menjalankan peran publik.seperti dukungan kepala satuan pendidikan dan guru atas kesetaraan gender.

8. Iklim inklusivitas

Pengetahuan, penerimaan dan dukungan guru terhadap murid dengan disabilitas serta murid cerdas istimewa dan murid bakat istimewa.

9. Dukungan orangtua dan murid terhadap program satuan pendidikan

Partisipasi orangtua dalam kegiatan satuan pendidikan, dan partisipasi murid dalam penyusunan program satuan pendidikan.


Prosedur Pengisian Survei Lingkungan Belajar

Panduan Teknis Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2024
Panduan Teknis Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2024

Tujuan Survei Lingkungan Belajar adalah untuk mengetahui kondisi lingkungan belajar di satuan pendidikan di mana Kepala Satuan Pendidikan dan Guru bertugas. Pengisian survei ini sesuai dengan kondisi yang sebenarnya berdasarkan pengalaman selama satu tahun ajaran terakhir.

Kepala Satuan Pendidikan dan Guru  tidak perlu merasa khawatir, karena hasil survei ini tidak akan berpengaruh terhadap penilaian kinerja. Segala informasi dari pengisian survei ini akan dijaga kerahasian nya dan hanya akan dipergunakan untuk kepentingan survei.

Berikut adalah prosedur pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).

  • Survei Lingkungan Belajar wajib diisi oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis.
  • Kepala Satuan Pendidikan dan Guru dapat login menggunakan data yang tercetak pada kartu Login Sulingjar.
  • Kartu login didapatkan dari proktor/operator pada satuan pendidikan masing-masing yang ditunjuk untuk mengakses dan mencetak kartu login pada halaman dashboard Sulingjar.
  • Halaman dashboard Sulingjar dapat diakses proktor/operator satuan pendidikan di https://dashboardslb.kemdikbud.go.id/
  • Waktu pengisian akan aktif sesuai jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional di setiap jenjang pendidikan.
  • Jika Anda bertugas di lebih dari satu satuan pendidikan, pastikan Anda mengisi survei lingkungan belajar untuk setiap tempat penugasan.
  • Kendala selama proses pengisian dapat disampaikan ke tim helpdesk Asesmen Nasional melalui proktor/operator satuan pendidikan.


Jadwal Pelaksanaan Sulingjar 2024

Disampaikan di dalam Panduan Teknis Sulingjar 2024, jadwal pelaksanaan Sulingjar Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Pelaksanaan Sulingjar SD dan Sederajat : 7 – 27 Oktober 2024

2. Pelaksanaan Sulingjar SMP dan Sederajat : 23 September – 13 Oktober 2024

3. Pelaksanaan Sulingjar SMA dan SMK Sederajat : 9 – 29 September 2024

Tata Cara Pengisian Instrumen Sulingjar

Berikut adalah tata cara pengisian instrumen Sulingjar sesuai Juknis Sulingjar Tahun 2024.

1. Peserta memastikan ketersediaan jaringan internet yang memadai sebelum melakukan pengisian instrumen Sulingjar;

2. Peserta menyiapkan perangkat komputer/gawai berupa desktop, laptop, tablet, atau handphone sebagai sarana untuk pengisian instrumen Sulingjar;

3. Peserta memastikan berada pada lokasi yang kondusif, tenang, dan aman.

4. Peserta melakukan pengisian instrumen Sulingjar secara mandiri, jujur, dan objektif (tidak terpengaruh dan/atau dipengaruhi oleh pihak manapun);\

5. Peserta Sulingjar wajib membaca dan memahami halaman awal informasi yang muncul setelah login, kemudian menekan tombol “Saya memahami dan setuju”;

6. Peserta Sulingjar mulai melakukan pengisian instrumen Sulingjar dengan menekan tombol
“mulai” seperti pada gambar sebagai berikut.

7. Peserta Sulingjar melakukan pengisian instrumen Sulingjar selama rentang waktu yang sudah ditentukan.

8. Peserta Sulingjar dapat melihat status keterisian instrumen Sulingjar pada bagian halaman pengisian instrumen.

9. Halaman instrumen menyajikan jumlah halaman, setiap halaman instrumen dapat terdiri atas beberapa butir soal.

10. Peserta Sulingjar dapat berpindah ke halaman soal selanjutnya dengan klik tombol “Selanjutnya” di bagian bawah halaman. Namun ketika, ada butir soal di halaman tersebut yang belum terjawab, maka peserta tidak akan bisa berpindah ke halaman soal selanjutnya;

11. Peserta Sulingjar setelah menyelesaikan seluruh soal, halaman instrumen akan berubah dari warna merah menjadi warna hijau, dan selanjutnya peserta harus menekan tombol “selesai”.

12. Peserta Sulingjar tidak mengganti perangkat pengisian Sulingjar sampai dengan menekan tombol ‘selesai’ dan ‘konfirmasi’ untuk mengurangi resiko kehilangan data pengisian.

13. Peserta melakukan pengisian instrumen Sulingjar, Peserta wajib melakukan konfirmasi pada laman pop up konfirmasi “Ya atau tidak” setelah menekan tombol “selesai”, untuk memastikan pengiriman jawaban, seperti pada gambar berikut.

14. Apabila terdapat soal yang belum terisi pada saat menekan tombol selesai”, maka akan muncul notifikasi berapa jumlah butir yang belum terisi.


Panduan Teknis Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) Tahun 2024 jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat selengkapnya dapat dibaca dan di 

๐Ÿ‘‰=======UNDUH DISINI=======๐Ÿ‘ˆ

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 



telegram

0 Response to "Panduan Teknis Sulingjar SD SMP SMA SMK Tahun 2024"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan