INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas

 Website Nasty Tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas

Setiap tanggal 1 Oktober, Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Setiap tanggal 1 Oktober seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan yang gugur dalam menjaga keutuhan dan kejayaan Pancasila.

Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, kita diminta untuk merefleksikan arti kesaktian Pancasila dan pentingnya menjaga dan mempertahankan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara sempat mengalami berbagai tantangan sepanjang sejarahnya. Salah satu peristiwa yang sangat berpengaruh terhadap pengakuan dan penghormatan terhadap Pancasila adalah Tragedi G30S PKI. Pada peristiwa tragis ini, enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI AD tewas dalam upaya kudeta yang dilakukan oleh PKI.

Tragedi G30S PKI merupakan salah satu babak kelam dalam sejarah bangsa Indonesia. Percobaan kudeta ini bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dan menjadikan Indonesia sebagai negara komunis. Peristiwa ini juga menandai upaya PKI untuk mengubah Pancasila menjadi ideologi komunis.

Dalam peristiwa ini, beberapa perwira angkatan darat dan sejumlah orang lainnya menjadi korban pembunuhan yang dianggap sebagai upaya perebutan kekuasaan. Hingga saat ini, peristiwa G30S PKI masih menjadi perdebatan di kalangan akademisi mengenai pelakunya dan motif di baliknya.

Untuk mengenang peristiwa yang hampir mengancam eksistensi ideologi bangsa Indonesia, pemerintahan Orde Baru menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila melalui Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966).


Tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

Tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024
Tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024

Tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 ini, yaitu “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong seratus tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi Bangsa Indonesia akan dapat diatasi terlebih di tengah krisis global yang terjadi Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

Keberhasilan tersebut merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi pacasila sebagai fondasi dasarnya.

Seluruh komponen bangsa harus bekerjasama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 ini diharapkan dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila untuk Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Tema Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan