Contoh Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) 1 Kelas 12 SMA Tahun Ajaran 2024/2025
Website Nasty Berikut ini adalah contoh soal Sumatif Akhir Semester (SAS) 1 untuk peserta didik kelas 12 SMA Tahun Ajaran 2024/2025.
Contoh soal sumatif akhir semester 1 ini untuk memberikan gambaran mengenai soal-soal sumatif pada peserta didik kelas 12 SMA tahun ajaran 2024/2025.
Dengan mempelajari contoh soal sumatif akhir semester 1 ini, diharapkan peserta didik akan memiliki kesiapan lebih dalam mengerjakan soal-soal sumatif yang sudah dibuat oleh satuan pendidikan.
Asesmen atau penilaian merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
Terdapat dua bentuk penilaian (asesmen) pada Kurikulum Merdeka, yaitu Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif. Kedua bentuk penilaian tersebut memiliki perbedaan yang cukup mendasar, meskipun sama-sama berfungsi sebagai asesmen di dalam pembelajaran.
Merujuk pada Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 20227 tentang Standar Penilaian disebutkan bahwa penilaian hasil belajar peserta didik dapat berbentuk penilaian formatif dan sumatif.
Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Penilaian formatif dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai peserta didik yang mengalami hambatan atau kesulitan belajar dan perkembangan belajar peserta didik.
Penilaian formatif merupakan bagian dari langkah-langkah pembelajaran, dilakukan selama kegiatan pembelajaran berlangsung yang merupakan bagian dari praktik keseharian pendidik dan peserta didik di dalam proses belajar mengajar di kelas.
Penilaian formatif dilaksanakan untuk merefleksikan proses belajar dan tidak menentukan nilai akhir peserta didik. Oleh karena itu, asesmen formatif melibatkan aktivitas guru dan peserta didik yang bertujuan untuk memantau kemajuan belajar siswa selama proses belajar berlangsung.
Tujuan dari asesmen formatif adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran, tidak hanya untuk menentukan tingkat kemampuan peserta didik. Selain itu, asesmen formatif bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pembelajaran yang telah dilakukan.
Sedangkan penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menegah bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari satuan pendidikan.
Penilaian pencapaian hasil belajar peserta didik itu sendiri dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar peserta didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP).
Hasil asesmen sumatif digunakan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik, mengukur konsep dan pemahaman peserta didik, serta mendorong untuk melakukan aksi dalam mencapai kompetensi yang dituju.
Di dalam asesmen sumatif mencakup lebih dari satu pokok bahasan yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peserta didik telah dapat berpindah dari suatu unit pembelajaran ke unit pembelajaran berikutnya.
Asesmen sumatif dapat juga diartikan sebagai penggunaan tes-tes pada akhir suatu periode pengajaran tertentu, yang meliputi beberapa atau semua unit pelajaran yang diajarkan dalam satu semester, bahkan setelah selesai pembahasan suatu bidang studi.
Asesmen sumatif dilaksanakan setelah sekumpulan program pelajaran selesai diberikan. Kegiatan asesmen sumatif dilakukan jika satuan pengalaman belajar atau seluruh materi pelajaran telah selesai.
Soal Sumatif Akhir Semester 1 Kelas 12 SMA
Sesuai dengan tujuanya, maka pelaksanaan asesmen sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester, atau pada akhir fase. Asesmen sumatif pada akhir semester dapat bersifat pilihan.
Asesmen sumatif bisa dilakukan pada akhir semester jika guru merasa masih memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
Sebaliknya, jika guru merasa bahwa data hasil asesmen yang diperoleh selama satu semester telah mencukupi, maka tidak perlu lagi dilakukan asesmen pada akhir semester.
Hal yang perlu ditekankan, untuk asesmen sumatif, guru dapat menggunakan teknik dan instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, tetapi dapat menggunakan observasi dan performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio).
Umpan balik dari asesmen hasil akhir ini (sumatif) dapat digunakan untuk mengukur perkembangan belajar peserta didik dan memandu guru dalam merancang aktivitas pada pembelajaran berikutnya.
Contoh soal Sumatif Akhir Semester 1 yang dibagikan ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik dalam menyiapkan diri menghadapi Sumatif Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2024/2025.
Contoh soal sumatif akhir Semester (SAS) 1 Kelas 12 SMA selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Matematika Wajib – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Matematika Peminatan – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Bahasa Indonesia – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Sastra Indonesia – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Bahasa Inggris – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Sastra Inggris – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Kimia – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Biologi – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Seni Budaya – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Informatika – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel PKn – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel PAI – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Sosiologi – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Antropologi – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Geografi – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Sastra Jerman – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Ekonomi Peminatan – Unduh
Soal SAS 1 Kelas 12 SMA Mapel Sejarah Indonesia – Unduh
@Salam Website Nasty
0 Response to "Contoh Soal Sumatif Akhir Semester (SAS) 1 Kelas 12 SMA Tahun Ajaran 2024/2025"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan