INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Kunci Jawaban: Soal Tes PPA Umum-2, Prinsip Pengajaran dan Asesmen Umum PPG Daljab 2024 di PMM

 Website Nasty Kunci Jawaban: Soal Tes PPA Umum-1, Prinsip Pengajaran dan Asesmen Umum PPG Daljab 2024 di PMM 

Kriteria Guru yang Terpanggil pada PPG Bagi Guru Tertentu 2024

1. Anda adalah guru Bahasa Inggris di sebuah SD. Minggu ini Anda berencana untuk mengaitkan antara budaya dengan perkembangan Bahasa Inggris secara umum. Anda agak kesulitan untuk menentukan budaya mana yang akan diangkat karena peserta didik di kelas Anda terdiri atas berbagai macam budaya. Apa yang akan Anda lakukan?

A. Memberikan kasus keberagaman budaya yang mempengaruhi pembelajaran Bahasa Inggris dan meminta komentar peserta didik

B. Mencari ide tentang cerita-cerita dari berbagai budaya untuk memahami variasi dalam penggunaan bahasa

C. Memperkenalkan budaya-budaya yang umum di Indonesia melalui metode ceramah dalam Bahasa Inggris di depan kelas

D. Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya

E. Mendiskusikan dalam kelas tentang peran budaya dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bghgsa kedua

Jawab : D. Melibatkan peserta didik dalam proyek kelompok untuk merancang dan menyajikan materi Bahasa Inggris yang mencerminkan budayanya


2. Anda merasa bahwa tes tertulis yang digunakan selama ini belum dapat mengungkapkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya. Tahun ini Anda ingin menggunakan strategi asesmen lain yang dapat menilai pemahaman sekaligus kemampuan mentransfer pengetahuan peserta didik. Sebagai guru mata pelajaran, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

A. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan

B. Menggunakan metode presentasi secara Individual

C. Melakukan tanya jawab secara lisan untuk mengungkap kedua unsur penilaian tersebut

D. Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat dalam mengungkap pemahaman sekaligus mentransfer pengetahuan

E. Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis, serta mengatur ulang waktu

Jawab : A. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan


3. Anda mengampu Bahasa Inggris. Anda menyadari bahwa kemampuan menulis cenderung kurang diperhatikan dalam mata pelajaran ini, dan Anda berencana untuk melatihnya. Selama ini sebenarnya Anda sudah berusaha memberikan tugas-tugas menulis, namun hasil yang ditunjukkan oleh peserta didik cukup beragam antar kategori tulisan, seperti antara esai, tulisan reportase kejadian, cerita, dan sebagainya. Apa yang Anda lakukan kemudian pada penugasan kali ini?

A. Meminta semua peserta didik membuat tulisan dengan kategori dan tema yang sama

B. Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam

C. Memberi penugasan yang berbeda dalam hal tema, jenis, dan detil ketentuan tulisan

D. Memahami bahwa dibutuhkan latihan menulis yang berbeda berdasarkan kemampuan peserta didik

E. Mencoba memberikan panduan atau tugas menuLis dalam kategori yang bervariasi

Jawab : B. Membuat proyek menulis kolaboratif antar peserta didik yang kemahiran menulisnya beragam


4. Selama 5 tahun terakhir Anda adalah guru kelas tinggi, namun tahun ini Anda diminta untuk mengajar di kelas rendah, yaitu kelas 1. Ketika Anda harus mengajarkan konsep angka, Anda

mencoba menyampaikannya dengan menuliskan bilangan-bilangan di papan tulis, namun para peserta didik tampak tidak ada yang memperhatikan dan bermain sendiri-sendiri. Bagaimana Anda mengatasi kejadian tersebut?

A. Berupaya untuk melakukan aktivitas bermain dan belajar meski belum begitu paham caranya

B. Mencari ide tentang penyampaian materi matematika dengan konsep yang lebih menarik

C. Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya

D. Meminta peserta didik untuk memperhatikan angka yang telah ditulis di papantulis

Jawab : C. Membuat satu set kartu angka dan meminta peserta didik untuk mengurutkannya


5. Anda adalah guru matematika kelas 1 SD. Selain ingin mengenalkan bilangan 1 hingga 10, Anda ingin peserta didik juga dapat menuliskan bilangan-bilangan tersebut. Hanya saja, Anda mengamati bahwa ada di antara mereka yang belum mahir dalam memegang alat tulis. Bila Anda menghadapi situasi ini, apa prioritas tindakan yang Anda lakukan?

A. Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik

B. Meminta peserta didik menulis bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu

C. Tetap meminta semua peserta didik untuk dapat latihan menulis bilangan 1 hingga 10

D. Berupaya untuk menurunkan banyaknya bilangan yang harus ditulis peserta didik

E. Menyadari bahwa tidak semua peserta dia dikelas 1 SD sudah terampil dalam menulis

Jawab : A. Membedakan target kompetensi dengan mengidentifikasi kemampuan motorik halus peserta didik


BACA JUGA :

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "Kunci Jawaban: Soal Tes PPA Umum-2, Prinsip Pengajaran dan Asesmen Umum PPG Daljab 2024 di PMM "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan