Soal KUMER Sumatif Kelas 1, 2, 2, 4, 5, 6 SD
Soal KUMER (Kurikulum Merdeka) Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 1, 2, 2, 4, 5, 6 SD
Definisi Asesmen Sumatif
Penilaian
atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah
bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian
Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau
kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar
murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid
dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Asesmen
sumatif digunakan untuk mengetahui capaian perkembangan murid dan bukan
sebagai hasil evaluasi untuk penentuan kenaikan kelas atau kelulusan.
Asesmen sumatif berbentuk laporan hasil belajar yang berisikan laporan
pencapaian pembelajaran dan dapat ditambahkan dengan informasi
pertumbuhan dan perkembangan anak.
· Asesmen
sumatif dapat dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada
akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan
pembelajaran), pada akhir semester, atau pada akhir fase. Sementara
khusus pada akhir semester, asesmen sumatif bersifat pilihan.
· Asesmen
sumatif bisa dilakukan pada akhir semester jika guru merasa masih
memerlukan konfirmasi atau informasi tambahan untuk mengukur pencapaian
hasil belajar murid. Sebaliknya, jika guru merasa bahwa data hasil
asesmen yang diperoleh selama 1 semester telah mencukupi, maka tidak
perlu lagi dilakukan asesmen pada akhir semester. Hal yang perlu
ditekankan, untuk asesmen sumatif, guru dapat menggunakan teknik dan
instrumen yang beragam, tidak hanya berupa tes, namun dapat menggunakan
observasi dan performa (praktik, menghasilkan produk, melakukan projek,
atau membuat portofolio).
· Umpan
balik dari asesmen hasil akhir ini (sumatif) dapat digunakan untuk
mengukur perkembangan murid, untuk memandu guru merancang aktivitas pada
pembelajaran berikutnya.
· Pada
Kurikulum Merdeka, guru diharapkan untuk lebih banyak mengutamakan
asesmen formatif, untuk mendapatkan umpan balik dan mengetahui
perkembangan murid. Namun, asesmen sumatif juga tetap digunakan untuk
mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
BACA JUGA : LENGKAP Administrasi Guru di Kelas
Fungsi asesmen
Fungsi asesmen sumatif, yaitu pengukuran kemampuan dan pemahaman peserta didik dan sebagai sarana memberikan umpan balik kepada peserta didik.
Di
dalam Kurikulum Merdeka, Satuan pendidikan dan pendidik memiliki
keleluasaan untuk menentukan jenis, teknik, bentuk instrumen, dan waktu
pelaksanaan asesmen berdasarkan karakteristik tujuan pembelajaran.
Satuan
pendidikan dan pendidik juga memiliki keleluasaan untuk menentukan
strategi pengolahan hasil asesmen sesuai kebutuhan. Satuan pendidikan
dan pendidik menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Prinsip-Prinsip Asesmen
Prinsip asesmen di dalam Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.
1. Asesmen
merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi
pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan
balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat
memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
2. Asesmen
dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan
keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen.
3. Asesmen
dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya
(reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan
tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran
yang sesuai selanjutnya.
4. Laporan
kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan
informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan
kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.
5. Hasil
asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan,
dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu
pembelajaran
Teknik Asesmen
Setelah tujuan dirumuskan, guru memilih dan/atau mengembangkan instrumen asesmen yang sesuai.
Instrumen
asesmen dapat dikembangkan berdasarkan teknik penilaian yang digunakan
oleh guru. Berikut adalah beberapa contoh teknik asesmen yang dapat
diadaptasi untuk melakukan asesmen formatif maupun sumatif:
1. Observasi
Penilaian
yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan perilaku
secara berkala. Observasi dapat difokuskan untuk semua murid maupun per
individu. Observasi juga dapat dilakukan dalam tugas atau aktivitas
rutin/harian.
2. Kinerja
Penilaian
yang menuntut murid untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan
pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria
yang diinginkan. Asesmen kinerja dapat berupa praktik, menghasilkan
produk, melakukan projek, atau membuat portofolio.
3. Projek
Kegiatan
penilaian terhadap suatu tugas yang meliputi kegiatan perancangan,
pelaksanaan, dan pelaporan, yang harus diselesaikan dalam periode/waktu
tertentu.
4. Tes tertulis
Tes
dengan soal dan jawaban yang disajikan secara tertulis, untuk mengukur
atau memperoleh informasi tentang kemampuan murid. Tes tertulis dapat
berbentuk esai, pilihan ganda, uraian, atau bentuk-bentuk tes tertulis
lainnya.
5. Tes lisan
Pemberian
soal/pertanyaan yang menuntut murid untuk menjawabnya secara lisan, dan
dapat diberikan secara klasikal (dilakukan untuk seluruh kelas/kelompok
besar) ketika pembelajaran.
6. Penugasan
Pemberian tugas kepada murid untuk mengukur pengetahuan, serta memfasilitasi murid memperoleh atau meningkatkan pengetahuan.
7. Portofolio
Kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya murid dalam bidang tertentu, yang mencerminkan perkembangannya secara menyeluruh (holistis) dalam kurun waktu tertentu.
DOWNLOAD JUGA : Perangkat SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
DOWNLOAD Soal KUMER Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 1, 2, 2, 4, 5, 6 SD
- Soal KUMER Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 1 SD
- Soal KUMER Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 2 SD
- Soal KUMER Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 3 SD
- Soal KUMER Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 4 SD
- Soal KUMER Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 5 SD
- Soal KUMER Sumatif Akhir Semester (SAS) Kelas 6 SD
- File Pendukung FONT PENDUKUNG Unduh DISINI
- File Pendukung WINRAR Unduh DISINI
- File Pendukung PDF Unduh DISINI
0 Response to "Soal KUMER Sumatif Kelas 1, 2, 2, 4, 5, 6 SD"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan