Contoh Soal Latihan Pemahaman PPG Guru Tertentu Modul 1 Topik 2
Contoh Soal Latihan Pemahaman PPG Guru Tertentu Modul 1 Topik 2
Berikut ini ada beberapa contoh
soal latihan pemahaman PPG Piloting Guru Tertentu, yang bisa menjadi
referensi Anda untuk dipelajari sebelum menghadapi pelaksanaan PPG Guru
Teretentu.
Berikut ini 10 Contoh Soal Latihan Pemahaman PPG Guru Tertentu Modul 1 Topik 2.
A.
Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan
pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi
yang dipelajari
B. Guru mendorong peserta didik melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan potensi yang perlu dikembangkan
C.
Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong
kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu
pengetahuan
D. Guru memberikan proyek yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan
E.
Guru memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk
mengakomodasi peserta didik dengan berbagai tingkat kesiapan belajar
Jawaban:
Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan
pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi
yang dipelajari
2.
Sebelum melaksanakan pembelajaran, Pak Hafiz mengadakan asesmen awal
untuk mengetahui profil belajar peserta didiknya. Dari hasil asesmen
awal tersebut diketahui bahwa 45% peserta didik memiliki kecenderungan
gaya belajar visual, 15% kinestetik, dan 40% auditori. Pak Hafiz juga
memperoleh informasi bahwa secara umum peserta didiknya memiliki
kecenderungan minat yang relevan dengan gaya belajar masing-masing.
Berdasarkan data tersebut, Pak Hafiz merencanakan pembelajaran
berdiferensiasi pada elemen proses sebagai berikut, kecuali....
A. Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari sumber belajar dalam bentuk modul digital interaktif
B.
Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan
hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster,
maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat
C. Peserta didik diminta mengamati dan mendiskusikan isi video untuk memperoleh pengetahuan baru
D.
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan praktik
bermain peran agar mereka lebih memahami penjelasan guru
Jawaban:
Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan
hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster,
maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat
3.
Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam
pembelajaran, bukan dalam arti menghadirkan konsep dan prinsip
pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk
memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta
didik. Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran dimaksud tergambar
pada beberapa kegiatan berikut, kecuali....
A. Pada awal tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya.
B.
Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong
kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu
pengetahuan
C.
Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam
mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru
lain. D. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi
untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensinya.
E.
Guru perlu mengevaluasi hasil penilaian formatif, memperhatikan
perilaku peserta didik, dan mendengarkan keluhan mereka untuk mengetahui
kebutuhan belajarnya
Jawaban:
Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam
mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru
lain.
4. Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi adalah....
A. Guru adalah sumber belajar utama dan peserta didik mengikuti apa yang telah ditetapkan.
B. Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber.
C. Guru menjadi mediator antar peserta didik agar terjadi transfer pengetahuan dalam proses belajar.
D. Guru menjadi motivator yang mengamati peserta didik dari jauh selama proses belajar.
E. Guru menjadi motor penggerak utama proses pembelajaran
Jawaban: Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber.
5.
Bu Farida menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi
kebutuhan belajar peserta didik. Dengan demikian, ia membagi peserta
didik dalam beberapa kelompok belajar. Ternyata Bu Farida masih
mengalami kesulitan karena semua peserta didik masih bertanya kepadanya.
Sehingga proses belajar masih berpusat pada guru. Hal yang dapat Ibu
Farida lakukan adalah....
A.
Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la
mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri tanpa
adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari
peserta didik.
B.
Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la
mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri-sendiri dengan
hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Peserta didik
tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
C.
Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la
mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang
berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja
sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Guru mempunyai porsi tanggung
jawab yang lebih besar dibanding peserta didik.
D.
Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la
mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang
berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja
sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai porsi
tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru. Sehingga peserta didik
dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik
memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran.
E. Semua salah
Jawaban:
Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la
mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang
berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja
sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai porsi
tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru. Sehingga peserta didik
dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik
memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran.
6.
Seorang guru mengadopsi elemen-elemen diferensiasi dalam pelaksanaan
pembelajaran, seperti menggunakan bahan bacaan yang berbeda untuk
peserta didik dengan kemampuan membaca yang beragam. Namun, beberapa
peserta didik masih kesulitan mencapai tujuan pembelajaran. Tindakan
yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah....
A. Meminta peserta didik yang kesulitan untuk belajar lebih keras
B. Mengurangi tingkat kompleksitas tugas
C. Meminta peserta didik untuk bekerja sendiri
D. Melanjutkan dengan kurikulum yang telah direncanakan
E. Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran
Jawaban: Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran
7.
Diberikan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Peserta didik menentukan
tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin diketahui 2. Peserta
didik melakukan refleksi terhadap kemampuannya 3. Guru memberikan
gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian peserta didik 4.
Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama
Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk
merumuskan tujuan belajar adalah....
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 4-3-2-1
D. 4-2-3-1
E. 3-2-1-4
Jawaban: 4-3-2-1
8.
Seorang guru melaksanakan pembelajaran pada topik tertentu. la
mendapati bahwa peserta didik belum pernah mempelajari topik tersebut.
Hal yang perlu dilakukan guru pada kegiatan awal pembelajaran
adalah....
A. Menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar yang konsisten
B.
Menjelaskan bahwa materi ini membutuhkan praktik yang banyak, sehingga
peserta didik perlu untuk menguasai semua perangkat dalam laboratorium
sebelum kelas dimulai
C.
Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik
pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi
dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
D. Langsung menjelaskan materi tersebut sehingga peserta didik terbiasa
E. Memberi soal pretest terkait materi tersebut sehingga dapat memicu motivasi peserta didik
Jawaban:
Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik
pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi
dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
9.
Ibu Tina menemukan beberapa peserta didik yang belum mencapai tujuan
pembelajaran, sehingga mereka memerlukan kegiatan remedial. Langkah yang
paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah....
A. Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk peserta didik yang memerlukan remedial
B. Memberikan PR yang banyak agar peserta didik belajar sendiri di rumah
C. Menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya tidak mengikuti proses belajar dengan baik
D. Meminta setiap peserta didik untuk mengumpulkan tugas setiap akhir pembelajaran
E. Meminta setiap peserta didik untuk membuat review materi pembelajaran
Jawaban: Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk peserta didik yang memerlukan remedial
10.
Beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan dalam menerapkan
pembelajaran berdiferensiasi adalah sebagai berikut: 1. Kebutuhan
peserta didik yang beragam 2. Kondisi kelas 3. Kebutuhan guru dan kepala
sekolah 4. Lingkungan sekolah Elemen yang perlu dipertimbangkan oleh
guru ketika melakukan modifikasi pembelajaran adalah....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 4
Jawaban: 1 dan 2
Demikian artilek tentang Contoh Soal Latihan Pemahaman PPG Guru Tertentu Modul 1 Topik 2, semoga bisa bermanfaat
Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih
0 Response to "Contoh Soal Latihan Pemahaman PPG Guru Tertentu Modul 1 Topik 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan