6 Kegiatan Pilihan MPLS Ramah TA 2025/2026
6 Kegiatan Pilihan MPLS Ramah TA 2025/2026
Berikut ini adalah 6 kegiatan pilihan MPLS Ramah Tahun Ajaran 205/2026. Karena sebagai kegiatan pilihan, maka 6 kegiatan MPLS Ramah ini dapat dipilih oleh satuan pendidikan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi satuan pendidikan.
MPLS adalah kegiatan awal bagi murid baru saat memasuki jenjang pendidikan baru, Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan program sekolah, sarana dan prasarana, cara belajar, serta membangun karakter dan budaya positif sejak hari pertama.
Kegiatan ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi momen penting untuk membentuk kesan awal positif terhadap sekolah, membantu guru memahami karakter dan kebutuhan murid untuk merancang pembelajaran yang tepat, menggembirakan, dan memotivasi.
MPLS harus dirancang agar menggembirakan, mendukung kesiapan belajar, dan memberikan rasa aman dan nyaman. Kegiatan MPLS harus membantu murid merasa diterima, bersemangat belajar, dan membentuk karakter positif.
MPLS juga mendorong pembelajaran yang berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) melalui kegiatan seperti Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (G7KAIH), Pertemuan Pagi Ceria, dan pembiasaan hidup bersih sehat.
Lebih jauh, MPLS diharapkan membangun ekosistem pendidikan yang melibatkan catur pusat pendidikan: sekolah, keluarga, masyarakat, dan media.
Tema MPLS 2025/2026 adalah MPLS Ramah, yang menekankan penghormatan terhadap hak anak, nilai karakter, dan pengalaman belajar yang aman, nyaman, dan menggembirakan.
Maksud dan Tujuan MPLS Ramah
Maksud dan tujuan MPLS Ramah adalah sebagai berikut.
1. MPLS Ramah menumbuhkan dan menguatkan karakter serta profil lulusan murid baru melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, pengenalan profil lulusan dan kegiatan lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.
2. MPLS Ramah membantu murid baru untuk mengenal, beradaptasi, dan berinteraksi positif dengan warga satuan pendidikan.
3. MPLS Ramah membantu murid baru untuk mengenal dan beradaptasi terhadap sarana prasarana yang tersedia di lingkungan satuan pendidikan.
4. MPLS Ramah membantu murid baru untuk mengenal dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitar satuan pendidikan.
5. MPLS Ramah membantu murid baru untuk mengenal kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya) satuan pendidikan.
6. MPLS Ramah mengenalkan karakteristik dan kebutuhan perkembangan setiap murid baru sebagai bahan pertimbangan guru untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mendalam yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Baca : Rujukan Kegiatan MPLS Ramah Tahun 2025
Manfaat MPLS Ramah
Manfaat dari penyelenggaraan MPLS Ramah adalah sebagai berikut.
1. Karakter dan Profil Lulusan Murid baru dapat tumbuh dan kuat melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, pengenalan profil lulusan dan aktivitas lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.
2. Murid baru dapat mengenal, beradaptasi, dan berinteraksi positif dengan warga satuan pendidikan.
3. Murid baru dapat mengenal dan beradaptasi terhadap sarana prasarana yang tersedia dan dapat digunakan di lingkungan satuan pendidikan.
4. Murid baru dapat mengenal dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitar satuan pendidikan.
5. Murid baru mengenal kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya) satuan pendidikan.
6. Guru dapat mengidentifikasi karakteristik dan kebutuhan perkembangan murid baru untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mendalam yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Prinsip Pelaksanaan MPLS Ramah
Berikut adalah beberapa prinsip yang berfungsi sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan MPLS Ramah agar berjalan secara efektif, mendidik, dan menggembirakan bagi seluruh murid baru adalah sebagai berikut.
1. Ramah
Kegiatan MPLS Ramah dirancang dan dilaksanakan dengan memuliakan, menghormati hak anak, dan menjunjung tinggi nilai karakter untuk mewujudkan lingkungan belajar aman, nyaman, dan menggembirakan melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
2. Edukatif
Setiap kegiatan MPLS Ramah harus mengandung nilai-nilai pendidikan. Artinya, seluruh materi dan metode yang digunakan dalam MPLS Ramah harus berorientasi pada pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan karakter murid.
3. Efektif dan Efisien
Efektif berarti kegiatan harus sesuai dengan maksud dan tujuan MPLS Ramah untuk membantu murid mengenal dan beradaptasi di satuan pendidikan baru. Efisien berarti pelaksanaan kegiatan MPLS Ramah menggunakan sumber daya yang optimal dan tidak berlebihan.
4. Inklusif
Kegiatan MPLS Ramah harus bisa diakses oleh seluruh murid baru tanpa terkecuali dan satuan pendidikan harus memastikan bahwa semua murid baru dapat mengikuti MPLS Ramah tanpa hambatan finansial atau logistik.
5. Partisipatif
Penyelenggaraan MPLS Ramah harus melibatkan seluruh warga satuan pendidikan dan komite satuan pendidikan. Keterlibatan semua pihak akan memastikan bahwa MPLS Ramah menjadi tanggung jawab bersama dan dilaksanakan secara kolaboratif.
6. Fleksibilitas
Satuan pendidikan dapat menyesuaikan pelaksanaan MPLS Ramah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dengan mengacu pada panduan yang telah ditetapkan.
Waktu Pelaksanaan MPS Ramah
Kegiatan MPLS Ramah bagi murid baru dilaksanakan dalam jangka waktu selama 5 (lima) hari pada jam kerja satuan pendidikan formal, sesuai dengan kalender akademik dan jadwal pembelajaran yang berlaku.
Periode pelaksanaan MPLS Ramah dilaksanakan pada minggu pertama awal tahun ajaran. Namun, ketentuan waktu ini tidak berlaku bagi satuan pendidikan berasrama. Pengecualian ini diberikan dengan mempertimbangkan bahwa satuan pendidikan berasrama atau boarding school memiliki kebutuhan adaptasi yang lebih kompleks bagi murid baru.
Selain pengenalan lingkungan belajar, murid juga perlu beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal, peraturan asrama, jadwal harian yang lebih ketat, serta interaksi sosial dalam komunitas berasrama yang berlangsung 24 jam.
Oleh karena itu, bagi satuan pendidikan berasrama, jangka waktu MPLS Ramah dapat lebih dari 5 hari, disesuaikan dengan kebutuhan adaptasi yang lebih mendalam, tetapi tetap harus berpedoman pada prinsip pelaksanaan MPLS Ramah.
5 Kegiatan Pilihan MPLS Ramah TA 2025/2026
Kegiatan MPLS memiliki dua jenis kegiatan, yaitu kegiatan wajib dan kegiatan pilihan yang disesuaikan dengan silabus MPLS. Untuk materi kegiatan pilihan disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik lingkungan sekolah.
Penyusunan Silabus MPLS Ramah dilakukan dengan tetap memperhatikan tujuan, kondisi, serta kebutuhan murid dan satuan pendidikan masing-masing serta diselaraskan dengan tujuan dan prinsip pelaksanaan MPLS Ramah.
Terdapat beberapa kegiatan yang dapat dipilih sesuai dengan ciri khas dan kebutuhan satuan pendidikan. Berikut adalah 6 kegiatan MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026.
1. Kegiatan pengenalan program kesehatan sekolah termasuk keselamatan dan kesehatan kerja (K3).
2. Kegiatan pengenalan empat pilar kebangsaan.
3. Kegiatan pencegahan isu pornografi.
4. Kegiatan pencegahan perkawinan anak;
5. Kegiatan pencegahan isu sosial lainnya; dan
6. Kegiatan pendidikan perubahan iklim.
BACA JUGA : 8 Aktivitas Wajib Pada MPLS Ramah TA 2025/2026
@Salam Website Nasty
0 Response to "6 Kegiatan Pilihan MPLS Ramah TA 2025/2026"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan