Panduan Aktivitas MPLS Ramah PAUD TA 2025/2026
Panduan Aktivitas MPLS Ramah PAUD TA 2025/2026
Berikut ini adalah Panduan Kegiatan MPLS Ramah PAUD Tahun 2025. Buku Panduan Kegiatan MPLS Ramah PAUD Tahun 2025 ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen).
Buku Panduan Kegiatan MPLS Ramah PAUD Tahun 2025 ini sebagai referensi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan (MPLS) Tahun Ajaran 2025/2026 dengan tema MPLS Ramah.
MPLS adalah kegiatan awal bagi murid baru saat memasuki jenjang pendidikan baru, Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan program sekolah, sarana dan prasarana, cara belajar, serta membangun karakter dan budaya positif sejak hari pertama.
Pada tahun ajaran 2025/2026. tema MPLS adalah MPLS Ramah. Tema MPLS Ramah menegaskan penghormatan terhadap hak anak, nilai karakter, dan pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
MPLS Ramah adalah kegiatan awal bagi murid baru untuk menumbuhkan karakter dan profil lulusan melalui pengenalan :
1. warga satuan pendidikan (kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, murid, karyawan);
2. kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, budaya sekolah);
3. lingkungan satuan pendidikan (denah, sarana prasarana seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, kantin, fasilitas olahraga); dan
4. lingkungan sekitar sekolah (Puskesmas, tempat ibadah, kantor kelurahan, fasilitas umum lainnya).
Pelaksanaan MPLS Ramah bertujuan sebagai berikut.
1. Menumbuhkan dan menguatkan karakter serta profil lulusan murid baru melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, pengenalan profil lulusan dan aktivitas lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.
2. Membantu murid baru mengenal, beradaptasi, dan berinteraksi positif dengan warga satuan
pendidikan.
3. Membantu murid baru mengenal dan beradaptasi terhadap sarana prasarana yang tersedia di lingkungan satuan pendidikan.
4. Membantu murid baru mengenal dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitar satuan pendidikan.
5. Membantu murid baru mengenal kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya) satuan pendidikan.
6. Membantu guru mengenal karakteristik dan kebutuhan perkembangan setiap murid agar dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mendalam yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
MPLS Ramah diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat sebagai berikut.
1. Karakter dan Profil Lulusan Murid baru dapat tumbuh dan kuat melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, pengenalan profil lulusan dan aktivitas lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.
2. Murid baru dapat mengenal, beradaptasi, dan berinteraksi positif dengan warga satuan pendidikan.
3. Murid baru dapat mengenal dan beradaptasi terhadap sarana prasarana yang tersedia dan dapat digunakan di lingkungan satuan pendidikan.
4. Murid baru dapat mengenal dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitar satuan pendidikan.
5. Murid baru mengenal kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya) satuan pendidikan.
6. Guru dapat mengenal karakteristik dan kebutuhan perkembangan setiap murid agar dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mendalam yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Panduan Aktivitas MPLS Ramah PAUD TA 2025/2026
Hari 1: PAUD-ku Menggembirakan
Kegiatan 1: Penyambutan dan Pengisian Kehadiran
Kegiatan 2: Pertemuan Pagi Ceria
Kegiatan 3: Mari Berkenalan
Kegiatan 4: Jelajah PAUD-ku
Kegiatan 5: Makan Sehat dan Bergizi
Kegiatan 6: Pemecah Kebekuan (Ice Breaking) : Tepuk Ramtamtam
Kegiatan 7: Kelas Orang Tua
Kegiatan 8: Refleksi dan Motivasi
Kegiatan 9: Doa dan Penutup
Hari 2: Aku Mengenal Teman dan Guru
Kegiatan 1: Penyambutan dan Mengisi Kehadiran
Kegiatan 2: Pertemuan Pagi Ceria
Kegiatan 3: Yuk Berkenalan
Kegiatan 4: Siaga Sejak Dini
Kegiatan 5: Bermain Garis Pemisah
Kegiatan 6: Makan Sehat dan Bergizi
Kegiatan 7: Pemecah kebekuan (Ice Breaking) –
Bermain Cap Cip Cup Kembang Kuncup
Kegiatan 8: Refleksi dan Motivasi
Kegiatan 9: Doa dan Penutup
Hari 3: Aku Bisa Menjaga Diri dan Barangku
Kegiatan 1: Penyambutan dan Mengisi Kehadiran
Kegiatan 2: Pertemuan Pagi Ceria
Kegiatan 3: Siapa yang Tahu Aturannya
Kegiatan 4: Tasku, Tanggung Jawabku
Kegiatan 5: Makan Sehat dan Bergizi
Kegiatan 6: Pemecah Kebekuan (Ice Breaking) : Tepuk Ramtamtam
Kegiatan 7: Refleksi dan Motivasi
Kegiatan 8: Doa dan Penutup
Hari 4: Aku dan Temanku, Hebat
Kegiatan 1: Penyambutan dan Mengisi Kehadiran
Kegiatan 2: Pertemuan Pagi Ceria
Kegiatan 3: PAUD-ku Bersih dan Sehat
Kegiatan 4: Bermain Peran Mini “Jika Aku..”
Kegiatan 5: Makan Sehat dan Bergizi
Kegiatan 6: Pemecah kebekuan (Ice Breaking) – Bermain Cap Cip Cup Kembang Kuncup
Kegiatan 7: Refleksi dan Motivasi
Kegiatan 8: Doa dan Penutup
Hari 5: Ceria Bersama di PAUD
Kegiatan 1: Penyambutan dan Mengisi Kehadiran
Kegiatan 2: Pertemuan Pagi Ceria
Kegiatan 3: Warna Warni Lukisanku
Kegiatan 4: Makan Sehat dan Bergizi
Kegiatan 5: Pemecah Kebekuan (Ice Breaking) Tepuk Sayang Teman dan Bernyanyi Jinggel MPLS Ramah
Kegiatan 6: Berani Bersama
Kegiatan 7: Refleksi dan Motivasi
Kegiatan 8: Doa dan Penutup
BACA JUGA : KMA Nomor 646 Tahun 2025 tentang TPG Guru Non ASN
UNDUH Panduan Aktivitas MPLS Ramah PAUD TA 2025/2026
@Salam Website Nasty
0 Response to "Panduan Aktivitas MPLS Ramah PAUD TA 2025/2026"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan