Panduan Pelaksanaan MPLS TA 2025/2026
Panduan Pelaksanaan MPLS TA 2025/2026
Berikut ini adalah Panduan Pelaksanaan MPLS TA 2025/2026. Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) telah menerbitkan Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026.
Panduan Pelaksanaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Satuan Pendidikan) Tahun Ajaran 2025/2026 ini diterbitkan sebagai acuan di dalam penyelenggaraan MPLS Ramah yang aman, nyaman, dan menggembirakan.
Satuan Pendidikan jenjang PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB dapat menggunakan Panduan Pelaksanaan MPLS TA 2025/2026 ini sebagai pedoman agar kegiatan MPLS dapat berjalan lancar dan efektif.
Adapun isi Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026 adalah sebagai berikut.
Latar Belakang
MPLS adalah kegiatan awal bagi murid baru saat memasuki jenjang pendidikan baru, Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan program sekolah, sarana dan prasarana, cara belajar, serta membangun karakter dan budaya positif sejak hari pertama.
Kegiatan ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi momen penting untuk membentuk kesan awal positif terhadap sekolah, membantu guru memahami karakter dan kebutuhan murid untuk merancang pembelajaran yang tepat, menggembirakan, dan memotivasi.
MPLS harus dirancang agar menggembirakan, mendukung kesiapan belajar, dan memberikan rasa aman dan nyaman. Kegiatan MPLS harus membantu murid merasa diterima, bersemangat belajar, dan membentuk karakter positif.
MPLS juga mendorong pembelajaran yang berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) melalui kegiatan seperti Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (G7KAIH), Pertemuan Pagi Ceria, dan pembiasaan hidup bersih sehat.
Lebih jauh, MPLS diharapkan membangun ekosistem pendidikan yang melibatkan catur pusat pendidikan: sekolah, keluarga, masyarakat, dan media.
Tema MPLS 2025/2026 adalah MPLS Ramah, yang menekankan penghormatan terhadap hak anak, nilai karakter, dan pengalaman belajar yang aman, nyaman, dan menggembirakan.
Dasar Hukum
Dasar Hukum diterbitkannya Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026 ini adalah sebagai berikut.
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
3. Peraturan Presiden Nomor 188 Tahun 2024 tentang Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah.
4. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.
5. Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan.
6. Permendikdasmen Nomor 1 Tahun 2024 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah.
7. Surat Edaran Bersama Menteri (2019) tentang Peningkatan Status Kesehatan Peserta Didik.
8. Surat Edaran Bersama Menteri (2025) tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
9. SK Sekjen Kemendikbudristek Nomor 49/M/2025 tentang Petunjuk Teknis Pencegahan dan Penanganan Kekerasan.
10. Surat Edaran Dirjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen Nomor 3544/C/DM/00/02/2025 tentang Penguatan Pendidikan Karakter melalui G7KAIH.
Tujuan Panduan
Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026 bertujuan sebagai berikut.
1. Menjadi acuan bagi Dinas Pendidikan, UPT Kemendikdasmen, dan stakeholder untuk mengoordinasikan dan mengawasi MPLS Ramah.
2. Memberikan pedoman operasional bagi satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan MPLS Ramah.
3. Menyediakan rambu-rambu untuk memastikan MPLS Ramah berjalan secara inklusif, aman, nyaman, dan menggembirakan.
4. Memberikan acuan bagi catur pusat pendidikan dan pihak terkait dalam mendukung pelaksanaan MPLS Ramah.
Pengertian
Dinyatakan di dalam Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026 bahwa MPLS adalah kegiatan pertama bagi murid baru yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk menumbuhkan dan memperkuat karakter serta profil lulusan melalui pengenalan warga satuan pendidikan, pengenalan kurikulum, lingkungan satuan pendidikan, dan lingkungan sekitarnya,
Pada tahun ajaran 2025/2026. tema MPLS adalah MPLS Ramah. Tema MPLS Ramah menegaskan penghormatan terhadap hak anak, nilai karakter, dan pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
MPLS Ramah adalah kegiatan awal bagi murid baru untuk menumbuhkan karakter dan profil lulusan melalui pengenalan :
1. warga satuan pendidikan (kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, murid, karyawan);
2. kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, budaya sekolah);
3. lingkungan satuan pendidikan (denah, sarana prasarana seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, kantin, fasilitas olahraga); dan
4. lingkungan sekitar sekolah (Puskesmas, tempat ibadah, kantor kelurahan, fasilitas umum lainnya).
Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan pelaksanaan MPLS Ramah sesuai Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026 adalah sebagai berikut.
1. Menumbuhkan dan menguatkan karakter serta profil lulusan murid baru melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, pengenalan profil lulusan dan aktivitas lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.
2. Membantu murid baru mengenal, beradaptasi, dan berinteraksi positif dengan warga satuan
pendidikan.
3. Membantu murid baru mengenal dan beradaptasi terhadap sarana prasarana yang tersedia di lingkungan satuan pendidikan.
4. Membantu murid baru mengenal dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitar satuan pendidikan.
5. Membantu murid baru mengenal kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya) satuan pendidikan.
6. Membantu guru mengenal karakteristik dan kebutuhan perkembangan setiap murid agar dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mendalam yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Manfaat
Sesuai Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026, dinyatakan bahwa MPLS Ramah diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat sebagai berikut.
1. Karakter dan Profil Lulusan Murid baru dapat tumbuh dan kuat melalui Gerakan Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Pertemuan Pagi Ceria, pengenalan profil lulusan dan aktivitas lainnya terkait program pencegahan penyimpangan isu sosial.
2. Murid baru dapat mengenal, beradaptasi, dan berinteraksi positif dengan warga satuan pendidikan.
3. Murid baru dapat mengenal dan beradaptasi terhadap sarana prasarana yang tersedia dan dapat digunakan di lingkungan satuan pendidikan.
4. Murid baru dapat mengenal dan beradaptasi terhadap kondisi lingkungan sekitar satuan pendidikan.
5. Murid baru mengenal kurikulum (visi, misi, tujuan, intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya) satuan pendidikan.
6. Guru dapat mengenal karakteristik dan kebutuhan perkembangan setiap murid agar dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mendalam yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Prinsip
Dinyatakan dalam Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026 bahwa prinsip yang berfungsi sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan MPLS Ramah agar berjalan secara efektif, mendidik, dan menggembirakan bagi seluruh murid baru, sebagai berikut,
1. Ramah
Kegiatan MPLS Ramah dirancang dan dilaksanakan dengan memuliakan, menghormati hak anak, dan menjunjung tinggi nilai karakter untuk mewujudkan lingkungan belajar aman, nyaman, dan menggembirakan melalui pemberian pengalaman belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
2. Edukatif
Setiap kegiatan MPLS Ramah harus mengandung nilai-nilai pendidikan. Artinya, seluruh materi dan metode yang digunakan dalam MPLS Ramah harus berorientasi pada pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan karakter murid.
Baca : 20 Contoh Kartu Peserta MPLS 2025, Desain Kekinian
3. Efektif dan Efisien
Efektif berarti kegiatan harus sesuai dengan maksud dan tujuan MPLS Ramah untuk membantu murid mengenal dan beradaptasi di satuan pendidikan baru. Efisien berarti pelaksanaan kegiatan MPLS Ramah menggunakan sumber daya yang optimal dan tidak berlebihan.
4. Inklusif
Kegiatan MPLS Ramah harus bisa diakses oleh seluruh murid baru tanpa terkecuali, dan satuan pendidikan harus memastikan bahwa semua murid baru dapat mengikuti MPLS Ramah tanpa hambatan finansial atau logistik.
5. Partisipatif
Penyelenggaraan MPLS Ramah harus melibatkan seluruh warga satuan pendidikan dan komite satuan pendidikan. Keterlibatan semua pihak akan memastikan bahwa MPLS Ramah menjadi tanggung jawab bersama dan dilaksanakan secara kolaboratif.
6. Fleksibilitas
Satuan pendidikan dapat menyesuaikan pelaksanaan MPLS Ramah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mengacu pada panduan yang telah ditetapkan.
Waktu Pelaksanaan
Di dalam Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026 disampaikan bahwa kegiatan MPLS Ramah bagi murid baru dilaksanakan dalam jangka waktu selama 5 (lima) hari pada jam kerja satuan pendidikan formal, sesuai dengan kalender akademik dan jadwal pembelajaran yang berlaku. Periode pelaksanaan MPLS Ramah dilaksanakan pada minggu pertama awal tahun ajaran.
Namun ketentuan waktu ini tidak berlaku bagi satuan pendidikan berasrama. Pengecualian ini diberikan dengan mempertimbangkan bahwa satuan pendidikan berasrama atau boarding school memiliki kebutuhan adaptasi yang lebih kompleks bagi murid baru.
Selain pengenalan lingkungan belajar, murid juga perlu beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggal, peraturan asrama, jadwal harian yang lebih ketat, serta interaksi sosial dalam komunitas berasrama yang berlangsung 24 jam.
Oleh karena itu, bagi satuan pendidikan berasrama, jangka waktu MPLS Ramah dapat lebih dari 5 hari, disesuaikan dengan kebutuhan adaptasi yang lebih mendalam, namun tetap harus berpedoman pada prinsip pelaksanaan MPLS Ramah.
Penutup
Panduan ini dirancang agar satuan pendidikan dapat melaksanakan MPLS Ramah yang edukatif, efektif, efisien, inklusif, partisipatif, dan fleksibel, sesuai konteks dan kearifan lokal. Keberhasilan MPLS Ramah bergantung pada kolaborasi catur pusat pendidikan untuk mendukung adaptasi dan pembentukan karakter murid baru.
Panduan Pelaksanaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026 ini diharapkan menjadi acuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menggembirakan.
BACA JUGA :
- Link Unduh Materi MPLS Tahun Ajaran 2025/2026
- Contoh Tata Tertib MPLS Tahun Ajaran 2025/2026
- Contoh Materi MPLS Berbasis P5 Tahun Ajaran 2025/2026
- Contoh Susunan Upacara Pembukaan MPLS Tahun Ajaran 2025/2026
- Silabus MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026
- Materi MPLS Ramah Tahun Ajaran 2025/2026
- Panduan Pelaksanaan MPLS TA 2025/2026
UNDUH Panduan Pelaksanaan MPLS TA 2025/2026
@Salam Website Nasty
0 Response to "Panduan Pelaksanaan MPLS TA 2025/2026"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan