Paparan Materi Pembelajaran Mendalam Khas SMK
Paparan Materi Pembelajaran Mendalam Khas SMK
Berikut ini Paparan Materi Pembelajaran Mendalam Khas SMK oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar).
Paparan Materi Pembelajaran Mendalam Khas SMK ini untuk memberikan penjelasan mengenai implementasi pembelajaran mendalam pada jenjang Sekolah Menengah Kejutuan (SMK).
Pembelajaran Mendalam merupakan pendekatan yang memuliakan dengan menekankan pada
penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran, 
bermakna, dan menggembirakan melalui olah pikir, olah hati, olah rasa, 
dan olah raga secara holistik dan terpadu.
Penerapan PM di SMK/MAK atau yang sederajat diterapkan pada pengembangan kompetensi adaptif dan keterampilan vokasional yang berhubungan langsung dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA).
Pembelajaran berbasis proyek yang aktual dan kontekstual atau penugasan lapangan yang mencerminkan tantangan dunia kerja digunakan untuk memberikan pengalaman belajar yang nyata kepada peserta didik.
Pembelajaran Khas SMK :
- Pembelajaran kejuruan
 - Kontekstualisasi berbasis kejuruan
 - Teaching Factory
 - Praktik Kerja Lapangan
 - Kreativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan
 - Pembelajaran berbasis Mikrokredensial
 - Pembelajaran berbasis projek multidisiplin
 
Kerangka Pembelajaran Mendalam

Pembelajaran Kejuruan
| Mata Pelajaran | : | Dasar-dasar Kuliner | 
| Tujuan Pembelajaran | : | Menerapkan teknik memotong bahan | 
| Memahami | : | Memahami jenis-jenis potongan dan teknik memotong bahan | 
| Mengaplikasi | : | Menerapkan teknik memotong bahan sesuai prosedur | 
| Merefleksi | : | Menerapkan berbagai potongan bahan sesuai ragam hidangan dan mengevaluasinya | 
Kontekstualisasi Berbasis Kejuruan
| Mata Pelajaran | : | Matematika | 
| Tujuan Pembelajaran | : | Eksponen | 
| Memahami | : | Memahami operasi eksponen | 
| Mengaplikasi | : | Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan eksponen Contoh kasus: (Agribisnis Tanaman) Misalkan pada sebuah lahan pertanian ditemukan 10 ekor hama awal. Jika populasi hama tersebut bertumbuh dua kali lipat setiap 3 hari, berapa jumlah hama setelah 15 hari?  | 
| Merefleksi | : | Menyelesaikan masalah kontekstual lain dan menemukan polanya | 
Teaching Factory
| Mata Pelajaran | : | Konsentrasi Kejuruan | 
| Memahami | : | Memahami Teori SOP | 
| Mengaplikasi | : | Menerapkan SOP pada Teaching Factory pada layanan dasar | 
| Merefleksi | : | Mengevaluasi pemberian layanan pada Teaching Factory dan menerapkannya pada situasi yang berbeda | 
Praktik Kerja Lapangan
| Memahami | : | 
  | 
| Mengaplikasi | : | Menerapkan SOP, teori, dan keterampilan pada pekerjaan di lokasi PKL | 
| Merefleksi | : | Mengevaluasi pekerjaan dan penyelesaian permasalahan yang bervariasi pada pelaksanaan PKL | 
Kreativitas, Inovasi, dan Kewirausahaan
| Mata Pelajaran | : | Perencanaan Usaha | 
| Memahami | : | Memahami teori terkait perencanaan usaha | 
| Mengaplikasi | : | Mengembangkan perencanaan usaha | 
| Merefleksi | : | Mengevaluasi perencanaan usaha yang telah dikembangkan dan menemukan pola pengembangan perencanaan usaha | 
Pembelajaran Berbasis Microdensial
| Mata Pelajaran | : | Rekayasa Perangkat Lunak | 
| Mikrodensial | : | Web Junior Programmer | 
| Tujuan | : | Mengimplementasikan Pemograman Terstruktur (J.620100.017.02) | 
| Memahami | : | Memahami pemrograman terstuktur untuk server-side programming language | 
| Mengaplikasi | : | Menerapkan server-side programming language untuk mengembangkan aplikasi berbasis web | 
| Merefleksi | : | Mengembangkan aplikasi berbasis web yang kompleks sesuai pesanan dan mengevaluasinya | 
Pembelajaran Berbasis Projek Multisiplin
| Tema | : | Perubahan Iklim | 
| Projek | : | Pengembangan instalasi pengelolaan limbah peternakan | 
| Mata Pelajaran | : | Matematika, Projek IPAS, Agribisnis ternak ruminansia | 
| Memahami | : | Memahami geometri (matematika), zat dan perubahannya (projek IPAS), penanganan dan pengolahan limbah padat (ATR) | ||
| Mengaplikasi | : | Mengembangkan instalasi pengelolaan limbah peternakan | ||
| Merefleksi | : | Mengomunikasikan dan mengevaluasi pengembangan instalasi pengelolaan limbah peternakan | 
BACA JUGA : Surat Edaran Pendaftaran Pelatihan Tenaga Pustakawan dan Laboran Madrasah 2025
UNDUH Paparan Materi Pembelajaran Mendalam Khas SMK
  
@Salam Website Nasty



0 Response to "Paparan Materi Pembelajaran Mendalam Khas SMK"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan