INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Soal Uji Kompetensi IPA Materi Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

Soal Uji Kompetensi IPA Materi Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

  

Berikut ini adalah contoh soal uji kompetensi IPA materi Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah. Contoh soal uji kompetensi IPA ini untuk membantu peserta didik dalam memahami materi Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.

Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah merupakan salah satu materi IPA yang diajarkan di jenjang kelas 7 SMP/MTs. Materi IPA tentang Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah diajarkan pada murid kelas 7 SMP/MTs dengan tujuan agar murid memiliki kompetensi berikut.

1. Memahami Hakikat Sains: Peserta didik diharapkan memahami bahwa sains adalah ilmu yang mempelajari fenomena alam secara sistematis, melibatkan pengamatan, eksperimen, dan analisis untuk menghasilkan pengetahuan yang dapat diuji dan diverifikasi.

2. Mengenal Cabang-cabang Sains: Peserta didik mengenal berbagai cabang utama sains, seperti Fisika, Kimia, Biologi, Geologi, Astronomi, dan Ekologi, serta memahami fokus kajian masing-masing cabang.

3. Menguasai Keterampilan Laboratorium: Peserta didik mampu mengenali dan menggunakan peralatan laboratorium IPA dengan benar, memahami prosedur keselamatan kerja di laboratorium, serta dapat merancang dan melaksanakan percobaan

4. Menerapkan Metode Ilmiah: Peserta didik terampil dalam menerapkan langkah-langkah metode ilmiah, yang meliputi sebagai berikut.

a. Melakukan pengamatan terhadap fenomena alam.

b. Merumuskan pertanyaan atau masalah berdasarkan pengamatan.

c. Menyusun hipotesis sebagai dugaan sementara.

d. Merancang dan melakukan eksperimen untuk menguji hipotesis.

e. Mengumpulkan dan menganalisis data hasil eksperimen.

f. Menarik kesimpulan berdasarkan analisis data.

g. Mengomunikasikan hasil penelitian secara sistematis.

5. Memahami Pengukuran dan Penggunaan Satuan: Peserta didik memahami konsep pengukuran, mengenal besaran pokok dan satuannya dalam Sistem Internasional (SI), serta mampu melakukan konversi antar satuan dengan tepat.

6. Mengembangkan Sikap Ilmiah: Peserta didik menunjukkan sikap ilmiah, seperti rasa ingin tahu, objektivitas, keterbukaan terhadap bukti, ketekunan, dan kejujuran dalam melakukan kegiatan ilmiah.

 

Soal Uji Kompetensi IPA Materi Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah

A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar!

1. Mengapa sistem fingerprint dapat dijadikan bukti bahwa sains berperan dalam mempermudah kehidupan manusia sehari-hari?

a. Karena sidik jari manusia bersifat unik dan mudah diubah kapan saja

b. Karena fingerprint menggunakan bahan kimia khusus untuk mencatat kehadiran

c. Karena proses pencocokan sidik jari dilakukan secara otomatis oleh sistem berdasarkan pola digital

d. Karena alat fingerprint hanya digunakan di perusahaan besar dan instansi pemerintahan

2. Apa keunggulan teknologi pendeteksi kanker melalui foto rontgen yang didukung data dan sistem pembelajaran mesin?

a. Menyebabkan pasien tidak perlu datang ke rumah sakit

b. Mampu mengenali semua jenis penyakit dengan akurat

c. Menghilangkan kebutuhan tenaga medis dalam diagnosis

d. Membantu analisis lebih cepat dan akurat berdasarkan pola data yang dipelajari sistem

3. Jika kamu diminta membuat eksperimen lain untuk menjelaskan aksi kapilaritas seperti pada kertas tisu, alat manakah yang paling sesuai digunakan?

a. Gelas kaca dan pasir

b. Sedotan dan minyak goreng

c. Tali wol dan air berwarna

d. Paku besi dan magnet

4. Pada eksperimen air pelangi, warna-warna tidak tercampur karena perbedaan kepadatan larutan. Apa konsep ilmiah yang dapat disimpulkan dari fenomena tersebut?

a. Larutan dengan warna berbeda selalu memiliki berat jenis yang sama

b. Larutan yang memiliki kepadatan tinggi akan mengapung di atas larutan lain

c. Larutan dengan kepadatan rendah akan berada di atas larutan yang lebih padat

d. Gula dalam larutan tidak memengaruhi posisi lapisan air

5. Bagaimana penerapan prinsip kapilaritas yang terjadi pada kertas tisu juga membantu proses penting dalam kehidupan tanaman?

a. Membantu tanaman menyerap sinar matahari melalui daun

b. Membantu air naik dari akar ke daun melawan gravitasi

c. Membantu akar tanaman memproduksi oksigen

d. Membantu batang menyimpan cadangan makanan

6. Seorang ilmuwan sedang meneliti pengaruh perubahan iklim terhadap kepunahan spesies hewan di Kalimantan. Cabang ilmu sains manakah yang paling sesuai dengan penelitian tersebut?

a. Zoologi

b. Ekologi

c. Geologi

d. Mikrobiologi

7. Seandainya kamu adalah seorang peneliti muda, cabang ilmu manakah yang akan kamu pilih jika ingin mempelajari tentang energi listrik dan Cahaya?\

a. Biologi dan Kimia

b. Fisika dan Optika Geometris

c. Kimia Organik dan Ekologi

d. Astronomi dan Geologi

8. Setiap pagi, Dira membantu ibunya memasak di dapur. Ia memperhatikan air yang mendidih, es batu yang mencair, dan warna sayuran yang berubah saat dimasak. Ketika berjalan ke sekolah, Dira melihat pelangi di langit setelah hujan dan mendengar berita tentang gempa dari radio. Di sekolah, guru IPA menjelaskan bahwa semua itu dapat dijelaskan melalui ilmu sains.

Berdasarkan pengalaman sehari-hari yang dialami Dira, mengapa sains dikatakan “ada di mana- mana”?

a. Karena sains hanya dipelajari di laboratorium dan kelas

b. Karena semua benda dan peristiwa di dunia dapat dijelaskan dengan ilmu sains

c. Karena sains hanya berhubungan dengan dokter dan ilmuwan

d. Karena sains hanya digunakan untuk menghafal rumus

9. Aldi dan teman-temannya sedang mengikuti kegiatan jelajah alam di kaki Gunung Merapi yang diadakan oleh sekolah. Dalam kegiatan tersebut, mereka diminta untuk memilih salah satu proyek pengamatan yang berhubungan dengan cabang-cabang sains. Aldi tertarik untuk mempelajari bagaimana bentuk dan warna batuan di sekitar jalur pendakian bisa berbeda-beda. Ia pun mulai mencatat, memotret, dan membandingkan jenis batuan yang dia temukan. Jika Aldi ingin merancang eksperimen sederhana di luar laboratorium yang sesuai dengan cabang Geologi, aktivitas mana yang paling tepat dia lakukan?

a. Mencari tahu kandungan zat besi dalam sayuran

b. Mengamati gerakan semut di dalam tanah

c. Meneliti jenis batuan di sekitar pegunungan dan mendokumentasikannya

d. Membuat pupuk organik dari sisa makanan

10. Suatu hari, Rani pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan adiknya yang demam tinggi. Di ruang tunggu, ia melihat dokter membaca hasil tes laboratorium dan menjelaskan kepada pasien bagaimana obat akan bekerja dalam tubuh. Di sisi lain kota, kakaknya Rani yang bekerja sebagai ahli komputer sedang menyelesaikan program yang membantu alat-alat medis membaca data pasien lebih cepat. Ayah mereka, seorang insinyur, sedang menguji kekuatan bahan bangunan untuk proyek jembatan di daerah rawan gempa Berdasarkan cerita tersebut, hubungan antara pekerjaan dokter, ahli komputer, dan insinyur dengan ilmu sains adalah …

a. Mereka semua bekerja di laboratorium sains

b. Mereka membutuhkan sains untuk membantu memahami dan memecahkan masalah dalam pekerjaannya

c. Mereka tidak menggunakan sains dalam praktiknya

d. Mereka semua berasal dari cabang Biologi

 

11. Seorang siswa melakukan percobaan sederhana untuk mengamati perubahan warna pada daun ketika dipanaskan dalam alkohol. Setelah melakukan percobaan, siswa tersebut mencoba menyusun laporan percobaan dengan urutan langkah yang benar. Berdasarkan pemahaman Anda tentang metode ilmiah, dibawah ini susunan Langkah- langkan percobaan yang benar adalah ….

a. Merumuskan hipotesis – Melakukan pengamatan – Menarik kesimpulan – Menyusun teori

b. Melakukan pengamatan – Merumuskan teori – Merumuskan hipotesis – Menarik kesimpulan

c. Melakukan pengamatan – Merumuskan hipotesis – Menarik kesimpulan – Menyusun teori

d. Menarik kesimpulan – Menyusun teori – Melakukan pengamatan – Merumuskan hipotesis

12. Seorang peneliti muda membaca sebuah artikel tentang penggunaan air gula dalam pertumbuhan tanaman. Tertarik dengan informasi tersebut, ia melakukan percobaan sederhana untuk mengetahui apakah tanaman akan tumbuh lebih baik dengan air putih atau air gula. Dia menyiapkan dua pot tanaman sejenis dengan ukuran yang sama. Pot pertama disiram dengan air putih, sedangkan pot kedua disiram dengan air gula dengan jumlah yang sama. Setelah beberapa minggu, ia mengamati pertumbuhan kedua tanaman tersebut. Berdasarkan percobaan yang dilakukan, variabel yang dimanipulasi (variabel bebas) dalam penelitian ini adalah ….

a. jenis tanaman

b. tinggi tanaman

c. jumlah air yang digunakan

d. jenis air yang digunakan

13. Seorang peneliti melakukan percobaan untuk menguji efektivitas bahan pengawet alami terhadap pertumbuhan jamur pada roti. Setelah mengamati hasil selama satu minggu, peneliti menemukan bahwa roti dengan pengawet alami bertahan lebih lama dibandingkan roti tanpa pengawet. Berdasarkan situasi tersebut, bagaimana seharusnya peneliti menyusun kesimpulan agar sesuai dengan metode ilmiah?

a. Menyimpulkan bahwa semua bahan alami dapat mencegah pertumbuhan jamur.

b. Menyatakan bahwa percobaan berhasil karena roti bertahan lebih lama.

c. Merumuskan kesimpulan berdasarkan analisis data dan bukti yang ditemukan.

d. Mengakhiri laporan dengan opini pribadi tentang bahan pengawet.

14. Seorang siswa sedang merancang proyek penelitian untuk mengkaji berbagai permasalahan lingkungan dan kesehatan. Ia menyusun beberapa pertanyaan penelitian sebagai dasar percobaannya. Berdasarkan prinsip penyusunan pertanyaan penelitian yang baik, di antara pilihan berikut yang paling mungkin tidak menghasilkan jawaban berbasis data yang valid adalah …

a. Bagaimana cara mengurangi polusi udara di kota dengan pendekatan teknologi ramah lingkungan?

b. Apakah ikan lebih suka hidup di air tawar atau air asin tanpa mempertimbangkan spesiesnya?

c. Bagaimana warna lilin mempengaruhi waktu pembakaran dalam kondisi yang sama?

d. Apakah konsumsi makanan cepat saji berkorelasi dengan peningkatan kasus obesitas di kalangan remaja?

15. Seorang ilmuwan melakukan percobaan untuk menguji pengaruh suhu terhadap laju perkecambahan biji kacang hijau. Setelah melakukan pengamatan selama satu minggu, ilmuwan tersebut memperoleh data mengenai pertumbuhan kecambah pada suhu yang berbeda. Berdasarkan konteks tersebut, tujuan utama dari eksperimen yang dilakukan ilmuwan tersebut dalam metode ilmiah adalah .…

a. memastikan apakah hipotesis tentang pengaruh suhu terhadap perkecambahan dapat dibuktikan

b. menyajikan data tentang suhu dalam bentuk grafik yang menarik

c. mengumpulkan informasi umum mengenai pertumbuhan tanaman

d. menemukan cara baru untuk meningkatkan produksi kacang hijau

16. Seorang peneliti ingin mengetahui apakah suhu pengeringan mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk selembar kain menjadi kering. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah .…

a. suhu pengeringan

b. waktu yang dibutuhkan untuk kering

c. selembar kain

d. peneliti yang melakukan eksperimen

17. Suatu zat berupa padatan berwarna putih, bersifat racun, serta bersifat korosif. Selain itu zat tersebut juga dapat menyebabkan luka bakar pada kulit dan mata. Zat yang dimaksud adalah ….

a. formalin

b. kloroform

c. natrium klorida

d. natrium hidroksida

18. Bagaimana pandangan Einstein tentang metode ilmiah mempengaruhi cara ilmuwan melakukan penelitian pada masa kini?

a. Dengan mengutamakan opini pribadi tanpa dukungan bukti eksperimen.

b. Dengan mendorong verifikasi teori melalui eksperimen dan data empiris.

c. Dengan menolak semua teori lama tanpa pertimbangan rasional.

d. Dengan menggabungkan spekulasi metafisika dalam penelitian ilmiah.

19. Fungsi laboratorium IPA sangat penting dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam karena menyediakan fasilitas bagi siswa untuk melakukan eksperimen, meningkatkan keterampilan ilmiah, dan memberikan pengalaman praktis dalam memahami konsep sains. Di bawah ini, yang bukan merupakan fungsi laboratorium IPA adalah .…

a. praktikum dan eksperimen untuk menguji teori yang telah dipelajari

b. pembelajaran berbasis pengalaman untuk memperkuat pemahaman konsep ilmiah

c. peningkatan keterampilan sains melalui penggunaan alat laboratorium dan analisis data

d. memberikan informasi teoritis tanpa melibatkan kegiatan praktis

20. Perhatikan gambar alat laboratorium berikut.

Screenshot 113

Mengapa mikroskop seperti pada gambar sangat penting dalam pembelajaran biologi di laboratorium IPA?

a. Karena dapat memperbesar objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

b. Karena dapat mengukur massa benda secara akurat.

c. Karena digunakan untuk memanaskan larutan kimia.

d. Karena dapat digunakan untuk memisahkan campuran.

 

21. Perhatikan gambar berikut.

Screenshot 112

Tujuan utama menggambarkan diagram alat laboratorium dalam bentuk 2D seperti pada gambar adalah .…

a. agar gambar lebih mudah ditiru dan digunakan oleh peneliti lain

b. untuk memperlihatkan rincian teknik penggunaan alat

c. supaya hasil gambar terlihat lebih artistik dan menarik

d. untuk mengurangi waktu dalam menggambar bentuk 3D yang kompleks

22. Langkah yang paling efektif untuk mencegah kecelakaan besar terkait bahan kimia berbahaya adalah .…

a. memberikan tanda peringatan yang jelas pada bahan kimia

b. tidak makan dan minum di laboratorium

c. bekerja sendirian di laboratorium untuk fokus

d. menyimpan bahan kimia di tempat yang terbuka agar mudah diambil

23. Jika Anda melihat simbol bahaya seperti pada gambar di bawah ini di laboratorium, tindakan yang sebaiknya Anda lakukan adalah .…

Screenshot 111

a. menyentuh bahan tersebut dengan tangan kosong

b. mengabaikan simbol tersebut karena hanya peringatan

c. menggunakan alat pelindung diri yang sesuai dan bekerja dengan hati-hati

d. menyimpan bahan tersebut di tempat terbuka agar mudah diakses

24. Kegunaan utama dari kalium permanganat (KMnO4) di laboratorium adalah sebagai ….

a. oksidator kuat dalam percobaan kimia

b. pelarut untuk senyawa organik

c. bahan pengawet

d. indikator pH

25. Metode percobaan merupakan bagian integral dari metode ilmiah yang bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan baru melalui pengumpulan data empiris. Tahapan yang dilakukan setelah menyusun hipotesis adalah .…

a. observasi

b. rancang percobaan

c. eksperimen

d. kesimpulan

26. Di dalam sebuah eksperimen, seorang siswa menguji pengaruh jumlah air terhadap pertumbuhan tanaman. Ia menggunakan tiga pot tanaman dengan jumlah air yang berbeda setiap harinya: 50 ml, 100 ml, dan 150 ml. Setelah 2 minggu, tinggi tanaman sebagai berikut.

• Pot A (50 ml): 10 cm
• Pot B (100 ml): 15 cm
• Pot C (150 ml): 12 cm

Berdasarkan data tersebut, kesimpulan yang paling sesuai adalah .…

a. semakin banyak air, semakin tinggi tanaman

b. air dalam jumlah sedang menghasilkan pertumbuhan terbaik

c. semua tanaman tumbuh dengan tinggi yang sama

d. tanaman yang mendapat air terbanyak selalu paling tinggi

27. Seorang guru meminta siswa melakukan percobaan untuk mengetahui pengaruh cahaya terhadap fotosintesis. Siswa meletakkan tanaman pada tiga tempat berbeda: (1) Dekat jendela (banyak cahaya); (2) Di tengah ruangan (cahaya sedang); dan (3) Di dalam lemari (tanpa cahaya).

Setelah satu minggu, siswa mencatat perubahan warna daun sebagai berikut.

• Dekat jendela: Hijau segar
• Di tengah ruangan: Hijau kekuningan
• Di dalam lemari: Kuning kecoklatan

Kesimpulan dari percobaan tersebut adalah .…

a. cahaya tidak memengaruhi fotosintesis

b. tanaman tetap hijau tanpa cahaya

c. tanaman membutuhkan cahaya agar tetap hijau

d. tanaman di tempat gelap tumbuh lebih cepat

28. Seorang siswa menyimpulkan bahwa tanaman yang diberi pupuk organik tumbuh lebih cepat daripada yang tidak diberi pupuk. Namun, beberapa temannya tidak setuju dan mengatakan ada faktor lain yang mungkin mempengaruhi, seperti jenis tanah atau intensitas cahaya. Sebaiknya siswa tersebut memperkuat kesimpulannya dengan cara .…

a. mengabaikan kritik dan tetap pada hasil percobaan awal

b. melakukan eksperimen ulang dengan lebih banyak variabel kontrol

c. mengganti pupuk dengan merek lain

d. menanyakan pendapat gurunya tanpa melakukan percobaan ulang

29. Rina mengukur tinggi badannya menggunakan meteran dan mendapatkan hasil 155 cm. Pengukuran tinggi badan Rina termasuk ke dalam kegiatan pengukuran karena ….

a. mengamati penampilan fisik Rina

b. menilai penampilan Rina berdasarkan tinggi badannya

c. menyimpulkan pertumbuhan Rina secara subjektif

d. membandingkan tinggi badan Rina dengan standar panjang pada meteran

30. Bacalah pernyataan berikut.

“Salah satu teknik pengukuran yang benar adalah selalu memastikan alat ukur berada pada angka 0 sebelum mulai mengukur.”

Berdasarkan pernyataan tersebut, alasan utama melakukan hal ini adalah .…

a. agar alat ukur terlihat bersih dan rapi

b. supaya alat ukur lebih mudah digunakan

c. untuk memastikan hasil pengukuran akurat dan tepat

d. agar hasil pengukuran dapat ditafsirkan lebih cepat

 

31. Pak Andi mengukur panjang meja dengan mistar. Supaya hasil pengukuran akurat, Pak Andi harus ….

a. memegang mistar dengan sudut miring agar lebih mudah dibaca

b. membaca skala dari jarak yang cukup jauh

c. menggunakan lebih dari satu mistar untuk mengukur sekaligus

d. memastikan posisi mata tegak lurus dengan skala pada mistar

32. Seorang siswa ingin mengetahui massa sebuah batu. Ia meletakkan batu tersebut pada timbangan digital, dan angka 2 kg muncul di layar. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tersebut melakukan pengukuran ….

a. langsung

b. tidak langsung

c. kombinasi langsung dan tidak langsung

d. teoritis

33. Seorang teknisi harus mengukur diameter dalam (inner diameter) dan diameter luar sebuah pipa besi. Alat ukur yang paling tepat digunakan untuk kedua pengukuran tersebut adalah .…

a. mistar

b. jangka sorong

c. mikrometer sekrup

d. voltmeter

34. Beni melakukan beberapa pengukuran dalam percobaan: mengukur diameter pipa menggunakan jangka sorong, mengukur berat buah menggunakan neraca pasar, mengukur tegangan baterai menggunakan voltmeter, mengukur lama lari temannya menggunakan jam matahari, dan mengukur suhu ruangan menggunakan termometer.

Pernyataan yang menunjukkan penggunaan alat ukur yang kurang tepat adalah .…

a. penggunaan jangka sorong untuk mengukur diameter pipa

b. penggunaan neraca pasar untuk menimbang berat buah

c. penggunaan voltmeter untuk mengukur tegangan baterai

d. penggunaan jam matahari untuk mengukur lama lari dalam hitungan detik

35. Berikut ini yang merupakan besaran pokok dalam sistem satuan internasional (SI) adalah .…

a. kecepatan

b. massa

c. gaya

d. usia

36. Perhatikan informasi berikut ini.

Sebuah jarak ditempuh dalam waktu 5,5 kilometer.

Jarak tersebut jika dijadikan dalam satuan meter adalah .…

a. 550 m

b. 55 m

c. 5500 m

d. 500 m

37. Pada suatu percakapan, seorang siswa sedang menjelaskan beberapa besaran turunan yang digunakan dalam ilmu fisika. Berikut adalah beberapa contoh besaran turunan yang sering ditemukan.

  • Kecepatan, yang didefinisikan sebagai perubahan posisi per satuan waktu.
  • Gaya, yang didefinisikan sebagai perubahan momentum per satuan waktu.
  • Daya, yang didefinisikan sebagai jumlah energi yang digunakan per satuan waktu.
  • Tekanan, yang didefinisikan sebagai gaya per satuan luas.

Berdasarkan  contoh-contoh di atas, yang merupakan besaran turunan yang satuannya dapat diukur dalam Newton (N) adalah .…

a. kecepatan

b. gaya

c. daya

d. tekanan

38. Pada suatu percakapan, seorang siswa sedang membandingkan dua jenis satuan yang digunakan untuk mengukur panjang. Berikut adalah dua contoh satuan yang disebutkan:

• Meter (m) digunakan sebagai satuan baku dalam sistem SI untuk mengukur panjang.
• Cubit digunakan oleh sebagian orang sebagai satuan tak baku untuk mengukur panjang, biasanya berdasarkan panjang jari tangan orang yang mengukurnya.

Berdasarkan informasi di atas, yang merupakan satuan baku untuk mengukur Panjang adalah .…

a. meter (m)

b. cubit

c. keduanya

d. tidak ada yang benar

39. Rina bersepeda dari rumahnya menuju sekolah yang jaraknya 6 km. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di sekolah adalah 30 menit. Berapakah kecepatan rata-rata Rina selama perjalanan tersebut?

a. 6 km/jam

b. 12 km/jam

c. 18 km/jam

d. 24 km/jam

40. Perhatikan gambar di bawah ini.

Screenshot 110

Sebuah kawat diukur dengan menggunakan mikrometer sekrup, skala tetap dan skala noniusnya menunjukkan angka seperti gambar di atas, maka hasil pengukuran kawat yang diukur adalah .…

a. 4,44 mm

b. 4,45 mm

c. 4,46 mm

d. 4,96 mm

 

B. Lengkapilah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat!

1. Ilmu yang mempelajari fenomena alam secara sistematis dan melibatkan pengamatan, eksperimen, serta analisis disebut ….

2. Cabang ilmu sains yang mempelajari tentang makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme adalah ….

3. Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah ….

4. Alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur suhu adalah ….

5. Sains berasal dari bahasa Latin “scientia” yang berarti ….

6. Alat yang digunakan untuk memisahkan komponen dalam campuran cair dengan densitas berbeda adalah ….

7. Albert Einstein mendefinisikan sains sebagai ….

8. Ilmu yang mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya disebut ….

9. Prinsip kerja alat mikrometer didasarkan pada pengukuran dengan ketelitian sebesar … mm.

10. Kalorimeter bom digunakan untuk mengukur ….

11. Alat yang digunakan untuk mengukur massa bahan kimia dengan tingkat akurasi tinggi adalah ….

12. Satuan pokok dalam Sistem Internasional (SI) untuk panjang adalah ….

13. Metode ilmiah melibatkan eksperimen langsung untuk menguji hipotesis disebut ….

14. Untuk mengukur volume benda tidak beraturan, alat yang digunakan adalah ….

15. Kegiatan membandingkan besaran yang belum diketahui dengan nilai standar disebut ….

C. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang benar!

1. Bacalah kutipan berikut.

“Sains adalah pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik, yang dikembangkan melalui pengamatan, eksperimen, dan analisis.”\Jelaskan bagaimana proses kerja ilmiah (pengamatan, eksperimen, dan analisis) saling berkaitan satu sama lain dalam membentuk pengetahuan ilmiah. Gunakan contoh nyata yang kamu amati di sekitar lingkunganmu!

2. Perhatikan tabel simbol bahan kimia berikut ini.

Screenshot 109

Evaluasilah pentingnya pemahaman simbol bahan kimia bagi siswa saat melakukan eksperimen di laboratorium. Apa risiko yang bisa terjadi jika simbol ini diabaikan?

3. Kamu diminta membuat sebuah proyek eksperimen sains sederhana di rumah, dengan tema “pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman.”

Rancanglah proyek tersebut mulai dari tujuan, hipotesis, variabel, alat dan bahan, prosedur, hingga cara pelaporan hasil percobaannya. Pastikan kamu menunjukkan sikap ilmiah dalam rancanganmu.

4. Bacalah deskripsi alat laboratorium berikut.

“Mikroskop digunakan untuk melihat objek berukuran sangat kecil yang tidak tampak oleh mata telanjang, seperti sel atau bakteri.”

Bandingkan penggunaan mikroskop dengan penggunaan lup (kaca pembesar). Dalam situasi seperti apa masing-masing alat tersebut lebih efektif digunakan? Jelaskan alasan ilmiahnya!

5. Seorang siswa mengukur tinggi badan menggunakan jengkal tangan dan mendapatkan hasil yang berbeda dengan pengukuran menggunakan pita meteran. Jelaskan mengapa hasil pengukuran dengan jengkal tangan bisa berbeda-beda. Evaluasilah pentingnya penggunaan satuan baku dalam kegiatan pengukuran ilmiah.

Pengayaan

Kamu diminta membuat rancangan percobaan sederhana di rumah dengan memanfaatkan peralatan yang tersedia, seperti gelas, air, dan sendok.

Pertanyaan:

Rancanglah percobaan untuk menyelidiki pengaruh suhu air terhadap kecepatan larutnya gula pasir. Tuliskan secara sistematis mulai dari:

• Tujuan percobaan
• Hipotesis
• Variabel bebas, terikat, dan kontrol
• Alat dan bahan
• Prosedur percobaan
• Cara pengamatan dan pelaporan data

Remidial

1. Apa yang dimaksud dengan sains? Sebutkan dua cabang ilmu sains dan jelaskan secara singkat kajiannya!

2. Sebutkan tiga langkah awal dalam metode ilmiah dan jelaskan maksud dari masing- masing langkah tersebut!

3. Apa yang dimaksud dengan pengukuran dalam sains? Berikan satu contoh alat ukur dan besaran apa yang dapat diukur dengan alat tersebut!

4. Tuliskan dua alat laboratorium IPA beserta fungsi utamanya!

5. Mengapa di laboratorium kita tidak boleh makan dan minum? Jelaskan alasannya dengan singkat!

 

BACA JUGA : Jadwal UKPPPG Guru Tertentu Tahap 3 Tahun 2025 dan Ketentuannya


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

 

telegram

0 Response to "Soal Uji Kompetensi IPA Materi Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan