INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Apa itu 4C Dalam Kuikulum K13?

Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah

Mari memahami Apa itu 4C ?
1. Communication, 
2. Collaboration, 
3. Critical Thinking and Problem Solving , 
4. Creativity and Innovation .



Ke 4 C diatas yang sesungguhnya harus di capai dalam K13, selama ini pemahaman bukan sekadar transfer materi. Pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. 4 C adalah jenis softskill yang pengimplementasian kesehariannya, lebih bermanfaat daripada memiliki penguasaan hardskill .

1. Communication Komunikasi merupkan salah satu kunci sukses dalam kehidupan. Problem bermunculan, baik di level keluarga, masyarakat, lingkungan kerja, kehidupan bernegara, bahkan antarnegara, ternyata berawal dari miscommunication . Komunikasi memiliki 2 dimensi, yaitu dimensi verbal (isi atau konten) dan dimensi non verbal (cara penyampaian). Chatting memang bisa menjadi sarana penyampaian verbal, tetapi tidak non verbal. Kalimat candaan atau tdk serius tdk di lontarkan dalam chating karena tanda baca atau sticker emocation bisa menyebabkan salah persepsi begitupun sebaliknya. Ketika guru dikelas pun terkadang berusaha ingin menasehati/bercanda namun yang terjadi para siswa salah paham dalam menerima nasehat dari guru. Komunikasi itu ilmu yang sangat luas, dan merupakan disiplin ilmu tersendiri. Di abad ini kita harus belajar bagaimana berkomunikasi yang baik, ternyata menjadi sebuah kewajiban.

2. Collaborative artinya kemampuan berkolaborasi, atau bekerjasama, saling bersinergi, menyatukan potensi kita dengan potensi orang lain demi tujuan tertentu. Kata mampu bersinergi, banyak di antara kita justru trauma bekerjasama dengan orang lain. Menurut Stephen Covey, perkembangan kedewasaan seseorang ternyata harus menempuh 3 periodesasi, yaitu dependency, independecy dan interdependency . Saat kita masih lemah, kita biasanya bergantung kepada orang lain. Seiring dengan menguatnya kapasitas, kita menjadi mandiri. Kita juga harus mampu ber- interdependency dengan kata lain saling bergantung dengan orang lain dalam bentuk kolaborasi. Jadi, kolaborasi yang baik, akan terbangun dari sekumpulan orang mandiri yang menyadari bahwa mereka tidak akan mungkin hidup tanpa bersinergi. Kolaborasi akan pudar jika yang bergabung masih belum memiliki level sama. Mungkin ada yang mandiri, ada yang masih bergantung dan sebagainya.

3. Critical Thinking and Problem Solving. Banyak kejadian yang dilakukan orang tua maupun guru yang meng-cut pikiran kritis anak dengan perkataan-perkataan yang cenderung “ show of power” , contoh" kamu itu salah, ko kamu melawan kalo di omongi guru" atau "Kalau dibilangi itu jangan membantah, Bapak ini lebih tahu dari kamu.”Hal itu boleh terjadi jika maksud guru atau orang tua adalah ingin anaknya hormat kepada orang tua, sebetulnya kalimat itu tdk boleh dilontarkan. Sebab, kalimat-kalimat semacam itu, apalagi ditambah dengan tekanan non verbal seperti mata melotot, tangan menggebrak meja dan sebagainya, justru akan mematikan daya “critical thinking” siswa, Critical thinking adalah kemampuan untuk memahami sebuah masalah yang rumit, mengkoneksikan informasi satu dengan informasi lain, sehingga akhirnya muncul berbagai perspektif, dan ujung-ujungnya ketemulah sebuah solusi dari suatu permasalahan. Orang yang cerdas, sejatinya bukan yang nilainya selalu 100 atau A plus, tetapi yang mampu berpikir kritis dan menemukan solusi cerdas dari berbagai problem yang dia alami.

4. Creativity and Innovation Kreativitas, menurut The Liang Gie didefinisikan sebagai kemampuan seseorang dalam menciptakan penggabungan baru. Kreativitas akan sangat tergantung kepada pemikiran kreatif seseorang, yakni proses budi seseorang dalam menciptakan gagasan baru. Kreativitas yang bisa menghasilkan penemuan-penemuan baru (dan biasanya bernilai secara ekonomis) sering disebut sebagai inovasi.

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam
 Website Nasty


telegram

0 Response to "Apa itu 4C Dalam Kuikulum K13?"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan