RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD/MI
Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD/MI
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 1)
Sekolah : SD Kristen Petra Jombang
Mata
Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas /
Semester : I (satu) / 1
Standar
Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mendengarkan dan
membedakan bunyi bahasa
2.1. Memperkenalkan diri.
3.1. Membaca nyaring.
4.1. Menjiplak dan menebalkan.
4.2. Menyalin.
5.1. Mengapresiasi tembang dolanan.
Indikator : 1. Dapat mencocokkan gambar
sesuai dengan informasi yang didengar.
2. Dapat menggolongkan gambar berdasarkan
informasi yang didengarkan.
3. Dapat menyebutkan data diri: nama, kelas,
sekolah, dan tempat tinggal dengan kalimat sederhana.
4. Dapat
memperkenalkan nama orang tua dan saudara kandung.
5. Dapat
mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat
sederhana
6. Dapat membaca nyaring kata atau kalimat
dengan lafal dan intonasi yang tepat
7. Dapat
menjiplak dan menebalkan huruf atau kata
8. Dapat menyalin atau mencontoh huruf, kata
atau kalimat dengan huruf tegak lepas.
9. Dapat
menyanyikan tembang dolanan
Alokasi
Waktu : 10 X 40 menit ( 5 pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa
dapat membedakan bunyi bahasa.
b. Siswa
dapat memperkenalkan diri
c. Siswa
dapat membaca nyaring bacaan sederhana.
d. Siswa
dapat menjiplak atau menebalkan dan menyalin huruf, kata, atau kalimat.
e. Siswa
dapat menyanyikan tembang dolanan.
2. Materi Pembelajaran
a. Pertemuan
pertama
Gambar tunggal
atau gambar seri tentang diri sendiri.
b. Pertemuan kedua
Pengalaman anak
dan kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
c. Pertemuan ketiga
Huruf, kata, suku
kata, dan kalimat tentang diri sendiri.
d. Pertemuan keempat
Huruf, kata, atau
kalimat.
e. Pertemuan kedua
Tembang dolanan.
3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Penugasan
c. Inkuiri
d. Responsi
e. Karya
mandiri
f. Tanya
jawab
g. Refleksi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa
memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru di papan tulis atau gambar yang
ada di buku.
Ø Siswa
mencocokkan gambar berdasarkan informasi yang didengarnya.
Ø Siswa
menggolongkan gambar berdasarkan informasi yang didengar.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa
memperhatikan gambar yang diperlihatkan guru atau gambar yang ada di buku.
Ø
Siswa
menyebutkan namanya dan memperkenalkan data diri, nama orang tua, dan saudara
kandung.
c. Kegiatan Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa
memperhatikan huruf-huruf /a/, /i/, /m/, /n/, dan /r/ yang diperkenalkan guru.
Ø Siswa
membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana atas bimbingan guru.
Ø Siswa
membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana dengan suara keras.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Atas
bimbingan guru siswa menjiplak dan menebalkan huruf atau kata yang ada dalam
buku dengan menggunakan kertas tipis.
Ø Siswa
menyalin atau mencontoh huruf, kata atau kalimat dengan huruf tegak lepas.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kelima
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø
Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang
dolanan.
Ø
Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø Siswa
menyanyikan tembang dolanan.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5. Sumber
Belajar
a. Rekaman/model orang yang sedang mendongeng.
b. Kaset pita/VCD
beserta tape recorder/VCD Player.
c. Buku “Tutur
Basa Jawa” Jilid 1, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-20)
@Salam Website Nasty
0 Response to "RPP Bahasa Jawa Kelas 1 SD/MI"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan