RPP Bahasa Jawa Kelas 2 SD/MI
Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
RPP Bahasa Jawa Kelas 2 SD/MI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 1)
Sekolah : SD / MI
Mata
Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas /
Semester : II (dua) / 1
Standar
Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mendengarkan dan memahami
isi bacaan.
2.1. Menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal
dengan menggunakan kalimat dan pilihan kata.
3.1. Membaca teks pendek dengan memperhatikan
pelafalan dan intonasi yang tepat sehingga mudah dipahami orang lain.
4.1. Menulis karangan pendek..
5.1. Menyanyikan tembang dolanan.
Indikator : 1. Dapat menjawab pertanyan
bacaan yang didengarkan.
2. Dapat menggunakan kalimat tanya untuk
menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
3. Dapat membaca teks pendek dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
4. Dapat menjawab atau mengajukan pertanyaan dari
isi teks yang dibaca.
5. Dapat melafalkan konsonan : d, dh, t, th.
6. Dapat menulis menggunakan huruf tegak
bersambung dengan rapi.
7. Dapat menyanyikan tembang dolanan.
Alokasi Waktu : 10
X 40 menit ( 5 pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa
dapat menjelaskan isi bacaan yang didengar.
b. Siswa
dapat menggunakan kalimat tanya dengan benar.
c. Siswa
dapat membaca bacaan dengan lafal dan intonasi yang benar.
d. Siswa
dapat menulis karangan pendek dengan huruf tegak bersambung.
e. Siswa
dapat menyanyikan tembang dolanan.
2. Materi Pembelajaran
a. Pertemuan
pertama
Teks bacaan
tentang “Keluarga”.
b. Pertemuan kedua
Kata tanya.
Kalimat tanya.
c. Pertemuan ketiga
Teks
pendek
(sepuluh
sampai lima belas
ka-limat)
Konsonan : d, dh, t, th.
d. Pertemuan keempat
Kalimat sederhana dengan huruf tegak bersambung antara enam sampai delapan
kalimat
e. Pertemuan kedua
Teks tembang
dolanan.
3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Penugasan
c. Inkuiri
d. Responsi
e. Karya
mandiri
f. Tanya
jawab
g. Refleksi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa mendengarkan guru dalam mebacakan bacaan tentang
”keluarga”.
Ø Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan isi
bacaan.
Ø Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan bacaan yang ada di
dalam buku.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kata tanya
dan penggunaannya.
Ø Siswa menggunakan kalimat tanya dalam berbagai keperluan.
Ø Siswa menggunakan kalimat tanya
untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang dikenal dengan pilihan kata yang
tepat.
c. Kegiatan Akhir
Ø
Siswa
dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah
dilakukan.
Ø
Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa memperhatikan guru cara pelafalan yang benar teks
bacaan yang ada di buku.
Ø Siswa membaca teks pendek
dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Ø Siswa menjawab atau mengajukan
pertanyaan dari isi teks yang dibaca.
Ø Siswa melafalkan konsonan : d,
dh, t, th dan membaca kata-kata yang mengandung konsonan tersebut.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang
cara menulis huruf tegak bersambung.
Ø Siswa membuat karangan pendek dengan menggunakan kalimat
sederhana.
Ø Siswa menulis menggunakan huruf
tegak bersambung dengan rapi.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kelima
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø
Siswa memperhatikan cerita guru tentang isi tembang
dolanan.
Ø
Siswa menirukan guru menyanyikan tembang dolanan.
Ø Siswa
menyanyikan tembang dolanan.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5. Sumber Belajar
a. Chart berisi tembang dolanan.
b. Kaset
pita/VCD beserta tape recorder/VCD Player.
c. Buku “Tutur
Basa Jawa” Jilid 2, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-15)
d. Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.
6. Penilaian
a. Teknik : Tes tulis, Tes unjuk kerja, dan Penugasan.
b. Bentuk
Instrumen : Tes uraian, Uji petik kerja proses dan hasil,
dan Tes simulasi.
c. Soal / Instrumen :
Soal
untuk Pertemuan Pertama
Rungokna wacan sing diwaca gurumu
utawa kancamu, banjur wangsulana pitakon bab isine wacan!
(Materi lihat di
buku)
Soal
untuk Pertemuan Kedua
1. Tembung pitakon ing ngisor iki trapna ing
ukara!
2. Nggawea ukara pitakon sing bener!
(Materi lihat di
buku)
Soal
untuk Pertemuan Ketiga
1. Wacan ing ngisor iki wacanen kanthi lagu lan
pocapan sing bener!
2. Wangsulana pitakon bab isine wacan!
3. Tembung sing dicap kandel iki ucapna kanthi
bener!
( Materi
lihat di buku)
Soal
untuk Pertemuan Keempat
Nggawea karangan cendhak wae ngenani
keluwargamu, tulisen nganggo aksara Latin!
(Materi lihat di
buku)
@Salam Website Nasty
0 Response to "RPP Bahasa Jawa Kelas 2 SD/MI"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan