INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 2

         S I L A B U S   (7)

 

Sekolah                :               SDN KUDUBANJAR II

Mata Pelajaran :               Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester                :               IV / 2

 

Standar Kompetensi       :               1.            Medengarkan:

                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                2.            Berbicara:

                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                3.            Membaca:

                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                4.            Menulis:

                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                5.            Apresiasi Sastra:

                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

1.1. Mendengarkan pembacaan teks bacaan       Teks bacaan tentang ”Peternakan”

Misal: ”Ngingu Pitik”       •             Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana tentang peternakan sambil mencatat atau menandai bagian-bagian yang dianggap penting.

•             Siswa melakukan tanya jawab dengan temannya tentang isi bacaan.

•             Siswa menceritakan isi bacaan dengan bahasanya sendiri.

•             Melalui sebuah diskusi kelompok siswa menyimpulkan isi sebuah bacaan.

 

 

 

                o             Tanya jawab tentang isi bacaan.

o             Menceritakan isi bacaan.

o             Menyimpulkan isi bacaan.            Tes ujuk kerja    Tes identifikasi dan tes simulasi 1.   Rungokna pamacane wacan bab ingon-ingon banjur wangsulana pitakon-pitakon bab isine wacan!

2.   Critakna isine wacan nganggo basamu dhewe!

3.   Terangna kanthi ringkes isine wacan sing mentas kokrungokake!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 102 –

104)

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

2.1. Mengajukan dan menjawab perta nyaan

2.2. Unggah-ungguh basa             Teks bacaan

Basa ngoko dan krama   •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara mengajukan pertanyaan dan menjawab sebuah pertanyaan.

•             Siswa berlatih dengan temannya untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.

•             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

•             Siswa menggunakan basa ngoko dan krama untuk percakapan dengan temannya maupun dengan gurunya.       o                Mengajukan dan menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.

o             Menggunakan unggah-ungguh basa dalam percakapan.

                Tes unjuk kerja

Tes tulis                Tes simulasi        1.   Takon tinakonana karo kancamu ngenani kewan ingon-ingon sarana lisan!

2.   Nomonga karo kancamu nggunakake basa ngoko, isine bab ternak tawon!

3.   Matura marang gurumu nggunakake basa krama bab carane ternak tawon!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 104 –

106)

 

3.1. Membaca bersuara

3.2. Membaca huruf Jawa            Teks bacaan

Tulisan huruf Jawa.         •             Siswa memperhatikan pembacaan teks wacana yang sedang dibaca temannya sambil mencatat atau menandai bagian-bagian yang dianggap penting..

•             Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi wacana.

•             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan sandhangan dalam penulisan huruf Jawa.

•             Siswa membaca huruf Jawa yang menggunakan sandhangan aksara.       o             Menjawab pertanyaan bacaan.

o             Membaca huruf Jawa yang menggunakan sandhangan aksara.   Tes tulis

 

Tes unjuk kerja Tes uraian

 

Uji petik kerja hasil          1.   Wacan ”Ngingu Tawon” ing bukumu wacanen kanthi setiti banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

2.   Sebutna jinis-jinise sandhangan aksara Jawa!

3.   Tulisan Jawa iki wacanen!

      a. septu[ntiniav/

      b. si=tekmu=seqiqik\

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 107 –

108)

 

4.1. Menulis disposisi (cara membuat sesuatu atau langkah pembuatan)               Benda atau barang yang bermanfaat di sekitar

Misal: Layang-layang, alat rumah tangga

Kalimat aktif dan pasif    •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara-cara menulis sebuah laporan.

•             Siswa menulis tata cara / urutan pembuatan suatu benda.

•             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat aktif dan kalimat pasif.

•             Siswa membuat beberapa contoh kalimat aktif dan kalimat pasif.

•             Siswa mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif.       o             Menulis tata cara / urutan pembuatan suatu benda.

o             Mengubah kalimat aktif (tanduk) menjadi pasif (tanggap) atau sebaliknya.           Tes unjuk kerja

 

 

Tes tulis                Uji petik kerja proses dan hasil

 

Tes uraian           1.  Nggawea alat utawa dolanan sing bisa dimanfaatake. Tulisen alat lan bahane sarta tata urutan carane nggawe!

2.   Ukara iki owahana dadi ukara tanggap!

      Adhikku ngonceki nanas.

3.   Ukara iki owahana dadi ukara tanduk!

      Klambiku diumbah adhik.

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 108 -

110)

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

5.1. Mengapresiasi tembang       Teks tembang Pucung   •             Siswa memperhatikan cerita guru yang berkaitan dengan isi tembang pucung.

•             Secara bersama-sama siswa menyanyikan tembang pucung yang berisikan cangkriman.

•             Siswa menjawab cangkriman yang terdapat dalam sebuah tembang pucung.

 

 

 

 

                o             Nembang Pucung.

o             Menjawab teka-teki dalam tembang.     Tes unjuk kerja Tes simulasi        1.   Tembang Pucung sing awujud cangkriman ing bukumu tembangna!

2.   Apa batangane cangkriman jroning tembang Pucung sing ana ing bukumu?

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

4” Penerbit Yudhistira.

(hal. 111 –

112)

 


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan