SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 2
S I L A B U S (7)
Sekolah : SDN KUDUBANJAR II
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu mengapresiasi
sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mendengarkan pembacaan teks bacaan Teks bacaan tentang ”Peternakan”
Misal: ”Ngingu Pitik” • Siswa mendengarkan pembacaan teks
wacana tentang peternakan sambil mencatat atau menandai bagian-bagian yang
dianggap penting.
• Siswa
melakukan tanya jawab dengan temannya tentang isi bacaan.
• Siswa
menceritakan isi bacaan dengan bahasanya sendiri.
• Melalui
sebuah diskusi kelompok siswa menyimpulkan isi sebuah bacaan.
o Tanya jawab tentang isi bacaan.
o Menceritakan
isi bacaan.
o Menyimpulkan
isi bacaan. Tes ujuk kerja Tes identifikasi dan tes simulasi 1.
Rungokna pamacane wacan bab ingon-ingon banjur wangsulana
pitakon-pitakon bab isine wacan!
2. Critakna isine
wacan nganggo basamu dhewe!
3. Terangna kanthi
ringkes isine wacan sing mentas kokrungokake!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 102 –
104)
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
2.1. Mengajukan dan menjawab perta nyaan
2.2. Unggah-ungguh basa Teks
bacaan
Basa ngoko dan krama • Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang cara-cara mengajukan pertanyaan dan menjawab sebuah pertanyaan.
• Siswa
berlatih dengan temannya untuk mengajukan dan menjawab pertanyaan bacaan secara
lisan.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.
• Siswa
menggunakan basa ngoko dan krama untuk percakapan dengan temannya maupun dengan
gurunya. o Mengajukan dan menjawab pertanyaan bacaan secara
lisan.
o Menggunakan
unggah-ungguh basa dalam percakapan.
Tes
unjuk kerja
Tes tulis Tes
simulasi 1. Takon tinakonana karo kancamu ngenani kewan
ingon-ingon sarana lisan!
2. Nomonga karo
kancamu nggunakake basa ngoko, isine bab ternak tawon!
3. Matura marang
gurumu nggunakake basa krama bab carane ternak tawon!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 104 –
106)
3.1. Membaca bersuara
3.2. Membaca huruf Jawa Teks
bacaan
Tulisan huruf Jawa. • Siswa memperhatikan pembacaan teks
wacana yang sedang dibaca temannya sambil mencatat atau menandai bagian-bagian
yang dianggap penting..
• Siswa
menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi wacana.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan sandhangan dalam penulisan
huruf Jawa.
• Siswa
membaca huruf Jawa yang menggunakan sandhangan aksara. o Menjawab
pertanyaan bacaan.
o Membaca
huruf Jawa yang menggunakan sandhangan aksara. Tes
tulis
Tes unjuk kerja Tes
uraian
Uji petik kerja hasil 1. Wacan ”Ngingu Tawon” ing bukumu wacanen
kanthi setiti banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!
2. Sebutna
jinis-jinise sandhangan aksara Jawa!
3. Tulisan Jawa iki
wacanen!
a.
septu[ntiniav/
b.
si=tekmu=seqiqik\
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 107 –
108)
4.1. Menulis disposisi (cara membuat sesuatu atau langkah
pembuatan) Benda atau barang
yang bermanfaat di sekitar
Misal: Layang-layang, alat rumah tangga
Kalimat aktif dan pasif • Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang cara-cara menulis sebuah laporan.
• Siswa
menulis tata cara / urutan pembuatan suatu benda.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang kalimat aktif dan kalimat pasif.
• Siswa
membuat beberapa contoh kalimat aktif dan kalimat pasif.
• Siswa
mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif. o Menulis tata cara / urutan
pembuatan suatu benda.
o Mengubah
kalimat aktif (tanduk) menjadi pasif (tanggap) atau sebaliknya. Tes unjuk kerja
Tes tulis Uji
petik kerja proses dan hasil
Tes uraian 1. Nggawea alat utawa dolanan sing bisa
dimanfaatake. Tulisen alat lan bahane sarta tata urutan carane nggawe!
2. Ukara iki owahana
dadi ukara tanggap!
Adhikku ngonceki
nanas.
3. Ukara iki owahana
dadi ukara tanduk!
Klambiku diumbah
adhik.
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 108 -
110)
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
5.1. Mengapresiasi tembang Teks
tembang Pucung • Siswa memperhatikan cerita guru yang berkaitan dengan
isi tembang pucung.
• Secara
bersama-sama siswa menyanyikan tembang pucung yang berisikan cangkriman.
• Siswa
menjawab cangkriman yang terdapat dalam sebuah tembang pucung.
o Nembang Pucung.
o Menjawab
teka-teki dalam tembang. Tes unjuk
kerja Tes simulasi 1. Tembang Pucung
sing awujud cangkriman ing bukumu tembangna!
2. Apa batangane
cangkriman jroning tembang Pucung sing ana ing bukumu?
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
4” Penerbit Yudhistira.
(hal. 111 –
112)
SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 4 Semester 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan