Download Jawaban Refleksi KODE ETIK GURU
Download Jawaban Refleksi KODE ETIK GURU
Apa yang harus dilakukan guru di menu Sertifikasi Pendidik?
1. Mempelajari Modul Pembelajaran
2. Mengerjakan Post-test
3. Mengerjakan jurnal pembelajaran
Setelah melakukan tiga tahap diatas dan jurnal pembelajaran Anda tervalidasi, Anda dapat memantau website UKPPPG untuk mendapatkan jadwal UKPPPG terdekat.
Baru di tahun 2025!
Penguncian waktu pada saat mengerjakan modul*
Mulai tahun 2025, terdapat fitur baru yang mengharuskan peserta mengikuti durasi pengerjaan modul, peserta diharapkan dapat menyelesaikan pembelajaran dalam durasi 18 hari - 43 hari.
Setiap modul memiliki durasi pengerjaan
masing-masing:
Modul 1 → diselesaikan dalam 8 hari
Modul 2 → diselesaikan dalam 6 hari
Modul 3 → diselesaikan dalam 4 hari
Peserta dapat bebas memilih modul mana yang ingin diselesaikan dahulu namun tetap dengan limitasi waktu yang sudah diberikan minimal 18 hari dan diharapkan selesai selama 43 hari.
BACA JUGA :
- Jawaban Post Test PPG 2025 - FPPN 1 Bagi Guru Tertentu 2025
- Jawaban Post Test PPG 2025 - FPPN 2 Bagi Guru Tertentu 2025
- Jawaban Post Test PPG 2025 - FPPN 3 Bagi Guru Tertentu 2025
1. Berdasarkan hasil refleksi di atas, renungkan dan tuliskan alasan mengapa perlu ada kode etik profesi termasuk profesi guru. Kemudian tuliskan apa yang Bapak/Ibu harapkan dengan mempelajari materi kode etik guru ini.
Jawaban:
Alasan perlunya kode etik profesi termasuk profesi guru yaitu untuk menjamin kualitas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas serta melindungi hak-hak siswa dan masyarakat.
Dengan mempelajari kode etik diharapkan guru dapat :
1. memahami standar prilaku yang harus dipegang dalam menjalankan tugas.
2. guru dapat adil dan jujur dalam semua inetaksi terhadap siswa, orang tua dan rekan sejawat.
3. guru dapat menjaga martabat profesi guru dengan bertindak profesionalisme
4. guru dapat menjaga hubungan baik dengan masyarakat
2. Tuliskan 11 etika dasar yang digagas dalam tulisan di atas. Pahami dan resapi etika-etika prinsip yang harus dijunjung tinggi guru sebagai pendidik. Renungkan bagian mana yang masih menjadi tantangan untuk diwujudkan oleh Bapak/Ibu.
Jawaban :
Etika terhadap ilmu pengetahuan, guru harus memiliki:
1. Integritas intelektual (intellectual integrity)
2. Integritas kejuruan (vocational integrity)
3. Keberanian Moral (moral courage)
4. Mendahulukan kepentingan orang lain (altruism)
5.Tidak berpihak (Impartiality)
6. Memiliki Wawasan Kemanusiaan (Human Insight)
7. Memikul Tanggung Jawab Pengaruh (the Responsibility of Influence)
8. Kerendahan Hati (Humility)
9. Kolegialitas (Collegiality)
10. Kemitraan (Partnership)
11. Tanggung jawab dan aspirasi profesi (Professional Responsibilities and Aspirations)
Yang masih menjadi tantangan saya yaitu point kerendahan hati dan kemitraan. terkadang untuk menyadari kekurangan diri sangat sulit karna adanya sifat sombong yang manusiawi, namun saya tetap selalu berusaha untuk memparbaikinya.
3. Setelah merumuskan rencana tindakan yang dapat dilakukan untuk menegakkan kode etik guru, lanjutkan diskusi dengan mengidentifikasi tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi dalam upaya menegakkan kode etik guru di atas. Tuliskan paling tidak 5 tantangan dan rumuskan solusi dan langkah aktif yang yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut.
Jawaban:
5 tantangan dan rumuskan solusi dan langkah aktif yang yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut:
1. Kurangnya kesadaran dan pemahaman:
Banyak guru mungkin belum sepenuhnya memahami atau menyadari pentingnya kode etik dan implikasinya.
Solusi: Lakukan sosialisasi dan pelatihan yang intensif, termasuk penyampaian contoh kasus nyata dan diskusi kelompok.
Langkah Aktif: Buat materi sosialisasi yang mudah dipahami, libatkan guru senior sebagai mentor, dan adakan forum diskusi rutin.
2. Tantangan dalam mengimplementasikan kode etik:
Ada kemungkinan kesulitan dalam mengaplikasikan kode etik dalam situasi nyata, terutama jika ada konflik kepentingan atau tekanan eksternal.
Solusi: Berikan dukungan dan bimbingan yang komprehensif, termasuk panduan praktis dan sumber daya untuk mengatasi berbagai situasi.
Langkah Aktif: Buat panduan khusus untuk kasus-kasus tertentu, sediakan layanan konsultasi etik, dan libatkan pengawas sekolah untuk memberikan arahan.
3. Keterbatasan sumber daya:
Kurangnya fasilitas, anggaran, dan tenaga yang memadai dapat menghambat upaya menegakkan kode etik.
Solusi: Cari dukungan dari pemerintah, organisasi profesi, dan lembaga swadaya masyarakat.
Langkah Aktif: Buat proposal bantuan, lobi pemerintah, dan bentuk komite khusus untuk menggalang dana dan sumber daya.
4. Perbedaan persepsi dan budaya:
Kode etik mungkin tidak selalu diterima secara universal, terutama jika ada perbedaan budaya atau nilai-nilai yang mendasar.
Solusi: Bangun dialog dan komunikasi yang efektif, serta hormati perbedaan.
Langkah Aktif: Libatkan tokoh masyarakat, ulama, dan tokoh adat untuk memberikan masukan, adakan diskusi lintas budaya, dan buat kompromi yang sesuai dengan konteks.
5. Tantangan dalam penanganan pelanggaran:
Pelanggaran kode etik dapat menimbulkan masalah, seperti sulitnya proses hukum atau sanksi yang tidak adil.
Solusi: Buat mekanisme pengaduan yang transparan dan adil, serta sanksi yang proporsional dengan pelanggaran.
Langkah Aktif: Sediakan saluran pengaduan online, bentuk tim investigasi yang independen, dan adakan proses hukum yang adil dan efisien.
4. Pasang infografis kode etik profesi guru di tempat yang mudah dilihat semua guru sebagai simbol komitmen menjunjung tinggi etika profesi. Tuliskan refleksi Bapak/Ibu setelah mempelajari materi ini dalam kerangka 4F berikut: 1. Facts (Fakta): Fakta atau konteks nyata terkait materi 2. Feeling (Perasaan): Perasaan setelah mempelajari materi 3. Finding (Temuan): Hikmah atau pelajaran yang diperoleh 4. Future (Masa Depan): Tindakan ke depan sebagai pendidik
Jawaban:
1. Fakta : di lapangan masih banyak yang terkadang kode etik guru tidak dijalankan oleh kita guru itu sendiri.
2. perasaan saya setelah mempelajari materi saya lebih senang karena saya memahami tentang kode etik guru.
3. Hikmah yang dapat saya ambil yaitu Ternyata untuk menjadi seorang guru yang profesionalisme itu tidak lah mudah, begitu banyak tanggung jawab dan kode etik yang harus kita jalankan, yang jika dijalankan dengan kesadaran tidak akan merugikan individu itu sendiri.
4. Tindakan kedepan sebagai pendidik, saya akan menjalankan kode etik guru dengan semaksimal mungkin
5. Untuk setiap kasus di atas, jawablah pertanyaan berikut: 1. Apakah terjadi pelanggaraan kode etik profesi guru oleh guru yang ada dalam kasus tersebut? 2. Prinsip kode etik apa yang dilanggar oleh guru pada kasus tersebut? 3. Langkah pencegahan apa yang dapat dilakukan agar hal ini tidak terulang lagi?
Jawaban :
1. Ya, berdasarkan kasus diatas, ada guru yang melakukan pelanggaran kode etik guru
2. Prinsip kode etik tidak berpihak (Impartiality)
3.Guru tersebut tidak menerima apa yang diberikan oleh orang tua murid.
6. "Setelah menganalisis keterkaitan antara materi dalam keseluruhan Modul Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai, tuliskan komitmen Bapak/Ibu dalam kaitannya dengan mata kuliah Filosofi Pendidikan dan Pendidikan Nilai ini.
Jawaban :
Komitmen saya sebagai serang guru yaitu saya akan menjalankan kode etik guru secara sadar dan penuh dengan tanggung jawab.
7. Setelah mempelajari keseluruhan materi dari Topik 1 sampai Topik 3, mari kita melakukan refleksi secara menyeluruh. Inspirasi pembelajaran apa yang Bapak/Ibu dapatkan dari materi ini? Praktek-praktek pembelajaran apa yang masih perlu dievaluasi? Rumuskan hasil refleksi dalam kerangka lampu lalu lintas (Traffic Light). Merah - Stop Saya akan berhenti melakukan … Kuning - Ready and Start Saya akan mulai melakukan… Hijau - Continue Saya akan terus melakukan
Jawaban :
Setelah mempelajari Topik 1 hingga 3, kita dapat melakukan refleksi dengan menggunakan model Traffic Light. Ini memungkinkan kita untuk melihat praktik-praktek pembelajaran yang perlu ditingkatkan, dipertahankan, atau dihentikan.
Merah - Stop
Saya akan berhenti melakukan:
Praktik pengajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif, seperti hanya memberikan ceramah tanpa interaksi.
Contoh:
Kurangnya diskusi kelas, kurangnya pertanyaan yang menantang siswa, dan kurangnya penggunaan media pembelajaran interaktif.
Kuning - Ready and Start
Saya akan mulai melakukan:
Terus mengeksplorasi dan menerapkan model pembelajaran yang lebih inovatif.
Contoh:
Menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
Saya akan mulai:
Membangun komunikasi yang lebih efektif dengan siswa, termasuk mendengarkan pendapat mereka dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
Contoh:
Menggunakan waktu di kelas untuk diskusi kelompok, menanyakan pendapat siswa, dan memberikan umpan balik tertulis.
Hijau - Continue
Saya akan terus melakukan:
Memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa.
Contoh:
Menggunakan berbagai metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, seperti permainan edukatif, demonstrasi, dan simulasi.
Saya akan terus melakukan:
Mengevaluasi kinerja siswa secara berkelanjutan.
Contoh:
Menggunakan berbagai jenis asesmen untuk mengetahui pemahaman siswa, seperti tes tertulis, proyek, presentasi, dan observasi.
@Salam Website Nasty
0 Response to "Download Jawaban Refleksi KODE ETIK GURU"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan