SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 1
S I L A B U S (1)
Sekolah : SD / MI
.................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : V / 1
Standar Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mendengarkan pembacaan teks Teks bacaan
Tentang ”Kepahlawanan” • Siswa mendenagarkan pembacaan teks
bacaan tentang kepahlawanan sambil mencatat pokok-pokok yang dianggap penting.
• Siswa
menceritakan kembali isi bancaan dengan bahasanya sendiri.
• Siswa
menjelaskan keteladanan yang ada pada diri pahlawan.
• Siswa
mencatat hal-hal pokok atau keistimewaan yang dimiliki oleh tokoh pahlawan
dalam bacaan.
o Menceritakan kembali isi bacaan.
o Mencatat
hal-hal pokok dalam bacaan.
Tes
unjuk kerja Uji petik proses dan hasil
Tes identifikasi 1. Rungokna pamacane wacan bab kepahlawanan
banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!
2. Critakna isine
wacan nganggo basamu dhewe!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal. 2-3)
Majalah ”Jaya Baya” lan ”Panyebar Semangat”
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
2.1. Menanggapi persoalan faktual
2.2. Unggah-ungguh basa dalam percakapan. Berita faktual
Basa ngoko lugu/ngoko alus • Siswa mendengarkan pembacaan berita
atau persoalan yang benar-benar baru terjadi (faktual).
• Siswa
mencatat pokok-pokok persoalan faktual sebagai bahan untuk mengajukan
pertanyaan.
• Siswa
membuat beberapa pertanyaan berkaitan dengan berita faktual yang baru saja
diperdengarkan.
• Siswa
menyampaikan pendapat / saran dan alasan terhadap persoalan yang di kemukakan.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko lugu dan ngoko
alus.
• Siswa
menggunakan basa ngoko lugu dan ngoko alus sesuai unggah-ungguh basa Jawa. o Mengajukan pertanyaan sesuai topik.
o Menyampaikan
pendapat / saran dan alasan terhadap persoalan yang di kemukakan.
o Menggunakan
basa ngoko lugu dan ngoko alus sesuai unggah-ungguh basa Jawa. Tes unjuk kerja Tes sidentifikasi dan simulasi
Uji petik kerja proses dan hasil. 1. Nggawea pitakonan
adhehdhasar pawarta sing kokrungokake!
2. Tanggapana
pawarta sing mentas kokrungokake!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal. 3-5)
Majalah ”Jaya Baya” lan ”Panyebar Semangat”
3.1. Membaca indah Teks
geguritan • Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang
cara-cara membaca geguritan sesuai dengan lafal dan intonasi yang benar.
• Siswa
membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan gaya yang tepat.
• Siswa
mencatat kata-kata pokok yang terdapat dalam geguritan kemudian mencari
maknanya dalam kamus.
• Siswa
menghubungkan makna antar kalimat yang terdapat dalam larik-larik sebuah
geguritan.
• Siswa
mengubah teks geguritan menjadi prosa.
o Membaca geguritan dengan lafal,
intonasi dan gaya yang tepat.
o Mengubah
teks geguritan menjadi prosa. Tes
unjuk kerja
Portofolio Uji
petik kerja proses
Dokumen pekerjaan siswa 1. Goleka geguritan saka medhia apa wae banjur
wacanen kanthi lagu lan pocapan sing bener!
2. Geguritan sing
mentas kokwaca mau, owahana dadi basa gancaran!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal. 5-6)
Majalah ”Jaya Baya” lan ”Panyebar Semangat”
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
4.1. Menulis kalimat
4.2. Menulis dengan huruf Jawa Kalimat berpola S-P-O-K
Peribahasa • Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang pola kalimat yang berpola S-P-O-K (terutama keterangan tempat dan
keterangan waktu).
• Siswa
menganalisis kalimat yang berpola S-P-O-K (terutama keterangan tempat dan
keterangan waktu).
• Siswa
menulis kalimat yang berpola S-P-O-K (terutama keterangan tempat dan keterangan
waktu).
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang peribahasa.
• Siswa
mengartikan peribahasa yang diberikan guru atau yang ada di buku kemudian
dibuat kalimat.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang pasangan huruf Jawa (ha s.d. la).
• Siswa
menulis kata atau kalimat dengan huruf Jawa yang mengandung pasangan ha s.d. la o Menulis
kalimat berpola S-P-O-K ( Ket.:waktu, tempat).
o Menulis
kalimat yang mengandung peribahasa.
o Menulis
arti peribahasa dengan tepat.
o Menulis
huruf Jawa, dengan menggunakan pasangan ha s.d. la. Penugasan
Portofolio Tugas
proyek dan tugas rumah
Dokumen pekerjaan siswa 1. Ukara ing ngisor iki udhalen!
a. Ani tuku buku
ing toko.
b. Ibu mengko
masak soto.
2. Apa tegese
paribasan “ana gula ana semut”?
3. Pasangan aksara
iki salinen ing buku tulismu!
a =
H f =
F
n =
N t =
T
c =
C s =
S
r =
R w =
W
k
= K l
= L
(Materi lihat
di buku) 2 X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal. 7-13)
Buku “Tuntunan Menulis Huruf Jawa”
5.1. Mengapresiasi tembang macapat Tembang macapat • Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang jenis karya sastra tembang macapat (terutama syarat-syarat/ciri-ciri
penulisan tembang macapat.
• Siswa
menjelaskan arti guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.
• Siswa
menyebutkan 9 jenis tembang macapat.
• Siswa
menyanyikan salah satu dari 9 jenis tembang macapat yang mereka mampu. o Menjelaskan
arti guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.
o Menyebutkan
jenis tembang macapat.
o Menyanyikan
tembang macapat. Tes unjuk
kerja
Tes tulis Uji
peik kerja proses dan hasil
Tes uraian 1. Terangna apa sing diarani guru gatra, guru
wilangan, lan guru lagu!
2. Sebutna
jinis-jinise tembang macapat!
3. Tembang macapat
sing ana ing buku tembangna!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal. 13-15)
Buku ”Tuntunan Tembang Macapat”
SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 1"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan