INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 1

          S I L A B U S   (1)

 

Sekolah                :               SD / MI .................................

Mata Pelajaran :               Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester                :               V / 1

 

Standar Kompetensi       :               1.            Medengarkan:

                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                2.            Berbicara:

                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                3.            Membaca:

                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                4.            Menulis:

                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                5.            Apresiasi Sastra:

                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

1.1. Mendengarkan pembacaan teks      Teks bacaan

Tentang ”Kepahlawanan”            •             Siswa mendenagarkan pembacaan teks bacaan tentang kepahlawanan sambil mencatat pokok-pokok yang dianggap penting.

•             Siswa menceritakan kembali isi bancaan dengan bahasanya sendiri.

•             Siswa menjelaskan keteladanan yang ada pada diri pahlawan.

•             Siswa mencatat hal-hal pokok atau keistimewaan yang dimiliki oleh tokoh pahlawan dalam bacaan.

 

 

                o             Menceritakan kembali isi bacaan.

o             Mencatat hal-hal pokok dalam bacaan.

                Tes unjuk kerja Uji petik proses dan hasil

Tes identifikasi  1.   Rungokna pamacane wacan bab kepahlawanan banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!

2.   Critakna isine wacan nganggo basamu dhewe!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal. 2-3)

Majalah ”Jaya Baya” lan ”Panyebar Semangat”

 

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

2.1. Menanggapi persoalan faktual

2.2. Unggah-ungguh basa dalam percakapan.     Berita faktual

Basa ngoko lugu/ngoko alus        •             Siswa mendengarkan pembacaan berita atau persoalan yang benar-benar baru terjadi (faktual).

•             Siswa mencatat pokok-pokok persoalan faktual sebagai bahan untuk mengajukan pertanyaan.

•             Siswa membuat beberapa pertanyaan berkaitan dengan berita faktual yang baru saja diperdengarkan.

•             Siswa menyampaikan pendapat / saran dan alasan terhadap persoalan yang di kemukakan.

•             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko lugu dan ngoko alus.

•             Siswa menggunakan basa ngoko lugu dan ngoko alus sesuai unggah-ungguh basa Jawa.                o                Mengajukan pertanyaan sesuai topik.

o             Menyampaikan pendapat / saran dan alasan terhadap persoalan yang di kemukakan.

o             Menggunakan basa ngoko lugu dan ngoko alus sesuai unggah-ungguh basa Jawa.            Tes unjuk kerja Tes sidentifikasi dan simulasi

Uji petik kerja proses dan hasil. 1.   Nggawea pitakonan adhehdhasar pawarta sing kokrungokake!

2.   Tanggapana pawarta sing mentas kokrungokake!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal. 3-5)

Majalah ”Jaya Baya” lan ”Panyebar Semangat”

 

 

3.1. Membaca indah       Teks geguritan  •             Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara-cara membaca geguritan sesuai dengan lafal dan intonasi yang benar.

•             Siswa membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan gaya yang tepat.

•             Siswa mencatat kata-kata pokok yang terdapat dalam geguritan kemudian mencari maknanya dalam kamus.

•             Siswa menghubungkan makna antar kalimat yang terdapat dalam larik-larik sebuah geguritan.

•             Siswa mengubah teks geguritan menjadi prosa.

 

 

 

                o             Membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan gaya yang tepat.

o             Mengubah teks geguritan menjadi prosa.            Tes unjuk kerja

Portofolio            Uji petik kerja proses

Dokumen pekerjaan siswa          1.   Goleka geguritan saka medhia apa wae banjur wacanen kanthi lagu lan pocapan sing bener!

2.   Geguritan sing mentas kokwaca mau, owahana dadi basa gancaran!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal. 5-6)

Majalah ”Jaya Baya” lan ”Panyebar Semangat”

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

4.1. Menulis kalimat

4.2. Menulis dengan huruf Jawa                Kalimat berpola S-P-O-K

Peribahasa          •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pola kalimat yang berpola S-P-O-K (terutama keterangan tempat dan keterangan waktu).

•             Siswa menganalisis kalimat yang berpola S-P-O-K (terutama keterangan tempat dan keterangan waktu).

•             Siswa menulis kalimat yang berpola S-P-O-K (terutama keterangan tempat dan keterangan waktu).

•             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang peribahasa.

•             Siswa mengartikan peribahasa yang diberikan guru atau yang ada di buku kemudian dibuat kalimat.

•             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pasangan huruf Jawa (ha s.d. la).

•             Siswa menulis kata atau kalimat dengan huruf Jawa yang mengandung pasangan ha s.d. la           o             Menulis kalimat berpola S-P-O-K ( Ket.:waktu, tempat).

o             Menulis kalimat yang mengandung peribahasa.

o             Menulis arti peribahasa dengan tepat.

o             Menulis huruf Jawa, dengan menggunakan pasangan ha s.d. la.                Penugasan

 

 

 

Portofolio            Tugas proyek dan tugas rumah

 

Dokumen pekerjaan siswa          1.   Ukara ing ngisor iki udhalen!

      a. Ani tuku buku ing toko.

      b. Ibu mengko masak soto.

2.   Apa tegese paribasan “ana gula ana semut”?

3.    Pasangan aksara iki salinen ing buku tulismu!

   a    =   H       f     =    F

   n    =    N       t    =    T

   c    =    C       s    =    S

   r    =    R       w    =    W

   k    =    K       l    =    L

 

       (Materi lihat di buku)              2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal. 7-13)

Buku “Tuntunan Menulis Huruf Jawa”

 

5.1. Mengapresiasi tembang macapat    Tembang macapat           •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang jenis karya sastra tembang macapat (terutama syarat-syarat/ciri-ciri penulisan tembang macapat.

•             Siswa menjelaskan arti guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.

•             Siswa menyebutkan 9 jenis tembang macapat.

•             Siswa menyanyikan salah satu dari 9 jenis tembang macapat yang mereka mampu.          o             Menjelaskan arti guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.

o             Menyebutkan jenis tembang macapat.

o             Menyanyikan tembang macapat.             Tes unjuk kerja

 

Tes tulis                Uji peik kerja proses dan hasil

Tes uraian           1.   Terangna apa sing diarani guru gatra, guru wilangan, lan guru lagu!

2.   Sebutna jinis-jinise tembang macapat!

3.   Tembang macapat sing ana ing buku tembangna!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal. 13-15)

Buku ”Tuntunan Tembang Macapat”

 

 


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 1"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan