SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 2
S I L A B U S (7)
Sekolah : SD / MI
.................................
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
1.1. Mendengarkan pembacaan teks Teks bacaan
Misal: tentang ”Pembangunan” • Siswa mendengarkan pembacaan teks
wacana tentang ”pembangunan” sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.
• Siswa
menceritakan kembali isi bacaan denagan bahasanya sendiri.
• Siswa
menyimpulkan isi bacaan. o Menceritakan kembali isi bacaan.
o Menyimpulkan
isi bacaan. Tes unjuk kerja Tes simulasi 1. Rungokna pamacane wacan bab ”pembangunan”
banjur critakna apa isine wacan kasebut!
2. Wangsulana
pitakonan isine wacan!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal.104-
105)
2.1. Berbicara dengan berbagai ragam bahasa Jawa Teks dialog
Basa ngoko/krama • Siswa memperhatikan contoh yang
diberikan guru tentang cara mengucapkan kalimat dialog dengan jelas dan lancar.
• Siswa
mengucapkan Mengucapkan kalimat dialog dengan jelas dan lancar.
o Mengucapkan kalimat dialog dengan
tepat.
o Mengubah
kalimat basa ngoko menjadi basa krama. Tes
unjuk kerja
Tes tulis Tes
simulasi
Tes uraian 1. Praktekna pacelathon jroning bukumu!
2. Ukara iki
kramakna!
a. Ora durung
mangan.
b. Ibu mangan
kacang.
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal. 105-
107)
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
• Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang penggunaan basa ngoko dan basa krama.
• Siswa
mengubah kalimat basa ngoko menjadi basa krama.
3.1. Membaca indah
3.2. Membaca tulisan huruf Jawa Teks geguritan
Tulisan huruf Jawa • Siswa memperhatikan contoh yang
diberikan guru tentang cara membaca geguritan sesuai dengan lafal, intonasi,
dan gaya yang tepat.
• Siswa
membaca geguritan sesuai dengan lafal, intonasi, dan gaya yang tepat.
• Siswa
mencatat dan menejelaskan makna kata-kata pokok yang terdapat dalam geguritan
kemudian menjelaskan makna antar kalimat yang ada dalam geguritan tersebut.
• Siswa
mengubah teks geguritan mejadi prosa kemudian menyimpulkan isi geguritan.
• Siswa
membaca kalimat tulisan huruf Jawa yang diberikan guru (yang ada di dalam
buku). o Membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan gaya yang
tepat.
o Menyimpulkan
isi geguritan.
o Membaca
kalimat huruf Jawa dengan lancar. Tes
unjuk kerja Tes simulasi
Uji petik kerja hasil 1. Goleka geguritan saka medhia apa wae banjur
wacanen kanthi lagu, pocapan lan polatan sing trep karo isine!
2. Terangna isine
geguritan sing mentas kokwaca!
3. Tulisan Jawa iki
wacanen!
a. luz
mev=kuqml=
b. antuk=syu/tek
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal. 109-
109)
”Jaya Baya” lan ”Panyebar Semangat
Buku ”Tuntunan Menulis Huruf Jawa”
4.1. Menulis karangan
4.2. Menulis kalimat Gambar
seri
Seselan –in- dan –um- • Siswa memperhatikan gambar seri
yang diperlihatkan guru (atau gambar yang ada di buku).
• Siswa
menulis karangan berdasarkan gambar seri.
• Siswa
memperhatikan penjelasan guru tentang pembentukan seselan –in- dan –um-.
• Menulis
kalimat dengan menggunakan kata-kata yang mengandung seselan –in- dan –um-.
o Menulis karangan berdasarkan gambar
seri.
o Menulis
kalimat menggunakan seselan –in- dan –um-. Portofolio Dokumen pekerjaan siswa 1.
Nggawea karangan adhedhasar gambar seri sing ana ing bukumu!
2. Nggawea tuladha
nganggo tembung seselan –in- banjur gawenen ukara!
3. Nggawea tuladha
nganggo tembung seselan –um- banjur gawenen ukara!
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal. 110-
113)
Kompetensi
Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber Belajar
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen
5.1. Mengapresiasi cerita / dongeng Teks cerita/dongeng • Siswa membaca cerita/dongeng dari
berbagai media (cerita/ dongeng yang ada di buku) kemudian menuliskan nama-nama
tokoh beserta perwatakannya dalam cerita tersebut.
• Siswa
menuliskan pesan atau nilai yang terkandung dalam cerita. o Menyebutkan
watak / sifat pelaku / tokoh dalam cerita atau dongeng.
o Menuliskan
pesan atau nilai yang terkandung dalam cerita. Portofolio
Dokumen
pekerjaan siswa 1. Nggoleka wacan dongeng saka medhiya apa wae
banjur terangna kepriye wewatakane para paraga jroning dongeng kasebut!
2. Tulisen apa
pitutur luhur jroning dongeng sing kokwaca
(Materi lihat di buku) 2
X 40’ Buku “Tutur
Basa Jawa
5” Penerbit Yudhistira.
(hal. 113 -
115)
SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI
@Salam Website Nasty
0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 2"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan