INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 2

          

S I L A B U S   (7)

 

Sekolah                :               SD / MI .................................

Mata Pelajaran :               Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas/Semester                :               V / 2

 

Standar Kompetensi       :               1.            Medengarkan:

                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                2.            Berbicara:

                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                3.            Membaca:

                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                4.            Menulis:

                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                5.            Apresiasi Sastra:

                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

1.1. Mendengarkan pembacaan teks      Teks bacaan

Misal: tentang ”Pembangunan”                •             Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana tentang ”pembangunan” sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.

•             Siswa menceritakan kembali isi bacaan denagan bahasanya sendiri.

•             Siswa menyimpulkan isi bacaan.                o             Menceritakan kembali isi bacaan.

o             Menyimpulkan isi bacaan.            Tes unjuk kerja Tes simulasi        1.   Rungokna pamacane wacan bab ”pembangunan” banjur critakna apa isine wacan kasebut!

2.   Wangsulana pitakonan isine wacan!     

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal.104-

105)

 

2.1. Berbicara dengan berbagai ragam bahasa Jawa          Teks dialog

Basa ngoko/krama          •             Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara mengucapkan kalimat dialog dengan jelas dan lancar.

•             Siswa mengucapkan Mengucapkan kalimat dialog dengan jelas dan lancar.

 

                o             Mengucapkan kalimat dialog dengan tepat.

o             Mengubah kalimat basa ngoko menjadi basa krama.       Tes unjuk kerja

Tes tulis                Tes simulasi

 

Tes uraian           1.   Praktekna pacelathon jroning bukumu!

2.   Ukara iki kramakna!

      a. Ora durung mangan.

      b. Ibu mangan kacang.

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal. 105-

107)

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

                                •             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan basa krama.

•             Siswa mengubah kalimat basa ngoko menjadi basa krama.                                                                                          

3.1. Membaca indah

3.2. Membaca tulisan huruf Jawa              Teks geguritan

Tulisan huruf Jawa           •             Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara membaca geguritan sesuai dengan lafal, intonasi, dan gaya yang tepat.

•             Siswa membaca geguritan sesuai dengan lafal, intonasi, dan gaya yang tepat.

•             Siswa mencatat dan menejelaskan makna kata-kata pokok yang terdapat dalam geguritan kemudian menjelaskan makna antar kalimat yang ada dalam geguritan tersebut.

•             Siswa mengubah teks geguritan mejadi prosa kemudian menyimpulkan isi geguritan.

•             Siswa membaca kalimat tulisan huruf Jawa yang diberikan guru (yang ada di dalam buku).            o             Membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan gaya yang tepat.

o             Menyimpulkan isi geguritan.

o             Membaca kalimat huruf Jawa dengan lancar.      Tes unjuk kerja Tes simulasi

Uji petik kerja hasil          1.   Goleka geguritan saka medhia apa wae banjur wacanen kanthi lagu, pocapan lan polatan sing trep karo isine!

2.   Terangna isine geguritan sing mentas kokwaca!

3.   Tulisan Jawa iki wacanen!

      a. luz mev=kuqml=

      b. antuk=syu/tek

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal. 109-

109)

”Jaya Baya” lan ”Panyebar Semangat

Buku ”Tuntunan Menulis Huruf Jawa”

4.1. Menulis karangan

4.2. Menulis kalimat        Gambar seri

Seselan –in- dan –um-   •             Siswa memperhatikan gambar seri yang diperlihatkan guru (atau gambar yang ada di buku).

•             Siswa menulis karangan berdasarkan gambar seri.

•             Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pembentukan seselan –in- dan –um-.

•             Menulis kalimat dengan menggunakan kata-kata yang mengandung seselan –in- dan –um-.

 

 

                o             Menulis karangan berdasarkan gambar seri.

o             Menulis kalimat menggunakan seselan –in- dan –um-.   Portofolio            Dokumen pekerjaan siswa          1.   Nggawea karangan adhedhasar gambar seri sing ana ing bukumu!

2.   Nggawea tuladha nganggo tembung seselan –in- banjur gawenen ukara!

3.   Nggawea tuladha nganggo tembung seselan –um- banjur gawenen ukara!

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal. 110-

113)

 

Kompetensi

Dasar     Materi Pokok/

Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran Indikator              Penilaian              Alokasi

Waktu   Sumber Belajar

                                                                Teknik   Bentuk

Instrumen           Contoh Instrumen                          

5.1. Mengapresiasi cerita / dongeng        Teks cerita/dongeng      •             Siswa membaca cerita/dongeng dari berbagai media (cerita/ dongeng yang ada di buku) kemudian menuliskan nama-nama tokoh beserta perwatakannya dalam cerita tersebut.

•             Siswa menuliskan pesan atau nilai yang terkandung dalam cerita.              o             Menyebutkan watak / sifat pelaku / tokoh dalam cerita atau dongeng.

o             Menuliskan pesan atau nilai yang terkandung dalam cerita.          Portofolio

 

                Dokumen pekerjaan siswa          1.   Nggoleka wacan dongeng saka medhiya apa wae banjur terangna kepriye wewatakane para paraga jroning dongeng kasebut!

2.   Tulisen apa pitutur luhur jroning dongeng sing kokwaca

 

(Materi lihat di buku)     2 X 40’   Buku “Tutur

 Basa Jawa

5” Penerbit Yudhistira.

(hal. 113 -

115)

 

 

 

SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Unduh DISINI


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty
telegram

0 Response to "SILABUS KTSP Bahasa Jawa SD Kelas 5 Semester 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan