INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Buku Pedoman Program Gizi Jenjang SMP

  Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.

Buku Pedoman Program Gizi Jenjang SMP

Buku Pedoman Program Gizi Jenjang SMP telah diterbitkan oleh Direktorat SMP, Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbudristek.

Buku Pedoman Program Gizi Jenjang SMP ini diterbitkan sebagai salah satu upaya dalam memberikan gambaran pengelolaan dan pengembangan Program UKS.

Program gizi termasuk pendidikan gizi di sekolah dapat dijalankan sebagai bagian dari program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Program UKS telah dikembangkan sejak tahun 1956 dan terdiri dari tiga kegiatan utama yang disebut Trias UKS, yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat yang didukung dengan manajemen/tata kelola yang baik.

Banyak sekolah yang telah menjalankan program UKS, namun pelaksanaan trias UKS belum berjalan secara optimal. Pelaksanaan program UKS di sekolah masih terbatas pada Lomba Sekolah Sehat dan belum mencakup komponen gizi yang mendukung tumbuh kembang peserta didik.

Ukuran keberhasilan program UKS dapat dicapai sekolah melalui stratifikasi dalam empat tingkatan, yaitu minimal, standar, optimal, dan paripurna, dimana komponen gizi mendukung pencapaian stratifikasi UKS sekolah.

Pelaksanaan program gizi melalui UKS di tingkat SMP membutuhkan panduan pelaksanaan, sehingga sekolah dapat melaksanakan program gizi UKS untuk mencapai stratifikasi UKS tingkat paripurna.

Manajemen Program Gizi dalam UKS SMP dilaksanakan secara terencana, terpadu dan terkoordinasi sehingga sekolah bersama dengan Tim Pembina dan Pelaksana UKS mampu menyusun perencanaan, melaksanakan, dan melakukan evaluasi program dengan baik.

Pelaksanaan program gizi melalui UKS di Sekolah Menengah Pertama diharapkan dapat turut berkontribusi mengatasi masalah gizi pada remaja di Indonesia


Tujuan Umum

Buku Pedoman Program Gizi Jenjang SMP ini bertujuan memberikan panduan bagi Tim Pembina UKS, Tim Pelaksana UKS dan pemangku kepentingan di sekolah dalam menjalankan Program Gizi UKS SMP.

Tujuan Khusus

Tujuan khusus diterbitkannya Buku Pedoman Program Gizi Jenjang SMP adalah sebagai berikut.

1. Memberikan pengetahuan mengenaiprogram gizi di SMP bagi Tim Pembina dan Pelaksana UKS.

2. Memberikan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, memantau dan meninjau program gizi UKS sebagai bagian dari kegiatan sekolah baik intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

3. Memberikan keterampilan penanaman sikap dan pembiasaan perilaku peserta didik di sekolah untuk menerapkan hidup sehat sesuai prinsip gizi seimbang.


Sasaran

Sasaran Buku Pedoman Program Gizi Jenjang Sekolah Menengah Pertama ini adalah sebagai berikut.

1. Sasaran Langsung

a. Tim Pembina UKS SMP di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

b. Tim Pelaksana UKS SMP di tingkat kecamatan.

c. Tim Pelaksana UKS SMP di tingkat sekolah.

2. Sasaran Tidak Langsung

a. Seluruh warga sekolah, termasuk peserta didik, orang tua, dan komite sekolah.

b. Organisasi masyarakat, perguruan tinggi, sektor swasta dan mitra yang mendukung


Ruang Lingkup

Pedoman program gizi UKS SMP mencakup konsep program gizi yang ditujukan bagi peserta didik SMP dan kaitannya dengan stratifikasi UKS yang dilaksanakan di sekolah oleh Tim Pelaksana UKS Sekolah, isu-isu gizi yang penting untuk diketahui pelaksana program dan peserta didik SMP, serta tahapan dalam melaksanakan program gizi di SMP yang meliputi persiapan, koordinasi, pembinaan, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi.

Latar Belakang

Program gizi dalam UKS SMP merupakan seluruh kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku hidup sehat peserta didik sehingga pada akhirnya dapat memperbaiki status gizi peserta didik.

Program gizi dalam UKS SMP berfokus pada pencegahan anemia pada peserta didik, pemenuhan gizi seimbang, optimalisasi aktivitas fisik, pemantauan status gizi secara berkala serta pembinaan lingkungan sekolah dan sumber daya yang dimilikinya untuk
mendukung perubahan perilaku dan status gizi peserta didik.


Pengertian Program Gizi Dalam UKS SMP

Program gizi dalam UKS SMP yang tercakup dalam Trias UKS meliputi Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Pembinaan Lingkungan Sehat yang didukung oleh manajemen UKS yang meliputi persiapan, koordinasi, pembinaan, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi dan peningkatan peran serta peserta didik dalam perencanaan kegiatan, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi.

Program Gizi dalam Stratifikasi Jenjang SMP

Stratifikasi UKS adalah instrumen untuk asesmen kegiatan UKS di tingkat sekolah,
yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah sekolah sudah menjalankan kegiatan UKS sesuai dengan trias UKS dan sejauh mana pencapaian dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Stratifikasi UKS dibagi dalam 4 tingkatan yaitu minimal, standar, optimal, dan paripurna. Program gizi dalam UKS SMP ada di tiap tingkat stratifikasi dan jika dilaksanakan dengan baik akan dapat mendukung sekolah untuk dapat mencapai stratifikasi UKS tingkat paripurna.

Komponen gizi tersebut meliputi pelaksanaan kegiatan Trias UKS dan manajemen UKS yang dilaksanakan di sekolah seperti pendidikan gizi, literasi gizi, dan optimalisasi aktivitas fisik, serta kegiatan yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan Puskesmas bekerjasama dengan sekolah dan Tim Pembina UKS di tingkat kabupaten/kota dan kecamatan seperti penjaringan kesehatan, pembinaan dan pengawasan, dan juga kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan peran peserta didik seperti pembinaan kader kesehatan sekolah dan konseling sebaya.



Buku Pedoman Program Gizi Jenjang SMP selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Selengkapnya untuk mendapatkan file Buku Pedoman Program Gizi Jenjang SMP

 KLIK :

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Buku Pedoman Program Gizi Jenjang SMP"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan