Latihan Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023 Dilengkapi Jawabannya
Latihan Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023 Dilengkapi Jawabannya
Berikut ini dibagikan latihan soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru tahun 2023 dilengkapi jawabannya.
Latihan soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023 ini untuk memberikan gambaran bentuk soal Seleksi Kompetensi Teknis pada pengadaan PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun Anggaran 2023.
Materi seleksi kompetensi pengadaan PPPK tahun 2023 tercantum di dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 652 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungs ional Tahun Anggaran 2023.
Materi seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tahun Anggaran 2023 meliputi Seleksi Kompetensi Teknis, Seleksi Kompetensi Manajerial, dan Seleksi Kompetensi Sosial Kultural.
Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tahun Anggaran 2023 juga dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas yang dilaksanakan dengan wawancara.
Seleksi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.
Jumlah Soal Seleksi Kompetensi Teknis adalah 90 (sembilan puluh) butir soal. Pembobotan nilai untuk materi soal Seleksi Kompetensi Teknis, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol).
SOAL PPPK "LENGKAP KUMPULAN SOAL PPPK TAHUN 2023"
Berikut ini adalah latihan soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023 beserta kunci jawaban selengkapnya.
BACA JUGA:
- Perubahan Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 202
- Persyaratan Pendaftaran CASN PPPK Tahun 2023
- Tata Cara Pendaftaran CASN PPPK dan PNS Tahun 2023
- PPPK Jadi Prioritas Kebutuhan Seleksi CASN 2023
- Mekanisme Seleksi ASN PPPK JF Guru Tahun 2023
- Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK Jabatan Fungsional JF 2023
1. Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah ….
A. condition
B. behavior dan degree
C. condition dan degree
D. audience
E. degree
Kunci Jawaban : E
2. Media yang cocok untuk menjelaskan tentang banjir adalah ….
A Video
B. Gambar Banjir
C potongan artikel di media cetak
D. peta persebaran wilayah banjir
E. berita perkiraan cuaca di televisi
Kunci Jawaban : C
3. Media yang tepat untuk mengajarkan kebutahan ekonomi vang melonjak tinggi adalah ….
A. potongan artikel media cetak
B. video di kanal voutube
C. tayangan berita di televisi
D. dattar harga barang pokok terbaru
E. buku paket
Kunci Jawaban : C
4. Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Hal ini sesuai dengan prinsip ….
A. terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
E. objektif
Kunci Jawaban : E
5. Pak Liman adalah seorang guru olah raga pagi ini dia akan mengadakan peniaian praktik berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah ….
a. sahih
b. objektif
c. menyeluruh
d. sistemtatis
e beracuan kriteria
Kunci Jawaban : A
6. Bu Linda adalah seorang guru seni, Hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam membuat lukisan, selain hasil lukisan siswa yang di nilai, teknik dalam menggambar, cara menggunakan alat dan perlengkapan dan juga sikap siswa dalam menghargai karya temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Di dalam hal ini, bu Linda telah menerapkan prinsip ….
a. sahih
b. objektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria
Kunci Jawaban : C
7. Pak Bejo adalah guru PKn di sekolah “mekar Indah”. Dia tinggal di desa Mangun Harjo. Siska adalah tetangga dari Pak Bejo. Setiap pembagian hasil evaluasi siska selalu diberi nilai 85 oleh pak Bejo. Sementara Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya hanya mendapat 80. Dari kasus di atas artinya Pak Bejo tidak melaksanakan prinsip penilaian ….
a. adil
b. objektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria
Kunci Jawaban B
8. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Rendra guru Fisika. Jumlah nomor soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Hal yang dilakukan Pak Rendra tidak sesuai dengan prinsip penilaian …..
a. adil
b. objektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria
Kunci Jawaban : A
9. Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Bobi guru Bahasa Jawa. jumlah nomor soal ada 10. Siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan. Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan pak Bobi. Kegiatan yang dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian ….
a. adil
b. objektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. beracuan kriteria
Kunci Jawaban : A
10. Pagi ini penyerahan Raport untuk siswa “SMP Mekar Sari”. Bu Neni adalah Guru Matematika di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba tiba bu neni di datangi oleh orang tua murid sambal marah marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar Bu neni kemudian menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari nilai harian, PTS, dan PAS serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian yang lengkap. Dan akhimya orang tua siswa tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian Bu Neni telah melaksanakan prinsip penilaian ….
a. adil
b. objektif
c. menyeluruh
d. sistematis
e. akuntabel
Kunci Jawaban : E
11. Di alam setiap kali penilaian Pak Joko selalu membuat rubric penilaian yang berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian ….
a. sistematis
b. beracuan kriteria
c. menyeluruh
d. sistematis
e. akuntabel
Kunci Jawaban : B
12. Di dalam setiap pembelajaran, Pak Candra selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa ternadap materi yang telan dibenikan. Prinsip penilaian yang diterapkan Pak Candra adalah ….
a. sistematis
b. beracuan kriteria
c. terpadu
d. sistematis
e. akuntabel
Kunci Jawaban : C
13. Pada awal semester Pak Budi sebagai guru IPA selalu menjelaskan penilaian yang akan dilaksanakan selama satu semester dan penentuan nilai akhir IPA yang menerapkan
prinsip penilaian …..
a. sistematis
b. terbuka
c. terpadu
d. sistematis
e. akuntabel
Kunci Jawaban : B
14. Perhatikan butir soal uraian berikut. Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa. Butir soal tersebut ….
A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
D. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
Kunci Jawaban : C
15. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ….
A. kumpulan hasil karya siswa.
B. rekaman hasil karya siswa
C. rangkaian hasil karya siswa
D. kumpulan nilai siswa
E. Kumpulan Siswa
Kunci Jawaban : A
16. Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….
A. tes uraian bebas
B. tes uraian terbatas
C. yang sederhana
D. yang sangat kompleks
Kunci Jawaban : B
7. Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi?
A. Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih baik.
B. 3 dari 8 soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post- test.
C. Materi yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan belajar mengajar.
D. melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa berdasarkan hasil pre-test
Kunci Jawaban : C
18. Di dalam rangka menilai tingkat keberhasilan pembelajaran maka perlu dilakukan penilaian dalam bentuk tes . Di dalam penilaian dikenal dengan sitilah tes formatif dan tes sumatif. Perbedaannya adalah ….
A. cakupan materi dan bentuk soal
B. bentuk soal dan waktu pelaksanaan
C. cakupan materi dan waktu pelaksanaan
D. bentuk soal dan kondisi peserta didik
Kunci Jawaban : C
9. Seorang peserta didik memprotes skor yang diperoleh pada soal nomor 4 dalam ulangan yang telah dilaksanakan. Menurud siswa tersebut seharusnya mendapat skor 5 akan tetapi guru memberikan skor 3. Guru tersebut menjelaskan pembobotan nilai pada soal tersebut dengan menjelaskan kriteria pensekoran yang terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5. Peserta didik pun mengerti dan menerima skor tersebut. Prinsip penilaian yang diterapkan guru adalah ….
A. terbuka
B. akuntabel
C. objektif
D. menyeluruh
E. adil
Kunci Jawaban : E
20. Seorang guru mengajar pada dua kelas disekolahnya. Di kelas pertama terdapat 8 peserta didik yang gagal mencapai KKM. Sementara di kelas ke 2 ada 12 yang gagal mencapai KKM. Langkah yang harus dilakukan guru adalah ….
A. melakukan pengayaan terhadap 8 orang siswa
B. melakukan remidial kepada 12 orang siswa
C. melakukan remidial kepada peserta didik yang gagal di kedua kelas tersebut
D. melakukan pengayaan kepada kedua peserta didik yang gagal di kedua kelas tersebut
E. mengulang seluruh materi kepada peserta didik gagal pada kedua kelas tersebut.
Kunci Jawaban : C
21. Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal berikut ini, kecuali ….
a. pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta
b. penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahaman teknologi
c. keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi
d. mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan keterampilan kognisi
e. penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggi, dan kolaborasi
Kunci Jawaban : B
22. Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21, sebaiknya ….
a. memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran
b. menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran
c. memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporer
d. mengutamakan agar peserta didik menguasai materi
e. menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar
Kunci Jawaban : E
23. Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil belajarnya adalah ….
a. pembelajaran berbasis projek
b. pembelajaran kooperatif
c. bermain peran dan simulasi
d. pembelajaran diskusi online
e. pembelajaran kontekstual
Kunci Jawaban : A
24. Jika di silabus ada diksi “ memecahkan masalah sampah “maka itu dapat ditemukan pada komponen silabus ….
A. materi
B. kegiatan pembelajaran
C. kompetensi dasar
D. indikator
E. tujuan pembelajaran
Kunci Jawaban : C
25. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah ….
A. memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik
B. menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik
C. membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas
D. meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan
E. memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan
Kunci Jawaban : D
26. Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya temannya.
Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada domain ….
a. penilaian terhadap peserta didik
b. pemahaman terhadap peserta didik
c. strategi pembelajaran
d. pemahaman materi pembelajaran
e. pengelolaan pembelajaran
Kunci Jawaban : C
27. Ari adalah anak rajin, memiliki sikap yang baik dan bahkan sering mewakili dalam kegiatan Olimpiade Sains Nasional. Tetapii pada hasil laporan belajar, Ari memiliki lima nilai yang di bawah KKM.
Tindakan Anda sebagai wali kelas adalah ….
A. siswa tersebut tetap naik kelas dengan pertimbangan peserta OSN
B. meminta masukan dari guru guru terkait naik tidaknya
C. mendiskusikan dengan orang tua ari terkait masalah ini
D. tidak naik kelas karena tidak memenuhi kriteria kenaikan kelas
E. naik kelas karena sikap Ari baik
Kunci jawaban : B
28. Di dalam suatu pembelajaran diperoleh data banyak siswa yang tidak aktif maka anda sebagai guru harus mengubah pendekatan pembelajaran tepat.
Pendekatan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah ….
A. kontruktivisme
B. kontekstual
C. saintifikif
D. deduktif
E. induktif
Kunci Jawaban : C
29. Dalam pembelajaran dikelas seorang guru melaksanakan tiga langkah pembelajaran, salah satu pada kegiatan pendahuluan adalah apersepsi materi.
Tujuan apersepsi materi adalah ….
A. mengaitkan materi pelajaran pada minggu minggu sebelumnya sesuai dengan materi hari ini
B. merumuskan masalah terkait materi yang akan dipelajari
C. melakukan pengelompokan submateri agar mudah dipahami peserta didik
D. merangsang dan membangun motivasi belajar peserta didik
e. menciptakan kondisi belajar yang kondusif
Kunci Jawaban : A
30. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip/hukum yang kompleks sehingga memperjelas penyajian pesan secara tertulis. Media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut ….
A. Bagan
B. APE (Alat Permainan edukatif)
C. flip chart
D. foto
E. gambar
Kunci Jawaban : A
31. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar, yaitu ….
A. daftar cek
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
E. jawaban bebas
Kunci Jawaban : A
32. Pak Slamet mengamati teknik menggambar siswa yang baru saja diajarkan, sedangkan ibu Susi melakukan tes di awal untuk kemudian dilakukan perangkingan. Hal yang dilakukan pak Slamet dan ibu Susi termasuk ke dalam ….
A. praktik dan tes kemampuan awal-akhir
B. observasi dan tes penempatan
C. observasi dan tes seleksi
D. praktik dan sumatif
E. observasi dan formatif
Kunci Jawaban : B
33. Guru mengajarkan bahasa indonesia KD macam macam puisi media yang cocok untuk materi tersebut adalah ….
A. laboratorium sains
B. laboratorium bahasa
C. pasar
D. koran
E. televisi
Kunci Jawaban : B
34. Reinforcement dalam pembelajaran untuk memotivasi Peserta didik yang sudah tuntas dan yang belum dilakukan dalam kegiatan pembelajaran disebut ….
A. refleksi
B. remedial
C. feedback
D. penilaian
E. pengayaan
Kunci Jawaban : C
35. Seorang guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun RPP. Materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak kesulitan memahami pelajaran.
Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang guru saat memilih materi pelajaran?
A. Mengidentifikasi aspek aspek yang terdapat dalam kompetensi Inti kompetensi dasar dan indikator.
B. Menganalisis potensi peserta didik relevansi dan karakteristik daerah dan struktur
kurikulum.
C. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik intelektual emosional sosial dan
spiritual peserta didik.
D. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik aktualitas kedalaman dan keluasan materi pelajaran.
E. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
Kunci Jawaban : A
36. Kalender yang digunakan untuk melihat minggu ujian tengah semester di sekolah disebut dengan ….
A. kalender akademik
B. kalender pendidikan
C. kalender umum
D. kalender waktu
Kunci Jawaban : B
37. Guru sedang melakukan pembelajaran sains. Untuk mengukur dimensi metakognitif pada diri peserta didik dengan ….
A. tes tertulis
B. tes lisan
C. uraian
D. unjuk kerja
E. praktik
Kunci Jawaban : C
38. Untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa secara kognitif, psikomotor, dan afektif merupakan ….
A. jenis penilaian
B. fungsi penilaian
C. Prinsip penilaian
D. tujuan penilaian
E. asas penilaian
Kunci Jawaban : D
9. Prinsip penilaian dimana penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran, yaitu prinsip ….
A. menyeluruh
B. terpadu
C. terbuka
D. beracuan kriteria
E. akuntabel
Kunci Jawaban : B
40. Pak Kama mengadakan ulangan dengan KD menentukan hasil operasi bilangan bulat. Dari 32 siswa ternyata 22 siswa yang tidak tuntas KKM. Apa yang sebaiknya dilakukan pak Karna ….
A. mengadakan pengayaan kepada 10 siswa
B. mengadakan remedial untuk 22 siswa di bawah KKM
C. melakukan pembelajaran ulang dengan media dan metode pembelajaran berbeda
D. melakukan pengayaan untuk seluruh siswa
E. memberikan tugas mandiri kepada 22 siswa yang tidak tuntas
Kunci Jawaban : C
@Salam Website Nasty
0 Response to "Latihan Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023 Dilengkapi Jawabannya"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan