INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Contoh Soal Wawancara Seleksi PPPK Guru Tahun 2023

Contoh Soal Wawancara Seleksi PPPK Guru Tahun 2023

Berikut ini adalah contoh soal wawancara seleksi PPPK Guru tahun 2023 dilengkapi dengan jawaban terbaiknya.

Contoh soal wawancara seleksi PPPK Guru Tahun 2023 ini untuk memberikan gambaran bentuk soal wawancara pada seleksi pengadaan jabatan fungsional guru tahun anggaran 2023.

Peserta seleksi perlu memahami bentuk soal sosial kultural PPPK Guru agar bisa mendapatkan nilai ambang batas dan dinyatakan lulus seleksi.

Dengan mempelajari soal-soal Kompetensi Sosial Kultural PPPK Guru tahun 2023 ini diharapkan peserta seleksi dapat memiliki gambaran bentuk soal seleksi kompetensi PPPK Tahun Anggaran 2023.

Hal yang membedakan antara materi soal PPPK dengan soal tes CPNS adalah dalam ujian seleksi PPPK tidak ada seleksi kompetensi dasar, tetapi hanya seleksi kompetensi bidang atau teknis.

Materi Seleksi Kompetensi PPPK 2023

Materi seleksi kompetensi pengadaan PPPK tahun 2023 tercantum di dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 652 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungsional Tahun Anggaran 2023.

Materi seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tahun Anggaran 2023 meliputi Seleksi Kompetensi Teknis, Seleksi Kompetensi Manajerial, dan Seleksi Kompetensi Sosial Kultural.

Selain itu, Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tahun Anggaran 2023 juga dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas yang dilaksanakan dengan wawancara.

SOAL PPPK "LENGKAP KUMPULAN SOAL PPPK TAHUN 2023"

Rincian materi seleksi kompetensi dan wawancara pengadaan PPPK Tahun 2023 selengkapnya sebagai berikut.

1. Materi Kompetensi Teknis

Materi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan;

2. Materi Kompetensi Manajerial

Materi Kompetensi Manajerial bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:

a. integritas;

b. kerjasama;

c. komunikasi;

d. orientasi pada hasil;

e. pelayanan publik;

f. pengembangan diri dan orang lain;

g. mengelola perubahan; dan

h. pengambilan keputusan.

3. Materi Kompetensi Sosial Kultural

Materi Kompetensi Sosial Kultural bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai¬nilai, moral, emosi dan prinsip, yang hams dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:

a. kepekaan terhadap perbedaan budaya;

b. kemampuan berhubungan sosial;

c. kepekaan terhadap konflik; dan

d. empati.

4. Materi Wawancara

Materi wawancara dengan menggali informasi non kognitif yang bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas, meliputi beberapa aspek, yaitu kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan.

Seleksi Kompetensi Teknis, Manajerial dan Sosial Kultural dilaksanakan dalam durasi waktu 120 (seratus dua puluh) menit. Sedangkan wawancara dilaksanakan dalam durasi waktu 10 (sepuluh) menit. Durasi waktu pelaksanaan Seleksi Kompetensi dan wawancara dikecualikan bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra.

Jumlah Soal Seleksi Kompetensi PPPK

Jumlah soal keseluruhan Seleksi Kompetensi pengadaan PPPK tahun 2023 adalah 145 (seratus empat puluh lima) soal, dengan rincian sebagai berikut.

a. Seleksi Kompetensi Teknis sejumlah 90 (sembilan puluh) butir soal;

b. Seleksi Kompetensi Manajerial sejumlah 25 (dua puluh lima) butir soal;

c. Seleksi Kompetensi Sosial Kultural sejumlah 20 (dua puluh) butir soal; dan

d. Wawancara sejumlah 10 (sepuluh) butir soal.

Pembobotan nilai untuk materi soal Seleksi Kompetensi sebagai berikut.

a. Untuk materi soal Seleksi Kompetensi Teknis, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol).

b. Untuk materi soal Seleksi Kompetensi Manajerial, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empa.t), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol).

c. Untuk materi soal Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 5 (lima), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol).

d. Untuk materi soal Wawancara, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empat), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol).

Nilai kumulatif paling tinggi untuk Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK Tahun 2023 adalah 670 (enam ratus tujuh puluh), dengan rincian:

a. 450 (empat ratus lima puluh) untuk Seleksi Kompetensi Teknis;

b. 180 (seratus delapan puluh) untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural; dan

c. 40 (empat puluh) untuk Wawancara.

Nilai Ambang Batas

Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh setiap peserta seleksi. Penetapan nilai ambang batas seleksi kompetensi PPPK untuk Jabatan Fungsional Tahun Anggaran 2023 adalah sebagai berikut.

a. nilai untuk Seleksi Kompetensi Teknis sebagaimana tercantum pada lampiran Keputusan Menteri PANRB Nomor 652 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK untuk Jabatan Fungsional Tahun Anggaran 2023;

b. 117 (seratus tujuh belas) untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural; dan

c. 24 (dua puluh empat) untuk Wawancara.



BACA JUGA: 

Contoh Soal Wawancara Seleksi PPPK Guru Tahun 2023


Berikut ini dibagikan contoh soal wawancara seleksi PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun Anggaran 2023.

1. Apabila Anda diangkat menjadi Pegawai ASN PPPK, apakah Anda bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia? Berikan alasan Anda?

Jawaban Terbaik :

Saya bersedia ditempatkan dimana saja karena saya merasa menjadi bagian dari masyarakat indonesia. Saya tidak membeda bedakan tempat kerja, dimanapun saya bekerja saya akan tetap profesional menjalankan tugas.

2. Apa motivasi Anda menjadi PPPK?

Jawaban Terbaik :

Saya ingin menjadi pegawai PPPK, karena :

  • ingin mengabdikan diri menjadi PPPK untuk negara dan melayani masyarakat;
  • ingin mengembangkan kemampuan diri agar menjadi pegawai yang profesional.

3. Apa pendapat anda tentang profesionalisme Aparat Sipil Negara (ASN)?

Jawaban Terbaik :

  • ASN yang profesional adalah ASN yang mumpuni dalam jabatan sebagai ASN yang meliputi kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosio kultural
  • ASN yang memiliki integritas dan kejujuran dalam bekerja
  • Mampu bekerjasama dengan rekan baik seprofesi maupun tidak dalam satu profesi
  • Melayani publik secara proporsional
  • Senantiasa mengembangkan diri untuk meningkatkan pelayanan pada negara dan masyarakat dan berperan aktif dalam membantu rekan untuk pengembangan dirinya
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif
  • Siap dalam beradaptasi dan pandai dalam mengelola perubahan ke arah yang lebih baik
  • Berani mengambil keputusan yang tepat
  • Menjalankan tugas dengan baik dan berorientasi hasil
  • Memiliki kemampuan sesuai dengan jabatan yang diemban atau kompetensi teknis
  • Memiliki jiwa sosial dan terbuka dalam perbedaan (sosio kultural)

4. Apa pendapat Anda tentang Guru Profesional?

Jawaban Terbaik :

Guru profesional adalah guru yang mimiliki 4 kompetensi jabatan guru, yaitu kompetensi paedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.

Kompetensi Pedagogik Guru adalah kemampuan atau keterampilan guru yang bisa mengelola suatu proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.

Kompetensi Kepribadian berkaitan dengan karakter personal. Ada indikator yang mencerminkan kepribadian positif seorang guru, yaitu supel, sabar, disiplin, jujur, rendah hati, berwibawa, santun, empati, ikhlas, berakhlak mulia, serta bertindak sesuai norma sosial dan hukum.

Kompetensi Profesional Guru adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki supaya tugas-tugas keguruan bisa diselesaikan dengan baik.

Kompetensi Sosial berkaitan dengan keterampilan komunikasi, bersikap dan berinteraksi secara umum, baik itu dengan peserta didik, sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa, hingga masyarakat secara luas.

5. Apakah pendapat Anda tentang pengajar dan pendidik, apa perbedaaannya?

Jawaban terbaik :

Seorang pendidik sudah pasti bisa mengajar, namun seorang pengajar belum tentu bisa mendidik. Seorang guru dituntut untuk dapat melakukan keduanya; mengajar dan mendidik. guru juga menjadi seorang pendidik, yang artinya menanamkan nilai-nilai budi pekerti dan akhlak yang baik.

Menjadi guru sebagai pengajar artinya bertanggungjawab terhadap permasalahan akademis, melakukan suatu tindakan untuk membuat orang lain mengerti, atau paham akan sesuatu.

6. Apa pendapat Anda tentang Pancasila sebagai dasar negara dan implementasi pekerjaan Anda terhadap hal tersebut?

Jawaban terbaik :

Pancasila adalah dasar negara indonesia artinya seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundang-undangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Implementasi terhadap pekerjaan saya adalah saya akan melaksanakan pekerjaan saya sebagai pendidik dan pengajar sesui dengan aturan yang berlaku yang dibuat oleh pemerintah.

Saya juga akan ikut berperan menjadi bagian terdepan dalam menanamkan nilai nilai pancasila untuk anak didik saya, mengajarkan mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai pancasila.

7. Apa pendapat Anda tentang lagu Indonesia Raya?

Jawaban Terbaik :

Lagu Indonesia raya adalah lagu kebangsaan bagi negara indonesia. Lagu Indonesia Raya adalah gambaran perasaan nasional yang memiliki makna salah satunya menggambarkan semangat dan cita-cita bangsa Indonesia yang tertulis dalam lirik demi lirik lagu.

Lagu Indonesia adalah termasuk identitas nasional. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga terhadap lagu indonesia dan senantiasa menjiwai apa yang terkandung di dalamnya. Mencintai lagu Indonesia merupakan bagian dari cinta tanah air dan rasa nasionalisme kita.

8. Jelaskan mengenai Pancasila menurut Anda?

Jawaban Terbaik

Pancasila merupakan ideologi negara indonesia : rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Lima ideologi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan
keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada alinea ke-4 Preambule (Pembukaan) Undang-Undang Dasar 1945.

Pancasila adalah dasar negara indonesia : seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundang-undangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Pancasila adalah pandangan hidup bangsa indonesia bahwa semua aktifitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila

9. Apabila Anda menjadi guru profesional, apakah Anda bersedia ditempatkan di wilayah di seluruh wilayah Indonesia?

Jawaban Terbaik :

Saya bersedia ditempatkan dimana saja diseluruh indonesia karena bagi saya guru profesional adalah guru yang siap menjalankan tugas sebagai pengajar dan pendidik dimana saja, pada siapa saja untuk mencerdaskan generasi muda penerus bangsa.

10. Apa motivasi Anda menjadi guru?

Jawaban terbaik :

Menjadi guru bagi saya adalah kesempatan untuk mengabdi kepada negara dan mengabdi kepada masyarakat, ikut menjadi bagian dalam mencerdaskan masyarakat indonesia dan generasi muda penerus bangsa demi kemajuan bangsa.

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Contoh Soal Wawancara Seleksi PPPK Guru Tahun 2023"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan