Prediksi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru Tahun 2023
Prediksi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru Tahun 2023
Seleksi Kompetensi Teknis merupakan salah satu seleksi yang harus diikuti oleh pelamar PPPK Guru Tahun 2023.
Materi yang diujikan dalam Seleksi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap / perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.
Jumlah soal Seleksi Kompetensi Teknis adalah 90 (sembilan puluh) butir soal. Pembobotan nilai untuk materi soal Seleksi Kompetensi Teknis, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol).
SOAL PPPK "LENGKAP KUMPULAN SOAL PPPK TAHUN 2023"
Berikut ini adalah prediksi soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Jabatan Fungsional Guru 2023 beserta kunci jawabannya.
Prediksi soal seleksi Kompetensi Teknis PPPK JF Guru tahun 2023 ini sebagai referensi belajar peserta seleksi pengadaan PPPK Guru Tahun Anggaran 2023.
Dengan mempelajari soal-soal seleksi kompetensi teknis PPPK Guru ini, diharapkan peserta seleksi akan memiliki gambaran mengenai bentuk soal seleksi kompetensi teknis pengadaan PPPK Guru Tahun 2023.
Prediksi soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Jabatan Fungsional Guru 2023 selengkapnya adalah sebagai berikut.
BACA JUGA:
- Perubahan Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 202
- Persyaratan Pendaftaran CASN PPPK Tahun 2023
- Tata Cara Pendaftaran CASN PPPK dan PNS Tahun 2023
- PPPK Jadi Prioritas Kebutuhan Seleksi CASN 2023
- Mekanisme Seleksi ASN PPPK JF Guru Tahun 2023
- Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK Jabatan Fungsional JF 2023
1. Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif dan psikomotorik. Kegiatan yang dilakukan guru tersebur sesuai dengan prinsip penilaian, yaitu ….
A. beracuan kriteria dan menyeluruh
B. beracuan kriteria dan Sistematis
C. akuntabel dan menyeluruh
D. objektif dan menyeluruh
Kunci Jawaban A
2. Hasil pengolahan nilai Bahasa inggris oleh Pak Rudi menampilkan bahwa dari 32 siswa kelas 7 ternyata 28 siswa memperoleh nilai di atas atau mencapai KKM. KKM yang di tetapkan untuk pelajaran Bahasa inggris adalah 70. dan 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM yang ditetapkan. Sesuai ilustrasi tersebut, penilaian yang demikian disebut penilaian ….
A. acuan patokan
B. acuan norma
C. objektif
D. terpadu
E. menyeluruh
Kunci Jawaban A
3. DI dalam memberikan nilai pada penilaian harian, Pak Aan Guru Bahasa Jawa melakukan pengkategorian. Siswa yang skor tesnya dibawah 40 maka mendapat nilai 70, skor antara 40 sampai 50 mendapat nilai 80 dan skor diatas 50, maka diberikan nilai 90. Penilaian yang demikian disebut penilaian ….
A. acuan patokan
B. acuan norma
C. objektif
D. terpadu
E. menyeluruh
Kunci Jawaban B
4. Langkah langkah menulis soal tes uraian adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. melakukan analisis KI dan KD serta indikator
B. mendefinisikan tujuan-tujuan pembelajaran dan lingkup bahan ajar yang mestinya diungkap
C. menyusun kisi-kisi
D. membuat atau menulis soal
E. membuat pedoman penskoran.
Kunci Jawaban A
5. Pernyataan yang benar untuk tes formatif adalah ….
A. nilai maksimum adalah nilai jumlah adanya soal
B. nilai minimum adalah sejumlah adanya soal
C. nilai maksimum butir soal benar adalah 1
D. nilai minimum butir soal benar adalah 1
Kunci Jawaban C
6. Perhatikan tabel di bawah ini!
Nilai P, Q, R, S berturut turut adalah ,,,
A. 87; 70; 92; 79
B. 87; 75; 92; 79
C. 87; 75; 92; 82
D. 88; 66; 92; 75
Kunci Jawaban B
7. Berikut adalah tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam penilaian hasil belajar
peserta didik, kecuali ….
A. menetapkan Standar ketuntasan belajar yang harus dicapai peserta didik
B. menetapkan kriteria kenaikan kelas
C. menetapkan kriteria kelulusan peserta didik
D. melakukan penilaian akhir dan ujian sekolah
E. menjadi panitia pelaksana ujian nasional tingkat satuan pendidikan
Kunci Jawaban E
8. Karakteristik silabus pada implementasi penyempurnaan kurikulum 2013 adalah ….
A. berisi aspek yang lengkap sehingga mempermudah pendidik dalam menyusun Rencana pembelajaran
B. hanya menyajikan 3 aspek yakni kompetensi dasar, materi pokok dan kegiatan
pembelajaran
C. fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pembelajaran
D. disajikan sederhana, sehingga mudah
E. kurang detail, sehingga kurang memberikan peluang kreativitas guru
Kunci Jawaban A
9. Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran tidak lagi dilakukan tatap muka di dalam kelas akan tetapi juga bisa dilakukan secara virtual atau jarak jauh dengan prinsip prinsip pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran model ini berbasis web dan bisa di akses menggunakan jaringan internet dimanapun dan kapanpun siswa berada.
Pembelajaran yang demikian disebut pembelajaran ….
A. blended learning
B. e-learning
C. learning by doing
D. self learning
E. effisien learning
Kunci Jawaban B
10. Seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan perangkat pembelajaran. Setelah menyusun indikator pembelajaran, kemudian menyusun tujuan pembelajaran. Hal ini termuat dalam ….
A. silabus pembelajaran
B. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
C. rencana penilaian pembelajaran
D. analisis KI dan KD
E. Program Semester
Kunci Jawaban B
11. Silabus dan RPP adalah pedoman bagi guru dalam melaksankan pembelajaran yang berupa rencana pembelajaran. Perbedaan antara silabus dan RPP(rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah ….
A. silabus berisi kompetensi dasar dan RPP berisi kegiatan belajar yang diarahkan untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus berasal dari pengembangan standar isi dan standar kompetensi lulusan dan RPP bersumber daristandar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru dan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dibuat oleh guru sedangkan silabus dibuat oleh satuan pendidikan
E. Silabus berisi rincian kegiatan pembelajaran sedangkan RPP berisi pendekatan penilaian hasil belajar
Kunci Jawaban A
12. Berdasarkan hasil penilaian guru diperoleh beberapa siswa mencapai kriteria ketuntasan belajar dan ada juga yang belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Dari hasil oleh nilai tersebut dapat dijadikan sebagai bahan guru untuk melakukan tindak lanjut pembelajaran. Berikut ini merupakan pemanfaatan hasil penilaian guru, kecuali ….
A. memperbaiki program pembelajaran
B. menyelenggarakan program pembelajaran bagi siswa yang hasilnya rendah
C. menyelenggarakan pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
D. mengadministrasikan hasil penilaian
E. menyusun laporan hasil penilaian
Kunci Jawaban D
13. Pada sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”. Jika pendidik ingin menyusun menjadi tujuan pembelajaranl maka rumusan yang tepat adalah ….
A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat mejelaskan kondisi operasisistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, komponen proses dan komponen output.
B. Setelah melaksanakan pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat mejelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar.
C. Siswa dapat menjelaskan operasi sistem dan komponen perangkat keras, meliputi komponen input, proses dan output secara benar
d. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan.
E. Setelah melaksanakan pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi materi kondisi operasi sistem dan perangkat keras dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.
Kunci Jawaban B
14. Guru setelah pembelajaran langsung memberikan penilaian praktik terhadap siswa dan mengumumkan hasilnya untuk siswa. Bagaimana pendapat Anda tentang hal ini?
A. Bagus karena guru tersebut telah menerapkan prinsip transparan.
B. Bagus karena guru dapat mengetahui mana siswa yang sudah bisa dan mana siswa yang belum bisa.
C. Kurang setuju karena seharusnya penilaian yang dipakai adalah projek atau produk
D. Kurang setuju Seharusnya sebelum menilai guru membuat rubrik penilaian dulu agar hasilnya dapat terukur sesuai kriteria.
E. Mengumumkan hasil penilaian di depan kelas menyebabkan siswa yang lemah kemampuannya akan merasa malu.
Kunci jawaban D
15. Di dalam menentukan jumlah alokasi waktu pada Kompentensi dasar Bu Dina selalu memperhatikan aspek aspek di bawah ini, kecuali ….
A. jumlah minggu efektif
B. jumlah dan keluasan KD
C. kedalaman dan tingkat kesulitan KD
D. tingkat kepentingan KD
E. jangka waktu penggunaan media
Kunci Jawaban E
16. Penentuan alokasi waktu pada silabus berdasarkan ….
A. program tahunan
B. program semester
C. analisis minggu efektif
D. kedalaman materi
E. SKL dan Standar Isi
Kunci Jawaban C
17. Jika pada silabus terdapat diksi “ memecahkan masalah sampah” Hal tersebut terdapat pada
komponen ….
A. materi pembelajaran
B. kegiatan pembelajaran
C. kompetensi Dasar
D. indikator pencapaian kompetensi
E. penilaian
Kunci Jawaban C
18. Kumpulan tugas siswa yang akan dijadikan bahan untuk menyusun laporan hasil
belajar kepada orang tua di sebut penilaian ….
A. jurnal
B. portofolio
C. raport
D. produk
E. kinerja
Kunci Jawaban B
19. Perhatikan teknik teknik penilaian berikut!
1) Observasi
2) Pertanyaan langsung
3) Laporan tertulis
4) Laporan diri
5) Tes tertulis
Teknik penilaian sikap yang tepat adalah ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 1, 2, dan 4
D. 1, 2, dan 5
E. 1, 4, dan 5
Kunci Jawaban C
20. Penilaian yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa dalam membuat produk-produk teknologi dan seni seperti makanan , pakaian, hasil karya seni (patung, lukisan, gambar) adalah penilaian ….
A. sikap
B. produk
C. praktik
D. projek
E. portofolio
Kunci Jawaban D
21. Dalam menyusun instrumen penilaian tertulis harus memperhatikan hal hal sebagai
berikut, kecuali ….
A. materi
B. bahasa
C. relevansi
D. kaidah penulisan
E. konstruksi
Kunci Jawaban C
22. Di dalam melakukan penilaian harian guru membagi kelas kedalam dua kelompok, kelompok pertama mengerjakan no 1- 10 sedangkan kelompok kedua mengerjakan nomor soal 11-20. Hal ini bertentangan dengan prinsip penilaian ….
A. adil
B. objektif
C. terpadu
D. terbuka
E. sistematis
Kunci jawaban A
23. Pak Slamet adalah guru IPA yang berasal dari Jawa. Beliau di tugaskan di Kalimantan. Dia selalu memberikan tambahan nilai untuk Siti karena siti juga berasal dari Jawa. Hal ini bertentangan dengan prinsip penilaian ….
A. edukatif
B. akuntabel
C. sistematis
D. objektif
E. adil
Kunci Jawaban D
24. Salah satu orang tua peserta didik yaitu Pak Dadang mendatangi sekolah untuk melakukan klarifikasi terkait nilai anaknya yang tidak sesuai harapan. Pasalnya anak dari Pak dadang terkenal sebagai anak yang cerdas sejak kecil namun nilai yang diperoleh tidak baik. Sambil marah marah Pak dadang mendatangi bu lina sebagai wali kelasnya. Kemudian bu lina sebagai wali kelas menunjukan semua data perolehan nilai dari siswa tersebut. Setelah melihat dengan mata kepala sendiri baru pak dadang memahami dan meminta maaf kepada Bu Lina.
Dengan demikian bu Lina telah menerapkan prinsip penilaian ….
A. terbuka
B. akuntabel
C. sistematis
D. adil
E. objektif
Kunci Jawaban B
25. Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. melaksanakan kegiatan pembiasaan harian, mingguan, bulanan, semester, kegiatan rutin membaca 15 menit sebelum pembelajaran
B. menyediakan ruang baca untuk peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan
C. mendorong terbentuknya ruang baca outdoor yang nyaman
D. melakukan pengawasan dan mewajibkan peserta didik membaca sejumlah buku sastra dan menyelesaikannya dalam kurun waktu tertentu
E. melakukan analisis kebutuhan dan mengkaji isu isu yang terkait kemampuan literasi pendidik dan peserta didik
Kunci jawaban E
26. Perilaku yang dapat diukur untuk menujukan ketercapain kompetensi dasartertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran adalah ….
A. Kompetensi Inti
B. standar kompetensi lulusan
C. indikator
D. standar isi
E. standar Proses
Kunci Jawaban C
27. Setiap guru pasti akan menghadapi permasalah di kelas saat pembelajaran. Oleh karena itu sudah seharusnya setiap guru mempu memecahkan permasalah pembelajaran yang terjadi di kelas Salah satu cara paling tepat yang dapat dilakukan guru dalam menghadapi permasalah pembelajaran yang terjadi adalah ….
A. meminta solusi dari kepala sekolah
B. mendatangkan konsultan pendidikan
C. melakukan classroom action research
D. menemui orang tua siswa
E. berkonsultasi dengan dinas pendidikan
Kunci Jawaban C
28. Salah satu tahapan dalam siklum PTK adalah menyusun langkah yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalah yang di hadapi pada pembelajaran. Hal tersebut mencakup segala hal yang diperlukan pada pelaksanaan PTK. Mulai dari materi ajar, rencana pengajaran, metode atau teknik mengajar, serta instrumen observasi. Tahapan ini adalah ….
A. planning
B. actuating
C. controling
D. reflekting
E. observing
Kunci Jawaban A
29. Seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan perangkat pembelajaran. Setelah menyusun indikator pembelajaran untuk KD tertentu. Selanjutnya menyusun tujuan pembelajaran. Hal ini termuat di dalam ….
A. Silabus
B. RPP
C. Program Tahunan
D. Standar Kompetensi lulusan
E. Program Semester
Kunci Jawaban B
30. Perhatikan langkah langkah di bawah ini!
1) Indikator di turunan dari kompetensi dasar
2) Menggunakan kata kerja operasional
3) Menggunakan kalimat bahasa yang jelas, dan dapat dipahami serta tak bermakna ganda
4) Mampu mengembangkan lebih dari tingkatan C4 atau analisis
5) Masing masing indikator harus mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotorik
Berikut yang bukan langkah-langkah dalam menyusun indikator pencapaian kompetensi adalah ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 1 dan 5
Kunci Jawaban D
31. Perhatikan tabel berikut!
Tabel di atas nerupakan nilai Doni. Nilai sikap Doni B. Jika kriteria ketuntasan belajar minimal 70. Kesimpulan yang diperoleh adalah ….
A. Doni tidak naik kelas karena nilai dibawah kriteria ketuntasan belajar lebih dari 3, meskipun sikap doni baik
B. Doni tidak naik kelas karena ada nilai pada mata pelajaran kelompok A yang di bawah kriteria ketuntasan belajar meskipun sikap doni baik
C. Doni tetap naik kelas karena rata rata semua nilai mata pelajaran di atas kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan, dan juga doni memiliki sikap baik
D. Doni tetap naik kelas karena nilai rata rata masing masing mata pelajaran pada semester 1 dan semester 2 baik pengetahuan dan keterampilan tidak lebih dari 3 mata pelajaran yang di bawah kriteria ketuntasan belajar dan sikap doni baik
E. Doni tetap naik kelas karena kurikulum 2013 memungkinkan guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran.
Kunci Jawaban D
32. Kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah didapatkan. Seandainya Anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang Anda nilai sebagai yang paling penting?
A. pengembangan wawasan melalui belajar
B. pengembangan jejaring sosial yang bermanfaat kelak bagi pekerjaan
C. peningkatan kecakapan dalam melaksanakan tugas di tempat kerja
D. peningkatan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan sebagai hasi studi lanjut
E. pengembangan diri sebagai guru yang dapat bermanfaat untuk diri dan orang lain
Kunci Jawaban D
33. Pada sekolah tempat Anda bekerja Anda sering berinteraksi dengan rekan guru lainnya. Suatu ketika salah satu rekan guru Anda menjadi topik perbincangan antara guru-guru Lain di sekolah tersebut karena guru tersebut tidak memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Menyikapi hal tersebut, apa yang akan anda lakukan pada rekan Anda?
A. Mendiamkan hal tersebut, karena urusan masing-masing.
B. Menyampaikan pada waka kesiswaaan dan kurikulum agartidak terjadi kesalahpahaman.
C. Menyampaikan secara langsung tanpa basa-basi.
D. Menyampaikan secara baik dengan guru-guru lainnya.
E. Membicarakan permasalahan ini secara baik – baik saat saya dan rekan guru tersebut ngobrol dan sharing santai
Kunci Jawaban E
34. Siswa peserta olimpiade sains nasional (OSN) dari sekolah Anda gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN, apa yang Anda lakukan?
A. Saya merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan latihan lebih intensif bagi peserta didik untuk mengikuti OSN pada waktu berikutnya.
B. Saya meminta para peserta OSN membentuk kelompok belajar materi OSN agar penguasaannya meningkat.
C. Saya meminta alumni OSN untuk mengajari para peserta tentang cara menjawab soal OSN.
D. Saya mendorong para peserta OSN mengikuti tambahan pengayaan materi olimpiade dan guru kelas.
E. Saya mengarahkan orang tua peserta OSN untuk lebih memotivasi anak mereka agar lebih giat belajar dalam persiapan OS.
Kunci Jawaban A
35. Tetangga Anda memiliki anak yang menyandang penyakit genetik (kakinya cacat sebelah) sehingga jalannya agak pincang. Ketika menginjak usia SMP anak itu mulai tidak percaya diri karena tidak kuat dibully temannya. Tragisnya anak tersebut tidak naik kelas, sehingga mogok tidak mau melanjutkan sekolah. Meskipun Anda bukan guru dari anak tersebut, apa yang Anda lakukan?
A. Menasehati orangtuanya untuk membujuk anaknya supaya mau sekolah lagi.
B. Menasehati orangtuanya untuk mendaftarkan anaknya ke homescholing.
C. . Menyarankan melakukan konsultasi pada anak tersebut agar lebih percaya diri dan mau sekolah lagi untuk masa depannya.
D. Mendatangi sekolah anak tersebut agar gurunya mengajak anak tersebut sekolah lagi
E. Menyarankan kepala sekolah anak tersebut agar menghentikan budaya bully.
Kunci Jawaban C
36. Seringkali dalam bekerja tim, kelompok memilih pandangan yang bertentangan dengan pendapat Anda. Pernyataan yang paling menggambarkan reaksi Anda adalah ….
A. keluar dari kelompok karena saya tidak bisa menerima keputusan yang bertentangan dengan keyakinan
B. Tetap bergabung dengan kelompok namun diam – diam mengaharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang diputuskan
C. Tetap bergabung dengan kelompok, namun mengikutisemua kegiatan dengan sepenuh hati
D. Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun tetap bersikap kritis terhadap keputusan yang telah diambil
E. Menerima sepenuhnya keputusan kelompok, dan melakukan introspeksi bila ada pandangan pribadi yang keliru
Kunci Jawaban E
37. Saat terjadi tindakan asusila di sekolah antara guru dan siswa, apa yang perlu Anda lakukan?
A. Membahas bersama pihak internal sekolah dan seger menemukan solusinya.
B. Mendiskusikan peristiwa tersebut dengan melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan
C. Memanggil guru dan siswa yang bertindak asusila disertai pemberian nasihat.
D. Memberitahukan kejadian tersebut kepada pihak -pihak yang berkepentingan agar mendapat bantuan.
E. Membiarkan peristiwa tersebut menghilang secara alamiah agar tidak memalukan sekolah
Kunci Jawaban A
38. Di dalam diskusi kelompok, saya biasanya dikena sebagai individu yang ….
A. sulit menerima pendapat orang itu yang kurang logis
B. mengikuti semua pendapat orang lain agar tidak terjadi konflik
C. membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan saya sebelum menerima pendapat orang lain
D. dapat menerima pendapat orang lain asalkan tidak terlalu bertentangan dengan pendapat saya
E. mampu memahami perbedaan dalam berpendapat
Kunci Jawaban E
39. Pada acara tiraktan untuk memperingati hari kemerdekaan RI, Anda menjadi narasumber di sebuah forum tirakatan warga. Jika Anda diberi kebebasan untuk memilih tema yang diuraikan pada acara tersebut, maka Anda akan memilih tema apa?
A. “Menengok sejarah perjuangan oahlawan kemerdekaan” dengan alasan untuk memberikan pencerahan kepada warga agar menghargai para pahlawan kemerdekaan
B. “Tegakkan hukum menuju Indonesia jaya” dengan alasan persoalan bangsa Indonesia (terutama budaya korupsi) lebih banyak disebabkan karena lemahnya penegakkan hukum
C. “Kesadaran hukum dalam mangisi kemerdekaan” dengan alasan agar warga memiliki kesadaran untuk menegakkan hukum dalalm mengisi kemerdekaan
D. “Peran orang tua dalam menataati hukum” dengan alasan taat hukum adalah bagian dari mengisi kemerdekaan dan harus dimulai dari keluarga.
E. “Warga taat hukum masyarakat damai” dengan alasan agar warga selalu taat hukum sehingga kedamaian masyarakat tetap terjaga
Kunci Jawaban C
40. Terdapat lima kriteria penialian teman sejawat yaitu kejujuaran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan penampilan. Agar penilaian kepada teman sejawat yang Anda lakukan objektif maka yang dilakukan adalah ….
A. setiap aspek dinillai dulu untuk semua teman, misalnya aspek kejujuran dinilai dulu untuk semua teman baru aspek kedisiplinan dan seterusnya
B. merangking aspek kejujuran dari rangking pertama sampai terakhit untuk semua teman kemudian dilanjutkan merangking aspek kehidupan dan seterusnya
C. menilai satu persatu teman sejawat dengan lima kriteria (kejujuran, kedisiplinan. Integritas, tanggung jawab, penampilan) sekaligus
D. mendiskusikan dengan teman laini agar hasil penilaian tidak terdensius dan dapat dipertanggungjawabkan
E. perlu mempetimbangkan senioritasmeskipun lima kriteria penilaian teman sejawat tetap perlu menjadi acuan
Kunci Jawaban C
@Salam Website Nasty
0 Response to "Prediksi Soal Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru Tahun 2023"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan