20 Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru Tahun 2023
20 Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru Tahun 2023
Seleksi Kompetensi Teknis merupakan salah satu seleksi yang harus diikuti oleh peserta Calon PPPK Guru Tahun 2023. Materi seleksi kompetensi PPPK memuat kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural.
Materi seleksi Kompetensi Teknis disusun oleh instansi pembina Jabatan Fungsional yang selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN. Sedangkan materi seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural disusun oleh tim penyusun naskah soal seleksi di bawah koordinasi Panselnas.
Materi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.
Di dalam membantu memahami bentuk soal seleksi kompetensi teknis, berikut ini dibagikan 20 contoh soal Kompetensi Teknis PPPK Guru Tahun 2023.
20 contoh soal Kompetensi Teknis PPPK Guru ini dapat menjadi referensi belajar peserta seleksi pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional Guru tahun anggaran 2023.
Contoh soal Kompetensi Teknis PPPK Guru ini juga sudah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memudahkan dalam memahaminya.
SOAL PPPK "LENGKAP KUMPULAN SOAL PPPK TAHUN 2023"
Soal nomor 1
Pelaksanaan pengayaan dapat dilakukan melalui beberapa metode antara lain dalam bentuk belajar mandiri dan belajar kelompok. Salah satu bentuk belajar mandiri yang merupakan kolaborasi dari program remedial dan pengayaan adalah .…
a. tugas projek dan pemadatan kurikulum
b. tugas projek dan penelitian ilmiah
c. tugas sebaya dan penelitian ilmiah
d. tugas sebaya dan pemadatan kurikulum
e. tutor sebaya dan pengembangan latihan
Jawaban : A
Soal nomor 2
Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok disebut penilaian….
a. projek
b. portofolio
c. jurnal
d. kinerja
e. diri
Jawaban : A
Soal nomor 3
Suatu acuan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga dapat membantu proses belajar peserta didik secara optimal adalah ….
a. deskripsi mata pelajaran
b. pengalaman belajar
c. silabus mata pelajaran
d. struktur pembelajaran
e. Kompetensi Dasar
Jawaban : C
BACA JUGA:
- Perubahan Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 202
- Persyaratan Pendaftaran CASN PPPK Tahun 2023
- Tata Cara Pendaftaran CASN PPPK dan PNS Tahun 2023
- PPPK Jadi Prioritas Kebutuhan Seleksi CASN 2023
- Mekanisme Seleksi ASN PPPK JF Guru Tahun 2023
- Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi PPPK Jabatan Fungsional JF 2023
Soal nomor 4
Perhatikan langkah-langkah berikut!
- Membuat soal
- Menyusun kisi-kisi
- Analisis silabus
- Membuat kunci jawaban
- Menyusun pedoman penskoran
- Menyusun lembar jawaban
Urutan langkah-langkah menyusun soal tes yang benar adalah ….
a. 3, 2, 1, 6, 5, dan 4
b. 3, 2, 1, 6, 4, dan 5
c. 3, 2, 1, 5, 6, dan 4
d. 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
e. 6, 5, 4, 3, 2, dan 1
Jawaban : B
Soal nomor 5
Prosedur yang digunakan dalam penilaian menggunakan tes adalah ….
a. menentukan tujuan penilaian, apakah untuk penilaian harian, tengah semester, akhir semester atau penilaian akhir dalam satuan pendidikan
b. menentukan aspek keterampilan atau nilai-nilai yang diintegrasikan
c. menyusun rubrik pengamatan
d. merumuskan indikator pencapaian aspek keterampilan
e. menetapkan skor tiap-tiap tingkatan
Jawaban : A
Soal nomor 6
Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut siswa diberikan kesempatan mengolah data dan informasi yang telah diperoleh melalui berbagai aktifitas. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem, maka hasil pengolahan data yang akan disajikan oleh siswa adalah .…
a. tabel hubungan kelompok tumbuhan dan hewan
b. tabel kelompok makhluk hidup sesuai dengan perannya di dalam ekosistem
c. skema rantai makanan dan jaring makanan dalam suatu ekosistem
d. gambar hubungan timbal balik antar makhluk hidup dalam ekosistem
Jawaban : C
Soal nomor 7
Bapak Roni adalah guru Mata pelajaran X. Hari itu ia mengajar bahasa Indonesia dengan fokus “Membaca”. Setelah melaksanakan kegiatan awal dengan baik, Pak Roni masuk ke inti pelajaran. Pak Roni mengingatkan agar siswa memperhatikan contoh cara membaca teks “ Bergotong royong” dengan suara jelas selama dua menit. Siswa menyimak dengan seksama, tidak ada satu pun yang rebut. Setelah selesai Pak Roni menyuruh siswa satu persatu ke depan kelas untuk membaca.
Jenis membaca yang diajarkan Pak Roni adalah membaca ….
a. pemahaman
b. dalam hati
c. nyaring
d. permulaan
Jawaban : C
Soal nomor 8
Di dalam melaksanakan penilaian terhadap peserta didik dalam keterampilan proses IPA, nilainya bisa didapatkan dengan cara .…
a. memperlihatkan gambar-gambar hewan yang ada di Indonesia
b. menjelaskan materi IPA yang akan dipraktekan
c. menunjukkan habitat laut dan habitat darat
d. menugasi peserta didik melakukan praktikum IPA
Jawaban : D
Soal nomor 9
Pembelajaran kontektual dalam IPA pada siswa kelas I SD, khususnya pemodelan harus mengakomodasi karakteristik perkembangan peserta didik.
Pemodelan yang sesuai untuk kegiatan mengidentifikasi bagian-bagian anggota tubuh adalah .…
a. mengamati gambar tubuh manusia
b. memperagakan tubuh diri sendiri
c. memasangkan kartu kata dengan anggota tubuh
d. tanya jawab nama bagian-bagian anggota tubuh
Jawaban : B
Soal nomor 10
Budi seorang anak berusia 7 tahun dan sedang belajar bahasa Indonesia. Ketika guru mengajarkan membaca permulaan, Budi mengikuti dan berusaha menguasai huruf-huruf yang dibacanya. Kegiatan yang dilakukan oleh Budi adalah …
a. mendengar
b. melihat
c. imitasi
d. menghafal
Jawaban : C
Soal nomor 11
Pelaksanaan pendidikan nilai selain dapat melalui taksonomi Bloom dkk, dapat juga menggunakan jenjang afektif berupa ….
a. penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), individualissai nilai (characterization).
b. penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (transfering), karaterisasi nilai (characterization).
c. penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).
d. penerimaan nilai (receiving), penerapan nilai (emphaty), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).
Jawaban : C
Soal nomor 12
Cerita atau kasus dapat dijadikan contoh dalam pembelajaran PKn. Media yang efektif dalam menyajikan cerita atau kasus adalah media….
a. audio
b. visual
c. gambar
d. audiovisual
Jawaban : D
Soal nomor 13
Hasil penilaian dan evaluasi terhadap proses belajar mengajar dapat dimanfaatkan sebagai ….
a. bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya
b. penentuan ranking kelas
c. bahan mengisi rapor siswa
d. penentuan ranking sekolah
Jawaban : A
Soal nomor 11
Di dalam memfasilitasi siswa menemukan pengetahuan tentang makanan sehat secara konkrit dan bermakna. Media yang apat digunakan untuk membantu belajar sesuai tahap perkembangan siswa adalah ….
a. power poin
b. gambar makanan sehat
c. kartu makanan
d. berbagai makanan sehat
Jawaban : D
Soal nomor 15
Ali ketika diadakan ulangan akhir semestersecara diam-diam dia menyontek. Guru mengalami kesulitan mengatasi hal ini. Tindakan yang tepat dilakukan guru, kecuali ….
a. membiasakan siswa berperilaku jujur
b. guru menjelaskan pada siswa untuk bekerja sendiri
c. mencontek merupakan perbuatan tidak baik dan harus dihindari
d. memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia menyontek
Jawaban : D
Soal nomor 16
Jika rumusan indicator “terampil mengkomunikasikan hasil kerja dalam bentuk laporan kegiatan,” maka aspek-aspek penilaian untuk menilai indicator tersebut adalah ….
a. sistematika laporan, isi laporan , dan data objektif
b. sistematis, komunikatif lancar, intonasi, dan ekspresif
c. sistematika laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi
d. sistematika, isi laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi serta onyektif
Jawaban : C
Soal nomor 17
Di dalam membelajarkan kompetensi dasar “mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal atau prasarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
a. membuat karangan diskriptif
b. membaca kalimat sederhana
c. melengkapi kalimat belum selesai
d. menyusun kalimat sederhana
Jawaban : D
Soal nomor 18
Berdasarkan pendekatan saintifik, siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan volume tabung dengan volume kerucut dengan cara …
a. memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali.
b. memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali
c. memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
d. memilih alat peraga tabungdan kerucut, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali
Jawaban : A
Soal nomor 19
Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut adalah identifikasi masalah. Pada tahap tersebut, siswa diberikan kesempatan mengidentifikasikan sebanyak-banyaknya masalah yang relevan dengan bahan pelajaran. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan danjaring-jaring makanan, maka kegiatan identifikasi masalah yang paling benar adalah …..
a. siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah
b. siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis
c. siswa berdiskusi tentang jawaban masalah
d. siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan
Jawaban : A
Soal nomor 20
Pak Kama mengadakan ulangan dengan KD menentukan hasil operasi bilangan bulat. Dari 32 siswa ternyata 22 siswa yang tidak tuntas KKM. Apa yang sebaiknya dilakukan pak Karna .…
a. mengadakan pengayaan kepada 10 siswa
b. mengadakan remedial untuk 22 siswa di bawah KKM
c. melakukan pembelajaran ulang dengan media dan metode pembelajaran berbeda
d. melakukan pengayaan untuk seluruh siswa
e. memberikan tugas mandiri kepada 22 siswa yang tidak tuntas
Jawaban : C
@Salam Website Nasty
0 Response to "20 Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru Tahun 2023"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan