INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023

Susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023

Berikut ini adalah susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023.

Susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023 tercantum di dalam Buku Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023.

Acara pokok peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 dilaksanakan dalam bentuk Upacara Bendera. Sifat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-95 Tahun 2024 adalah khidmat dan sederhana.

Upacara Bendera Peringatan HSP ke-95 Tahun 2023 dilaksanakan pada Sabtu, 28 Oktober 2023 mulai pukul 08.00 (waktu setempat) sampai selesai.

Peserta upacara bendera peringatan HSP tahun 2023 adalah Pelajar, Mahasiswa, Pemuda, Pramuka, PMR, Unsur SKPD, Organisasi Kepemudaan dan Kemasyarakatan, Pemerintah Kabupaten, Kota dan Provinsi, Kementerian dan Lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 untuk tingkat nasional/pusat dapat dilakukan oleh masing-masing instansi pemerintah/swasta tingkat nasional, termasuk daerah yang telah disepakati ditunjuk untuk peringatan acara puncak HSP.

Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan dilaksanakan oleh pemerintah daerah/organisasi/lembaga swasta setempat. Di luar negeri dilaksanakan oleh masing- masing Kantor Perwakilan RI setempat.

Pembina upacara tingkat nasional dilakukan masing-masing pimpinan instansi pemerintah/swasta tingkat nasional, termasuk daerah yang telah disepakati ditunjuk untuk peringatan acara puncak HSP dapat dipimpin oleh Menpora.

TingkatProvinsi/kabupaten/Kota/Kecamatan, dipimpin oleh Gubernur/Bupati/Walikota/Camat setempat. Untuk organisasi/lembaga/swasta/lembaga pendidikan/ lembaga non-pemerintah lainnya, pembina upacara dipimpin oleh pimpinan masing-masing. Di luar negeri dipimpin oleh Duta Besar/ Kepala Perwakilan RI setempat.


Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “BERSAMA MAJUKAN INDONESIA“.

Tema ini mengandung makna sebagai berikut.

1. Membangun Semangat Kolaborasi dari semua elemen Bangsa dalam Memajukan Indonesia.

2. Memantapkan kerja bersana dalam satu orkestrasi gerak langkah melalui rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 sehingga tercipta Pemuda Maju.

3. Meraih Peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) melalui kerjasama lintas kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah.



Susunan Upacara Bendera Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023

Berikut ini adalah susunan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-95 Tahun 2023 seperti yang tercantum dalam Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023.

1. Pemimpin Upacara memasuki lapangan Upacara, pasukan diambil alih oleh Pemimpin Upacara.

2. Pembina Upacara tiba ditempat Upacara, barisan disiapkan.

3. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara.

4. Laporan Pemimpin Upacara kepada Pembina Upacara bahwa Upacara siap dimulai.

5. Pengibaran Bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan ”INDONESIA RAYA”.

6. Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara.

7. Pembacaan teks Pancasila oleh Pembina Upacara, diikuti oleh seluruh peserta Upacara.

8. Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945.

9. Pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928.

10. Menyanyikan lagu “SATU NUSA SATU BANGSA”.

11. Penyerahan penghargaan diiringi lagu “BAGIMU NEGERI” (apabila ada).

12. Amanat Pembina Upacara.

13. Menyanyikan lagu “BANGUN PEMUDI PEMUDA”.

14. Pembacaan Do‟a.

15. Laporan Pemimpin Upacara.

16. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara.

17. Pembina Upacara berkenan meninggalkan tempat Upacara.

18. Upacara selesai.


Kelengkapan Upacara

1. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

2. Teks Pancasila

3. Teks Pembukaan UUD Tahun 1945

Undang-undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945

Pembukaan

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


4. Teks Keputusan Kongres Pemuda 1928

PEMBACAAN TEKS KEPUTUSAN KONGRES
PEMUDA INDONESIA 1928

POETOESAN CONGRES PEMOEDA-PEMOEDA INDONESIA Kerapatan Pemoeda-Pemoeda Indonesia jang diadakan oleh perkoempoelan-perkoempoelan pemoeda Indonesia jang berdasarkan kebangsaan, dengan namanja: Jong Java, Jong Sumatranen Bond (Pemoeda Soematera), Pemoeda Indonesia, Sekar Roekoen Pasoendan, Jong Islamieten Bond, Jong Bataks, Jong Celebes, Pemoeda Kaoem Betawi dan Perhimpoenan Peladjar- Peladjar Indonesia; membuka rapat pada tanggal 27 dan 28 October tahoen 1928 dinegeri Djakarta; sesoedahnja mendengar pidato-pidato dan pembitjaraan jang diadakan dalam kerapatan tadi; sesoedahnja menimbang segala isi pidato-pidato dan pembitjaraan ini; kerapatan laloe mengambil poetoesan:

PERTAMA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA
MENGAKOE BERTOEMPAH-DARAH JANG SATOE, TANAH AIR
INDONESIA.

KEDOEA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA
MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.

KETIGA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA
MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATUAN, BAHASA
INDONESIA.

Setelah mendengar poetoesan ini, kerapatan mengeloearkan kejakinan azas ini wadjib dipakai oleh segala perkoempoelan-perkoempoelan kebangsaan Indonesia; mengeloearkan kejakinan persatoean Indonesia diperkoeat dengan memperhatikan dasar persatoeannja: kemaoean sejarah bahasa hoekoem-adat pendidikan dan kepandoean; dan mengeloearkan pengharapan soepaja poetoesan ini disiarkan dalam segala soerat kabar dan dibatjakan dimoeka rapat perkoempoelan-perkoempoelan kita.

5. Lagu Satu Nusa Satu Bangsa

6. Lagu Bagimu Negeri

7. Lagu Bangun Pemuda Pemudi

 


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Susunan Upacara Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 Tahun 2023"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan