INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024

 Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024

Ujian Sekolah atau Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) Tahun Pelajaran 2023/2023 sebentar lagi akan dilaksanakan. Terkait dengan hal tersebut, maka berikut ini dibagikan aplikasi cetak kartu peserta Ujian Sekolah tahun pelajaran 2023/2024 dalam format Excel.

Aplikasi cetak kartu peserta Ujian Sekolah ini untuk membantu guru dalam membuat Kartu Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kartu Ujian Sekolah menjadi salah satu kelengkapan atribut yang harus dimiliki oleh peserta ujian dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 202/2022. Panitia Ujian Sekolah perlu menyiapkan Kartu Ujian Sekolah dengan cara mencetaknya sesuai jumlah peserta ujian.

Di dalam Kartu Ujian Sekolah memuat minimal Nomor Peserta Ujian, Nama Peserta Ujian, Tempat Tanggal Lahir, dan Ruang Ujian.

Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah ini diharapkan dapat membantu meringankan pekerjaan Panitia UJian Sekolah, khususnya dalam menyiakan Kartu Peserta Ujian.

Aplikasi ini dalam format Excel, sehingga sederhana, mudah difungsikan, dan efektif. Guru hanya tinggal menginput master data, maka secara otomatis, Kartu Peserta Ujian Sekolah siap untuk dicetak.


Pengertian dan Fungsi Ujian Sekolah

Ujian Sekolah merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Ujian sekolah menjadi salah satu penilaian sumatif pada satuan pendidikan.

Penilaian (asesmen) sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran untuk satu tujuan pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan

Asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang. Oleh karena itu Ujian Sekolah merupakan salah satu bentuk asesmen sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar kelulusan.

Penilaian Sumatif dapat dilakukan dalam bentuk tes tulis, tugas unjuk perfoma (berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan proyek), portofolio (kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu), atau kombinasi. Teknis pelaksanaan penilaian sumatif diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah sesuai dengan kondisi sekolah maupun peserta didik.

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan mengikuti penilaian sumatif yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (salah satunya Ujian Sekolah).

Prinsip Penyusunan Soal Ujian Sekolah

Berikut ini beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menyusun Ujian Sekolah sebagai bagian dari asesmen pembelajaran.

1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.

2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.

3. Perancangan asesmen secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar serta menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran selanjutnya.

4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif dan memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.

5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.


Fungsi dan Tujuan Ujian Sekolah

Penyelenggaraan Ujian Sekolah sebagai asesmen hasil belajar bertujuan sebagai berikut.

1. Untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi.

2. Untuk menetapkan ketercapaian penguasaan kompetensi.

3. Untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi.

4. Untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Sedangkan fungsi Ujian Sekolah sebagai bentuk asesmen hasil belajar adalah sebagai berikut.

1. Digunakan untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

2. Penguatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Kelompok Kerja Guru (KKG)/Forum Tutor dalam pengembangan dan perakitan naskah soal.

3. Sebagai dasar pemetaan, pembinaan, dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan.

4. Untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

5. Untuk memenuhi fungsi sumatif dalam penilaian.


Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah

Terkait dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Tahun Ajaran 2023/2o24, maka satuan pendjdikan perlu mempersiapkan seluruh administrasinya, termasuk salah satunya adalah Kartu Ujian Sekolah.

Aplikasi kartu ujian sekolah yang dibagikan ini berformat Excel, sehingga mudah untuk digunakan. Berikut ini penjelasan singkat mengenai langkah-langkah menggunakan aplikasi Kartu Peserta Ujian Sekolah.

1. Silakan buka sheet Master Data pada aplikasi Kartu Peserta Ujian Sekolah, kemudian edit data sekolah Anda, data stempel, copy scan tanda tangan kepala sekolah, cap tiga jari, serta logo sekolah.

2. Buka sheet Peserta, selanjutnya masukkan data peserta ujian untuk dicetak. Pastikan nama peserta ujian, nomor ujian, NISN, tempat dan tanggal lahir diinput dengan benar (bisa merujuk pada data Dapodik).

3. Buka sheet Foto, untuk mengganti foto peserta ujian. Foto berwarna disiapkan dalam format JPG atau PNG dengan ukuran 3 x 4. Cara mengganti adalah dengan klik kanan pada foto di aplikasi, selanjutnya pilih Change Picture, cari file foto yang akan digantikan.

4. Buka sheet Kartu dan kartu ujian siap dicetak. Cara mencetaknya disesuaikan dengan nomor urut peserta ujian pada tombol yang tersedia, kemudian lakukan perintah pencetakan.

Aplikasi Kartu Peserta Ujian Sekolah selengkapnya dapat diunduh pada link berikut ini.

Aplikasi Kartu Ujian Sekolah – Unduh

Baca :

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih


@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2023/2024"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan