INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Aplikasi Kisi-kisi dan Kartu Soal Asesmen Madrasah Tahun 2024

 Aplikasi Kisi-kisi dan Kartu Soal Asesmen Madrasah Tahun 2024

Berikut ini dibagikan aplikasi kisi-kisi dan kartu soal Asesmen Madrasah Tahun 2024. Aplikasi ini sangat membantu guru madrasah dalam menyusun kisi-kisi dan kartu soal Asesmen Madrasah Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2023/2024.

Aplikasi Kisi-kisi dan Kartu Soal Ujian Madrasah ini juga akan memudahkan guru dalam membuat instrumen Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2023/2024.

Guru hanya cukup menginputkan data pokok yang dibutuhkan dalam pembuatan instrumen, dan aplikasi akan secara otomatis melakukan pengolahan.

Asesmen Madrasah adalah penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan madrasah yang bertujuan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. Asesmen Madrasah merupakan ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah, yang berupa pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

Asesmen Madrasah Tahun 2024 diselenggarakan dalam rangka menjamin kualitas dan pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan madrasah, di akhir jenjang pendidikan tahun pelajaran 2023/2024.

Asesmen Madrasah (AM) diselenggarakan oleh madrasah yang sudah memiliki Ijin Operasional dan Nomor Statistik Madrasah (NSM) serta terdaftar pada Pangkalan Data EMIS Kementerian Agama.

Asesmen Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal.


Tujuan dan Fungsi Asesmen Madrasah

Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang pendidikan sesuai standar kompetensi lulusan (SKL) yang telah ditetapkan.

Sedangkan fungsi Asesmen Madrasah adalah sebagai berikut.

1. Mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

b. Umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah.

c. Salah satu syarat penentuan kelulusan

Persyaratan Peserta Asesmen Madrasah

Peserta Ujian Madrasah merupakan peserta didik pada akhir jenjang pendidikan jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.

Persyaratan peserta Asesmen Madrasah Tahun 2024 adalah sebagai berikut.


Persyaratan Peserta Asesmen Madrasah Tahun 2024

1. Jenjang MI

a. Peserta didik terdaftar di kelas terakhir pada MI.

b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV (empat) semester 1 (satu) sampai dengan kelas VI (enam) semester 1 (satu).

2. Jenjang MTs

a. Peserta didik terdaftar di kelas terakhir pada MTs.

b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada MTs mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir.

c. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) untuk MTs penyelenggara sistem kredit semester (SKS).

3. Jenjang MA/MAK

a. Peserta didik terdaftar di kelas terakhir pada MA/MAK.

b. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada MA/MAK mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir .

c. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai semester 1 (satu) sampai semester 5 (lima) untuk MA penyelenggara sistem kredit semester (SKS)


Bentuk Soal Asesmen Madrasah

Di dalam POS Asesmen Madrasah Tahun 2024 dinyatakan bahwa bentuk Asesmen Madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK adalah sebagai berikut.

1. Tes tertulis.

Bentuk soal asesmen tertulis terdiri dari Pilihan ganda, Pilihan ganda kompleks, Benar Salah, Setuju tidak setuju, Menjodohkan, lsian, dan Uraian. Guru dapat memilih minimal tiga bentuk soal tertulis tersebut.

2. Praktik.

3. Portofolio.

4. Penugasan, dan/ atau .

5. Bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah.

Madrasah dapat memilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk asesmen sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur.

Materi Asesmen Madrasah

Berdasarkan POS Asesmen Madrasah Tahun 2024, disampaikan bahwa materi Asesmen Madrasah Tahun 2024 adalah sebagai berikut.

1. Madrasah menyusun materi asesmen untuk mata pelajaran umum pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka mengacu pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

2. Materi asesmen untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah pelaksana Kurikulum 2013 mengacu pada KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

3. Materi asesmen untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada madrasah pelaksana Kurikulum Merdeka mengacu pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 32 11 Tahun 2022 tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Kisi-kisi Asesmen Madrasah

Kisi-kisi Asesmen Madrasah Tahun 2024 disusun berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

Kisi-kisi AM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara AM dalam bentuk Surat Keputusan Kepala Madrasah.

Kisi-kisi AM mata pelajaran Al-Qur ‘an-Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI, dan Bahasa Arab disusun oleh Kementerian Agam.a RI.

Naskah soal Asemen Madrasah Tahun 2024 disusun oleh guru mata pelajaran mengacu pada kisi-kisi AM. Naskah soal yang dikembangkan disesuaikan dengan bentuk asesmen yang dipilih. Naskah soal AM disusun oleh guru mata pelajaran pada satuan pendidikan.

Dalam hal di madrasah terdapat keterbatasan sumber daya, maka guru madrasah yang bersangkutan dapat melakukan sharing pengetahuan dengan madrasah lain pada forum KKG/MGMP.

Naskah soal dan jawaban tidak boleh mengandung unsur SARA dan menimbulkan perbedaan mazhab (khilafiyah), politik praktis, pornografi, provokasi, bertentangan dengan Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2023/2024 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.


Aplikasi Kisi-kisi dan Soal Asesmen Madrasah Tahun 2024

Aplikasi kisi-kisi dan kartu soal Asesmen Madrasah tahun 2024 ini dilengkapi dengan data madrasah, input kisi-kisi soal pilihan ganda, input kisi-kisi soal isian, input kisi-kisi soal uraian, kartu soal pilihan ganda, kartu soal isian, kartu soal uraian, pedoman penskoran, dan naskah soal.

Aplikasi Kisi-kisi dan Kartu Soal Asesmen Madrasah Tahun 2024
Aplikasi Kisi-kisi dan Kartu Soal Asesmen Madrasah Tahun 2024

Berikut adalah beberapa panduan dalam pengisian aplikasi kisi-kisi dan kartu soal Asesmen Madrasah ini.

1. Jenjang sekolah : tuliskan jenjang sekolah yang akan diujikan;

2. Jenis Sekolah : tuliskan satuan pendidikan yang akan diujikan.

3. Kelas/semester: tuliskan tingkat kelas dan semester dari soal yang akan disusun.

4. Mata pelajaran : tuliskan mata pelajaran yang akan diujikan.

5. Program studi : tuliskan program studi diperlukan.

6. Kurikulum acuan: tuliskan kurikulum yang akan diacu untuk soal-soal yang akan disusun.

7. Waktu : tentukan waktu yang diperlukan untuk soal yang akan dites.

8. Jumlah soal: tentukan jumlah soal yang akan diujikan dalam perangkat tes.

9. Nomor urut : tulis nomor urut standar kompentensi seperti tercantum dalam kurikulum.

10. Salin KD seperti tercantum dalam KD yang diujikan hal ini akan memudahkan guru dalam menggunakan kisi-kisi ini di lain waktu.

11. Pilihlah KD yang esensial untuk diujikan dapat dinyatakan dengan soal uraian.

12. Uraian materi : pilihlah uraian materi yang akan diujikan.

13. Indikator : tuliskan indikator soal yang aka diujikan.

Aplikasi kisi-kisi dan kartu soal Asesmen Madrasah Tahun 2024 selengkapnya dapat di unduh pada link berikut.

Aplikasi Kisi-kisi dan Kartu Soal Asesmen Madrasah – Unduh

 

Baca :

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Aplikasi Kisi-kisi dan Kartu Soal Asesmen Madrasah Tahun 2024"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan