Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMP PPKn Tahun 2024
Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMP PPKn Tahun 2024
Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Penilaian (asesmen) sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran untuk satu tujuan pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan
Asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang. Oleh karena itu Penilaian Sumatif Akhir Jenjang merupakan salah satu bentuk asesmen sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik sebagai dasar kelulusan
Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran dan mengikuti penilaian sumatif yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (salah satunya Penilaian Sumatif Akhir Jenjang).
Penilaian Sumatif dapat dilakukan dalam bentuk tes tulis, tugas unjuk perfoma (berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan proyek), portofolio (kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu), atau kombinasi.
Teknis pelaksanaan penilaian sumatif diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah sesuai dengan kondisi sekolah maupun peserta didik.
Prinsip Asesmen
Berikut ini beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menyusun Penilaian Sumatif Akhir Jenjang sebagai bagian dari asesmen pembelajaran.
1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya.
2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen agar efektif mencapai tujuan pembelajaran.
3. Perancangan asesmen secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar serta menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran selanjutnya.
4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif dan memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut.
5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Fungsi dan Tujuan PSAJ
Penyelenggaraan PSAJ sebagai asesmen hasil belajar bertujuan sebagai berikut.
1. Untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi.
2. Untuk menetapkan ketercapaian penguasaan kompetensi.
3. Untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi.
4. Untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Sedangkan fungsi PSAJ sebagai bentuk asesmen hasil belajar adalah sebagai berikut.
1. Digunakan untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
2. Penguatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Kelompok Kerja Guru (KKG)/Forum Tutor dalam pengembangan dan perakitan naskah soal.
3. Sebagai dasar pemetaan, pembinaan, dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan.
4. Untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
5. Untuk memenuhi fungsi sumatif dalam penilaian.
Contoh Soal PSAJ SMP Tahun 2024
Peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sejak awal untuk belajar mengerjakan soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang tahun 2024. Dengan persiapan belajar lebih awal, maka peserta didik akan mampu memperoleh hasil maksimal dalam mengerjakan soal PASJ.
Berikut ini dibagikan contoh soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) jenjang SMP Tahun Ajaran 2023/2024.
Contoh soal PSAJ Prakarya SMP Tahun Ajaran 2023/2024 ini dapat menjadi referensi belajar peserta didik, jika satuan pendidikan menyelenggarakan PSAJ dalam bentuk tes tertulis.
Berikut adalah contoh soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMP/MTs PPKn tahun ajaran 2023/2024 selengkapnya.
Soal nomor 1
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Mengutamakan musyawarah mufakat dalam membuat keputusan
(2) Memiliki sikap patriotisme dan rasa kebangsaan yang tinggi
(3) Menjunjung tinggi sikap dan fanatisme kedaerahan
(4) Mengakui dan menghargai adanya perbedaan
(5) Gigih dalam memperjuangkan ide/gagasannya
Nilai-nilai semangat para perumus UUD NRI Tahun 1945 yang perlu di teladani saat ini ditunjukkan dalam pernyataan-pernyataan nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B.(1), (2), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
Soal nomor 2
Perhatikan rumusan dasar negara yang diusulkan tokoh perumus dasar negara berikut!
(1) Kebangsaan
(2) Internasionalisme
(3) Mufakat atau Demokrasi
(4) Peri Kemanusiaan
(5) Keadilan Rakyat
Rumusan dasar negara yang dikemukakan oleh Ir . Soekarno ditunjukkan oleh ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1) , (3), dan (4)
C. (2) , (3), dan (4)
D. (3) , (4), dan (5)
Soal nomor 3
Pancasila memiliki kedudukan sebagai dasar negara Indonesia. Pernyataan tersebut mengandung pengertian bahwa .…
A. Pancasila menjadi pedoman dalam penyelenggaraan negara
B. Pancasila menjadi pegangan dan petunjuk arah bagi seluruh masyarakat Indonesia
C. Pancasila sebagai pedoman bagi bangsa Indonesia dalam memecahkan suatu persoalan
D. Pancasila sebagai dasar untuk penyelenggaraan ketatanegaraan negara yang meliputi bidang IPOLEKSOSBUDHANKAM
Soal nomor 4
Pada masa awal kemerdekaan ada upaya-upaya untuk mengganti Pancasila sebagai dasar negara dengan dasar yang lain. Upaya tersebut dilakukan melalui pemberontakan- pemberontakan, yang salah satunya bertujuan untuk mengganti Pancasila dengan paham komunis.
Pemberontakan yang dimaksud adalah ….
A. pemberontakan Partai Komunis Indonesia di Madiun yang dipimpin oleh Muso
B. pemberontakan Republik Maluku Selatan yang dipimpin oleh CRS Soumokil
C. Angkatan Perang Ratu Adil yang dipimpin oleh Raymond Westerling
D. pemberontakan Partai Komunis Indonesia yang dipimpin oleh DN Aidit
Soal nomor 5
Demi persatuan dan kesatuan bangsa, ketika terjadi perbedaan pendapat tentang rumusan sila pertama pada Piagam Jakarta dalam sidang BPUPKI, jalan yang ditempuh para perumus dasar negara Indonesia pada saat itu adalah ….
A. memutuskan untuk mengganti rumusan sila pertama Pancasila
B. mendiskusikan maksud dan tujuan sila pertama Pancasila
C. memusyawarahkan makna keseluruhan sila pertama Pancasila
D. menghilangkan sebagian kalimat dari sila pertama
Soal nomor 6
Nasionalisme dan patriotisme dibutuhkan bangsa Indonesia untuk menjaga kelangsungan hidup dan kejayaan bangsa dan negara.
Contoh sikap patriotisme yang dimiliki oleh warga negara adalah ….
A. seniman yang menghasilkan karya berciri khas Indonesia supaya laku keras di dunia internasional
B. atlet yang berjuang dengan segenap jiwa dan raga untuk membela tanah airnya
C. calon anggota DPR RI memenangkan Pemilu untuk partainya
D. lebih menyukai produk dalam negeri daripada produk asing
Soal nomor 7
Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, sehingga dalam kehidupan sehari- hari segala tingkah laku dan perbuatan kita harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila.
Perilaku yang mencerminkan penerapan sila kedua Pancasila dalam kehidupan masyarakat adalah….
A. membina kerukunan hidup antar sesama umat seagama
B. mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
C. sanggup rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
D. tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada orang lain
Soal nomor 8
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) Membangun sistem pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman
(2) Mengembangkan lembaga Negara sesuai dengan kemajuan dan kebutuhan masyarakat dan negara
(3) Memberlakukan peraturan perundang-undangan yang tidak bertentangan dengan nilai- nilai Pancasila
(4) Menghargai hak asasi manusia sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
Contoh perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai idiologi terbuka dalam bidang politik, adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
Soal nomor 9
Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Penerapan Pancasila terkait dengan hal tersebut berfungsi sebagai ….
A. dasar negara
B. ideologi terbuka
C. kepribadian bangsa
D. pandangan hidup bangsa
Soal nomor 10
Dengan adanya musibah gempa di sejumlah daerah di tanah air, Andika sebagai ketua OSIS SMP “Kusumo“ mengumpulkan dana, pakaian layak pakai, dan makanan kering yang akan disumbangkan kepada masyarakat yang mengalami musibah.
Kegiatan Andika tersebut merupakan perilaku yang sesuai dengan nilai Pancasila, yaitu…
A. menghargai hak-hak orang lain
B. saling mencintai sesama manusia
C. mewujudkan keadilan masyarakat
D. gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
Soal nomor 11
Pancasila merupakan ideologi terbuka, yakni ideologi yang penerapan nilai- nilainya mampu mengikuti perkembangan zaman, bersifat dinamis, dan aktual, sehingga mampu mewarnai proses perkembangan masyarakatnya. Oleh sebab itu, para peserta didik sebagai generasi penerus perjuangan bangsa harus memiliki semangat dan tekat yag kuat umtuk terus menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh penerapan nilai-nilai Pancasila yang sesuai dengan dinamika perkembangan zaman, yaitu. ….
A. pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer
B. Siska membawakan tarian jawa klasik dengan gemulai
C. warga desa Kolor mendirikan koperasi simpan pinjam
D. kepala desa mengajak warganya bekerja bakti membersihkan lingkungan
Soal nomor 12
Anggota PPKI, akhirnya menyepakati rumusan sila pertama dengan menghilangkan tujuh kata, sehingga berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa. Kesepakatan ini dilatarbelakangi demi mewujudkan persatuan dan kesatuan.
Komitmen berbangsa dan bernegara yang nampak dalam peristiwa tersebut dan harus dilaksanakan oleh generasi muda terhadap Pancasila adalah ….
A. mempelajari dan menghafalkan urutan bunyi sila-sila Pancasila yang benar
B. membandingkan antara Pancasila dalam pembukaan dengan piagam jakarta
C. mengamalkan nilai-nilai Pancasila agar terwujud persatuan dan kesatuan
D. menghargai tokoh perumus yang telah menghasilkan ideologi yang disegani
Soal nomor 13
Pancasila berkedudukan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa setiap warga Indonesia harus mengimplementasikan nilai Pancasila melalui tingkah laku dan tutur kata dalam kehidupan sehari-hari.
Sesuai pernyataan tersebut, dapat disimpulkan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa adalah ….
A. dasar pembentukan norma-norma hukum di Indonesia.
B. kerangka acuan untuk membentuk karakter pribadi pancasilais
C. arahan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan nasional
D. pedoman DPR dalam membuat peraturan perundang-undangan
Soal nomor 14
Melaksanakan dan mempertahankan Pancasila merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan rakyat Indonesia. Karena melaksanakan Pancasila berarti mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jika ada yang ingin mengganti Pancasila berarti …..
A. runtuhlah bangunan Negara Indonesia
B. tanggung jawab kita untuk mempertahankannya
C. perjuangan para pahlawan menjadi tidak berarti
D. mudah bagi bangsa asing untuk kembali menjajah Indonesia
Soal nomor 15
Pasal 1 ayat 2 UUD NRI Tahun 1945 hasil amandemen berbunyi “ kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar”. Apabila pasal tersebut tidak di amandemen kemungkinan yang akan terjadi adalah ….
A. kekuasaan tertinggi berada di tangan Presiden dan wakil Presiden
B. struktur ketatanegaraan bertumpu pada kekuasaan tertinggi (MPR)
C. rakyat menjadi bagian pelaksana kebijakan lembaga eksekutif
D. anggota-anggota MPR memiliki kekuasaan yang tidak terbatas
Soal nomor 16
Naskah UUD 1945 dipersiapkan oleh BPUPKI pada sidang kedua tanggal 10-17 Juli 1945. Pada saat itu juga membahas hal-hal teknis tentang bentuk negara dan pemerintahan baru yang akan di bentuk.
Berikut ini adalah fakta sejarah yang dilakukan BPUPKI selama masa persidangan tersebut, kecuali …..
A. membentuk Panitia Kecil perancang UUD
B. Panitia Kecil mengesahkan UUD 1945
C. membentuk panitia penghalus bahasa
D. membentuk Panitia Hukum Dasar
Soal nomor 17
Sebagai negara hukum, segala aspek kehidupan dalam bidang kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan termasuk pemerintahan harus berdasarkan atas hukum yang sesuai dengan sistem hukum nasional.
Jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia sesuai pasal 7 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan adalah ….
A. UUD NRI tahun 1945, Ketetapan MPR, UU/PP pengganti UU, PP, Perpres, Perda Propinsi, Perda Kabupaten/Kota
B. UUD NRI tahun 1945, Ketetapan MPR, UU/PP pengganti UU, PP, Perpres, Perda
C. Ketetapan MPR, UUD NRI tahun 1945, UU/PP pengganti UU, PP, Perpres, Perda Propinsi, Perda Kabupaten/Kota kekuasaan Presiden akan bersifat turun temurun
D. UUD NRI tahun 1945, Ketetapan MPR, Perpres, PP, UU/PP pengganti UU, Perda Propinsi, Perda Kabupaten/Kota
Soal nomor 18
“Negara hendak mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia“ Hal ini merupakan pokok pikiran dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang didasarkan pada kesadaran bahwa manusia mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat.
Pernyataan di atas terdapat pada …. Pembukaan UUD 1945.
A. pokok pikiran pertama
B. pokok pikiran kedua
C. pokok pikiran ketiga
D. pokok pikiran keempat
Soal nomor 19
Negara yang berdaulat adalah negara yang mempunyai kekuasaan tertinggi atas suatu pemerintahan negara. Kekuasaan itu tetap ada sepanjang negara tetap berdiri, meskipun pemerintahannya berganti. Hak ini jarena kedaulatan bersifat ….
A. asli
B. permanen
C. tunggal
D. tidak terbatas
Soal nomor 20
Keberadaan norma agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sangat penting, karena …
A. menyadarkan umat manusia untuk hidup sederhana
B. mendorong para pemeluk agama untuk hidup tenang
C. mendorong pemeluk agama untuk mengembangkan sikap toleransi
D. memberi semangat kepada para pemeluk agama agar rajin beribadah
Soal nomor 21
UUD NRI tahun 1945 mempunyai kedudukan dan fungsi sebagai hukum dasar tertinggi, oleh karena itu segala peraturan perundang-undangan di bawahnya tidak boleh bertentangan dengan UUD NRI tahun 1945. Di dalam hal ini merupakan konsekuensi dari fungsi UUD NRI 1945 sebagai ….
A. penentu hak dan kewajiban untuk mematuhi norma yang berlaku
B. alat penafsir bagi semua norma hukum yang berada dibawah UUD NRI 1945
C. pengatur tata cara secara teknis untuk menyusun norma hukum yang ada di bawahnya
D. alat kontrol terhadap norma hukum yang lebih rendah, sesuai atau bertentangan dengan ketentuan UUD NRI 1945
Soal nomor 22
Pemilihan Umum merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat dan demokrasi. Peranan rakyat dalam mewujudkan kedaulatannya tidak hanya melaksanakan pemilu, tetapi dapat dilakukan dengan cara berperan aktif memberikan masukan, usulan, dan kritikan objektif kepada pemerintah serta mengawasi jalannya roda pemerintahan.
Penyampaian suara dapat dilakukan melalui, cara-cara berikut ini, i….
A. melalui media massa
B. unjuk rasa secara bebas
C. lembaga perwakilan rakyat
D. penyampaian pendapat sesuai Undang-Undang
Soal nomor 23
Perhatikan pernyataan ketua BPUPKI dalam sidang Perumusan UUD.
“Jadi rancangan ini sudahditerima semuanya, jadi saya ulangi, Undang undang ini kita terima dengan sebulat-bulatnya. Bagaimanakah Tuan Tuan ? Untuk penyelesaiaannya saya minta dengan hormat, yang setuju yang menerima, berdiri … Dengan suara bulat diterima Undang Undang Dasar ini. Terima kasih.”
Berdasarkan ilustrasi di atas, sikap ketua sidang BPUPKI mencerminkan pengamalan sila keempat dari Pancasila. Contoh perilaku yang dapat dilakukan oleh peserta didik sesuai dengan sila tersebut adalah ….
A. rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
B. membantu penggalangan dana kemanusiaan
C. mempersiapkan ruangan untuk pemilihan OSIS
D. menjunjung tinggi hasil keputusan musyawatrah mufakat
Soal nomor 24
Andi, seorang siswa yang rajin belajar. Andi berangkat ke sekolah pagi-pagi dengan penuh semangat. Seluruh tugas sekolah selalu dikerjakan oleh Andi sehingga Ia tidak pernah ditegur oleh guru. Pada akhir semester, nilai rapor pengetahuan Andi sangat baik dan nilai rapor sikap serta keterampilan Andi pun sangat baik. Orang tua Andi merasa bangga terhadap nilai yang telah diperolehnya.
Prestasi yang diperoleh Andi, karena ….
A. merupakan siswa yang rajin belajar dan selalu taat pada peraturan sekolah
B. selalu berangkat ke sekolah pagi-pagi dengan penuh semangat
C. tidak pernah ditegur oleh guru di sekolah
D. selalu ingin membanggakan orangtuanya
Soal nomor 25
Perhatikan nilai-nilai Pancasila berikut ini!
(1) Kejujuran dalam mengambil keputusan bersama
(2) Cinta bangsa dan tanah air
(3) Perasaan senasib dan sepenanggungan
(4) Rela berkorban demi bangsa dan negara
(5) Kemakmuran yang merata bagi seluruh rakyat
Pokok pikiran pertama Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 menjabarkan sila ketiga Pancasila ditunjukkan pada nomor ….
A. (1), (2), dan(3)
B. (2), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)
Soal nomor 26
Pelaksanaan kedaulatan rakyat oleh lembaga negara sesuai undang-undang, tidak bersifat mutlak atau tanpa batas. Sebagai warga Negara yang meyakini prinsip-prinsip kedaulatan Negara Republik Indonesia, sikap kita adalah ….
A. menyerahkan urusan pemerintahan dan negara kepada presiden
B. menyerahkan masalah politik kepada yang lain karena bisa membahayakan
C. ikut serta dalam usaha menyukseskan pembangunan nasional sesuai dengan kemampuan kita
D. menyerahkan pembangunan kepada presiden dan wakil-wakil rakyat yang dipilih melalui pemilu
Soal nomor 27
Hubungan antara Pancasila, Pembukaan UUD NRI tahun 1945, dan pasal pasal UUD NRI tahun 1945, seperti di bawah ini, kecuali ….
A. ditetapkannya dasar negara Pancasila
B. negara Indonesia ialah berbentuk republik
C. kedaulatan berada di tangan rakyat
D. keberadaan UUD lebih tinggi daripada Pancasila
Soal nomor 28
“Bahwa sesunggungnya kemerdekaan ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.
Salah satu alinea dalam kalimat pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tersebut mengandung makna bahwa .…
A. segala bentuk penindasan terhadap manusia tidak dibenarkan
B. bangsa Indonesia membenci Belanda dan Jepang yang telah menjajah
C. kemerdekaan merupakan cikal bakal untuk menjadi negara yang sejahtera
D. semua bangsa mengedepankan perdamaian dalam hubungan internasional
Soal nomor 29
Di dalam melakukan amandemen terhadap UUD NRI Tahun 1945 terdapat beberapa kesepakatan dasar, diantaranya adalah tidak mengubah Pembukaan UUD NRI Tahun 1945.
Alasan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 tidak boleh diamandemen, adalah ….
A. kedudukan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 lebih tinggi daripada pasal- pasalnya
B. di dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 terkandung pokok kaidah negara fundamental
C. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 merupakan hasil pemikiran para pendiri negara
D. Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 menggambarkan suasana kebathinan perjuangan Bangsa Indonesia
Soal nomor 30
Perhatikan beberapa nilai berikut!
(1) Cinta bangsa dan tanah air
(2) Persatuan
(3) Sikap rela berkorban
(4) Aktualisasi diri
(5) Potensi
Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda adalah .…
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan(4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (1), (4), dan (5)
Soal nomor 31
Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) Perjuangan muncul kepada kaum terdidik setelah menyadari kondisi bangsanya
(2) Perjuangan rakyat untuk mengusir Belanda masih bersifat kedaerahan
(3) Perjuangan melawan penjajah Belanda dipimpin ulama dan kaum bangsawan
(4) Perjuangan rakyat untuk mengusir Belanda belum terorganisasi secara modern
Perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908, ditunjukkan nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Soal nomor 32
Apabila kerja sama antar umat beragama terwujud dengan baik, maka akan tercipta ….
A. keseragaman agama
B. perpaduan agama
C. ketahanan nasional
D. kedamaian lingkungan
Soal nomor 33
Perhatikan data di bawah ini!
(1) Daerah Kesultanan Banten
(2) Daerah Kepulauan Riau
(3) Daerah Khusus Ibukota Jakarta
(4) Nangro Aceh Darusalam
(5) Daerah Istimewa Yogyakarta
Soal nomor 34
Di dalam pasal 18A dan 18B dijelaskan bahwa negara Indonesia mengakui dan menghormati satuan daerah yang bersifat khusus, istimewa dan masyarakat hukum adat serta hak-hak tradisional.
Daerah-daerah di Indonesia yang termasuk dalam karakteristik tersebut adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3 ), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (4), (5), dan (1)
Soal nomor 35
Dr. Wahidin Soedirohusodo menggagas organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Gagasan tersebut melahirkan organisasi ”Budi Utomo”. Organisasi pertama pada zaman pergerakan nasional.
Kegiatan yang perlu diteladani dari peristiwa tersebut dan dapat diterapkan untuk membangkitkan semangat generasi muda saat ini adalah ….
A. meyakinkan kepada generasi muda bahwa mereka adalah penerus dan pejuang bangsa
B. menjaga sikap persatuan dengan meningkatkan nilai-nilai kejujuran, loyalitas dan tanggung jawab
C. berinterkasi dengan siapapun dengan menghilangkan perbedaan dan karakteristik kedaerahan
D. menyelenggarakan kegiatan terkait dengan kepemudaan di seluruh wilayah Indonesia secara rutin
Soal nomor 35
Kerjasama telah menjadi akar budaya masyarakat Indonesia. Secara turun-menurun, kerjasama telah dilakukan dalam berbagai lingkungan masyarakat Indonesia.
Contoh kerjasama yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah adalah ….
A. peserta didik bersama-sama menghadiri rapat OSIS
B. melaksanakan kegiatan Jum’at bersih di lingkungan sekolah
C. mengadakan kegiatan dharmawisata spada saat liburan sekolah
D. Andika mengerjakan tugas proyek kelompok lain
Soal nomor 36
Setiap lima tahun sekali dilaksanakan pemilihan umum, baik untuk memilih Presiden/Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD. Partisipasi warga negara terhadap persitiwa tersebut yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional dapat ditunjukkan dengan cara ….
A. menjadi juru kampanye bagi salah satu pasangan calon
B. menghadiri setiap kegiatan kampanye salah satu calon
C. mempercayakan pilihannya kepada wakil-wakil rakyat
D. menggunakan hak pilih dalam pemilu sesuai hati nurani
Soal nomor 37
Kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara walaupun berbeda suku bangsa, adat istiadat, agama, dan bahasa daerah merupakan salah satu pencerminan kepribadian luhur bangsa Indonesia.
Perwujudan kerjasama atau gotong royong bagi pribadi memiliki makna ….
A. kepuasan batin karena telah mampu berbagi untuk sesama
B. melatih keterampilan sehingga akan bermanfaat dikemudian hari
C. sebagai mahluk sosial akan selalu membutuhkan bantuan orang lain
D. bersama kita susah, bersama kita senang dan selalu berbagi dengan orang lain
Soal nomor 38
Kemajuan teknologi memiliki dampak negative diantaranya munculnya sifat egois dan Individualisme, selain itu dalam hidup bermasyarakat generasi muda kurang memahami norma dan etika.
Usulan gagasan yang tepat untuk membangkitkan semangat bela negara generasi muda terkait dengan ilustrasi tersebut adalah ….
A. menghargai dan mengenang pengorbanan pahlawan
B. memiliki sikap integritas yang tinggi terhadap asal usul
C. menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
D. menghidupkan karang taruna untuk pembinaan mental para pemuda
Soal nomor 39
Terorisme di Indonesia sering terjadi, seperti peristiwa pengeboman di Surabaya pada tahun 2018 yang masih segar dalam ingatan kita. Ironisnya aksi ini dilakukan oleh warga negara Indonesia sendiri. Fakta ini mengakibatkan banyak warga merasa cemas dan takut jika bepergian di lokasi yang ramai
Solusi agar aksi terorisme tidak terulang lagi adalah ….
A. meminta semua warga Indonesia menghafal Pancasila
B. menumbuhkan jiwa Patriotisme rakyat Indonesia melalui pelatihan militer secara khusus
C. menyarankan semua warga negara Indonesia mengakui Pancasila sebagai ideologi negara
D. meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme melalui jalur pendidikan formal maupun non formal
Soal nomor 40
Keberagaman suku bangsa, agama, ras dan antar golongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga, meskipun berbeda-beda kita tetap merupakan satu kesatuan.
Dampak positif keberagaman tersebut bagi bangsa Indonesia adalah ….
A. mempermudah masyarakatnya dalam mewujudkan cita-cita nasional
B. menjadikan bangsa yang dihargai bangsa lain karena kemajemukannya
C. sebagai salah satu unsure yang dapat menumbuhkan sikap nasionalisme
D. menunjukkan luas dan kayanya unsur-unsur yang dimiliki bangsa Indonesia
Kunci Jawaban – Unduh
REKOMENDASI KAMI Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMP Tahun 2024
@Salam Website Nasty
0 Response to "Soal Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) SMP PPKn Tahun 2024"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan