INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Contoh Soal Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024

Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.

Contoh Soal Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024

Berikut ini adalah contoh soal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah Tahun 2024.

Contoh Soal AKGTK Madrasah ini dapat menjadi gambaran dan referensi dalam mempersiapkan diri mengikuti Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tahun 2024.

Asesmen kompetensi adalah penilaian terhadap kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai acuan untuk penyusunan kebijakan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Pembinaan dan pengembangan profesi guru hanya dapat dilakukan secara efektif jika berbasis pada hasil pemetaan kebutuhan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah.

Akurasi hasil asesmen kompetensi yang telah dipetakan digunakan sebagai dasar program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Untuk membangun eksistensi dan martabat sebuah profesi diperlukan mutu atau kualitas para anggota yang tergabung dalam profesi tersebut.

Mutu atau kualitas diperoleh dari upaya pengembangan keprofesian berkelanjutan dan pengendalian mutu yang dilaksanakan secara terus menerus dan tersistem.

Upaya tersebut dilakukan melalui asesmen kompetensi untuk melakukan penilaian dan pengukuran terhadap keprofesionalitasan guru dan tenaga kependidikan madrasah.

Pengembangan keprofesian berkelanjutan merupakan upaya peningkatan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan madrasah. Untuk guru didasarkan atas hasil Penilaian Kinerja Guru (PKG), hasil Asesmen Kompetensi Guru (AKG), hasil evaluasi diri guru,  dan hasil prestasi belajar siswa.

Untuk kepala madrasah didasarkan atas hasil Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) dan hasil Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK). Sedangkan untuk pengawas madrasah didasarkan atas hasil Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) dan hasil Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP).


Tujuan Asesmen Kompetensi

1. Memperoleh data kompetensi pedagogik dan profesional guru madrasah.

2. Memperoleh data kompetensi manajerial, supervisi pada guru dan tenaga kependidikan, dan pengembangan kewirausahaan kepala madrasah.

3. Memperoleh data kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan pengawas madrasah.

4. Memperoleh data kompetensi bidang keahlian/keterampilan tenaga kependidikan lainnya.

5. Memperoleh data pemetaan kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

6. Menyiapkan data kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah dalam rangka penyusunan program PKB.

Contoh Soal Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024
Contoh Soal Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024

Manfaat Asesmen Kompetensi

Manfaat asesmen kompetensi adalah sebagai berikut.

1. Guru dan tenaga kependidikan

Sebagai bahan refleksi tentang kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru, kompetensi manajerial, supervisi pembelajaran dan kewirausahaanbagi kepala madrasah serta supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan serta penelitian dan pengembangan bagi pengawas madrasah, dan kompetensi bidang keahlian/keterampilan bagi tenaga kependidikan lainnya.

2. Madrasah

Sebagai bahan evaluasi kepala madrasah, pengawas madrasah, dan segenap pemangku kepentingan madrasah tentang kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya, sehingga dapat disusun program peningkatan kompetensi sesuai kebutuhan.

3. Kantor Kementerian Agama.

Sebagai dasar bagi Kepala Kantor Kementerian Agama untuk penyelenggaraan program pengembangan keprofesian guru, kepala madrasah, pengawas madrasah dan tenaga kependidikan lainnya di wilayahnya.

4. Kantor Wilayah

Kantor Wilayah dapat mengakses hasil asesmen kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai bahan bagi Kepala Kantor Wilayah untuk menyusun program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru, kepala, pengawas madrasah dan tenaga kependidikan lainnya di wilayahnya.

5. Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah

Sebagai bahan dalam penyusunan kebijakan dalam meningkatkan kompetensi guru, kepala, pengawas madrasah dan tenaga kependidikan lainnya.

Contoh Soal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Madrasah 2024 selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Contoh Soal AKGTK 1 – Unduh

Contoh Soal AKGTK 2 – Unduh

 REKOMENDASI KAMI :

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Contoh Soal Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan