Tujuan Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah dan Manfaatnya
Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
Tujuan Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah dan Manfaatnya
Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) adalah penilaian terhadap kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai acuan untuk penyusunan kebijakan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sendiri merupakan pengembangan kompetensi bagi guru sesuai kebutuhan dan dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan.
Peningkatan keprofesian guru dan tenaga kependidikan dapat dilakukan dengan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Kelompok Kerja Guru dan Tenaga Kependidikan.
Di dalam rangka mendukung pengembangan keprofesian berkelanjutan ini, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan pemetaan kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah melalui Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan.
Baseline pemetaan ini menjadi dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dalam menyusun program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga Kependidikan.
Pengertian AKGTK
Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah (AKGTK) adalah penilaian terhadap kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai acuan untuk penyusunan kebijakan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan.
AKGTK merupakan asesmen yang dilakukan pada guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai metode pengukuran yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan kemampuan pedagogik dan profesional GTK.
Tujuan AKGTK
Secara umum, tujuan penyelenggaraan AKGTK adalah untuk meningkatkan kualitas GTK Madrasah, sehingga akan meningkatkan kualitas pendidikan Madrasah.
Sedangkan tujuan khusus Asesmen Guru dan Tenaga Kependidikan madrasah ini adalah sebagai berikut.
1. Memperoleh data kompetensi pedagogik dan profesional guru madrasah.
2. Memperoleh data kompetensi manajerial, supervisi pada guru dan tenaga kependidikan, dan pengembangan kewirausahaan kepala madrasah.
3. Memperoleh data kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan pengawas madrasah.
4. Memperoleh data kompetensi bidang keahlian/keterampilan tenaga kependidikan lainnya.
5. Memperoleh data pemetaan kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.
6. Menyiapkan data kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah dalam rangka penyusunan program PKB.
Manfaat AKGTK
Manfaat Asesmen Kompetensi GTK Madrasah adalah sebagai berikut.
1. Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan
Sebagai bahan refleksi tentang kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru, kompetensi manajerial, supervisi pembelajaran dan kewirausahaan bagi kepala madrasah serta supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan serta penelitian dan pengembangan bagi pengawas madrasah, dan kompetensi bidang keahlian/keterampilan bagi tenaga kependidikan lainnya.
2. Bagi Madrasah
Sebagai bahan evaluasi kepala madrasah, pengawas madrasah, dan segenap pemangku kepentingan madrasah tentang kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya, sehingga dapat disusun program peningkatan kompetensi sesuai kebutuhan.
3. Bagi Kantor Kementerian Agama.
Sebagai dasar bagi Kepala Kantor Kementerian Agama untuk penyelenggaraan program pengembangan keprofesian guru, kepala madrasah, pengawas madrasah dan tenaga kependidikan lainnya di wilayahnya.
4. Bagi Kantor Wilayah
Kantor Wilayah dapat mengakses hasil asesmen kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai bahan bagi Kepala Kantor Wilayah untuk menyusun program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru, kepala, pengawas madrasah dan tenaga kependidikan lainnya di wilayahnya.
5. Bagi Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah
Sebagai bahan dalam penyusunan kebijakan dalam meningkatkan kompetensi guru, kepala, pengawas madrasah dan tenaga kependidikan lainnya.
- Juknis Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah 2024
- Ketentuan Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun 2024
- Tata Tertib Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2024
- Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah : Pengertian dan Tujuannya
- Syarat Peserta Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024
- Ketentuan dan Teknis Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024
- Dimensi Kompetensi dalam Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024
- Tata Tertib Peserta Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024
- Contoh Soal Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah 2024
@Salam Website Nasty
0 Response to "Tujuan Asesmen Kompetensi GTK (AKGTK) Madrasah dan Manfaatnya"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan