INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Persyaratan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024

 Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.

Persyaratan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024

Berikut ini adalah persyaratan seleksi calon mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Tahun 2024.

Seleksi calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Tahun 2024 dilaksanakan dalam rangka percepatan pemenuhan kebutuhan guru pada beberapa bidang studi pada jenjang sekolah dasar dan menengah.

PPG Prajabatan sendiri merupakan program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru, profesional, komitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat.

PPG Prajabatan diselenggarakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan maupun Diploma IV baik dari jurusan pendidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapat sertifikat pendidik.

Di dalam Perdirjen GTK Nomor R 3830/B/HK.03.01/2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan disampaikan bahwa Program PPG Prajabatan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu dan terampil dalam:

1. mengembangkan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan mewujudkan profil pelajar Pancasila;

2. mengembangkan lingkungan belajar dan memfasilitasi peserta didik belajar dengan melibatkan orang tua dan masyarakat; dan

3. mengembangkan diri sebagai guru profesional secara berkelanjutan dan menjadi panutan.

Program PPG Prajabatan merupakan program pendidikan profesi guru yang berada di level 7 (tujuh) pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Terkait dengan rencana pelaksanaan PPG Prajabatan 2024tersebut, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Pengumuman Ditjen GTK Nomor : 1643/B/GT.00.05/2024 tentang Seleksi Calon Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Tahun 2024.

Di dalam pengumuman tersebut disampaikan beberapa hal tentang PPG Prajabatan 2024, saalah satunya adalah persyaratan seleksi calon mahasiswa Program PPG Prajabatan Tahun 2024.

Pendaftaran seleksi calon Mahasiswa Program PPG Prajabatan Tahun 2024 dibuka mulai tanggal 4 April 2024 sampai dengan 15 Mei 2024. Sedangkan awal Perkuliahan PPG Prajabatan 2024 direncanakan tanggal 9 September 2024.

Seleksi PPG Prajabatan 2024 dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahapan, yaitu seleksi administrasi, seleksi substantif, dan tes wawancara. Seleksi administrasi, yaitu untuk menyeleksi berkas dan persyaratan administrasi yang dilakukan secara daring/online melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).

Tes substantif, meliputi Tes Penguasaan Bidang dan Tes Kemampuan Dasar Literasi dan Numerasi yang dilaksanakan secara luring/offline pada Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk. Teknis pelaksanaan tes menggunakan aplikasi Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK).

Tes wawancara dilakukan untuk menggali kompetensi profesional dan personal calon mahasiswa, yang dilaksanakan secara daring/online melalui media/platform virtual meeting.

Persyaratan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan 2024
Persyaratan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan 2024

Berikut ini beberapa persyaratan seleksi calon mahasiswa Program PPG Prajabatan Tahun 2024 selengkapnya.

1. Warga Negara Indonesia (WNI);

2. Tidak terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik);

3. Berusia paling tinggi 32 (tiga puluh dua) tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran;

4. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri;

5. Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol);

6. Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani (diserahkan pada saat lapor diri);

7. Memiliki surat keterangan berkelakuan baik (diserahkan pada saat lapor diri);

8. Memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA) (diserahkan pada saat lapor diri);

9. Menandatangani pakta integritas.

10. Mengikuti tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.


BACA JUGA :


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Persyaratan Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan