Materi Bahan MPLS Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Materi Bahan MPLS Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Berikut ini adalah contoh materi bahan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Contoh materi bahan MPLS berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini dapat menjadi referensi untuk satuan pendidikan yang akan menyelenggarakan kegiatan MPLS yang dikaitkan dengan penguatan profil pelajar Pancasila.
Panitia dapat mengembangkan materi bahan MPLS berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini sesuai kebutuhan dan sarana prasarana yang tersedia.
Materi MPLS yang dikuatkan dalam kegiatan MPSL berbasis penguatan profil pelajar Pancasila, meliputi 6 (enam) dimensi Profil Pelajar Pancasila.
Keenam dimensi Profil Pelajar Pancasila tersebut adalah sebagai berikut.
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
2. Berkebinekaan global.
3. Bergotong royong.
4. Mandiri.
5. Bernalar kritis.
6. Kreatif.
Materi bahan MPLS dikembangkan dari enam demensi tersebut menjadi lebih spesifik meliputi tema-tema berikut.
1. Gaya Hidup Berkelanjutan: membahas dampak aktivitas manusia, membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.
2. Kearifan Lokal: melakukan eksplorasi budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar, mempelajari bagaimana dan mengapa masyarakat lokal/daerah berkembang seperti yang ada, konsep dan nilai-nilai dibalik kesenian dan tradisi lokal, serta merefleksikan nilai-nilai apa yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan siswa.
3. Bhinneka Tunggal Ika: mempromosikan budaya perdamaian dan anti kekerasan, belajar membangun dialog penuh hormat tentang keberagaman serta nilai-nilai ajaran yang dianutnya, mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan, menelaah berbagai stereotip negatif dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
4. Bangunlah Jiwa dan Raganya: membangun kesadaran dan keterampilan memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya, melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri (wellbeing), perundungan (bullying), serta berupaya mencari jalan keluarnya, menelaah masalah-masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi.
5. Suara Demokrasi: membahas keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila, merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya dalam konteks yang berbeda, termasuk dalam organisasi sekolah.
6. Rekayasa dan Teknologi: membahas daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya, membangun budaya smart society melalui inovasi dan penerapan teknologi, mensinergikan aspek sosial dan aspek teknologi.
7. Kewirausahaan: mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi lokal, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat, mendorong tumbuhnya kreativitas dan budaya kewirausahaan di lingkungan siswa, membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil.
Baca :
- Contoh Bentuk Kegiatan Pilihan MPLS Tahun 2024
- Materi Matsama Tahun 2024 dan Desain Pelaksanaannya
- Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Bagi Siswa Baru
- Materi MPLS Tahun 2024 Kurikulum Merdeka dan Bentuk Kegiatannya
- Pengertian Matsama, Tujuan, Materi, dan Ketentuan Pelaksanaannya
- Contoh Skenario MPLS Berbasis P5 Tahun 2024
@Salam Website Nasty
0 Response to "Materi Bahan MPLS Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan