INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Contoh Modul Ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2024

Contoh Modul Ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2024

Berikut ini dibagikan contoh Modul Ajar MPLS jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kurikulum Merdeka Tahun 2024.

Contoh Modul Ajar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) PAUD Kurikulum Merdeka tahun 2024 ini dapat menjadi referensi guru PAUD dalam melaksanakan MPLS untuk satuan PAUD/KB/TK Tahun Pelajaran 2024/2025.

Contoh Modul Ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2024/2025 ini dapat dikembangkan sesuai kebutuhan dan kondisi yang diinginkan masing-masing satuan pendidikan.

Contoh Modul Ajar MPLS PAUD yang dibagikan ini bisa menjadi bahan materi selama pelaksanaan MPLS, sehingga memudahkan guru dalam menyusun skenario kegiatan MPLS. Modul ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka disediakan selama 2 minggu 12 hari.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk peserta didik PAUD dalam rangka pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Satuan PAUD perlu menyiapkan materi Pengenalan Lingkungan Sekolah di setiap awal tahun pembelajaran untuk calon peserta didik baru.

MPLS bertujuan untuk membantu peserta didik baru dalam beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya. MPLS juga bertujuan menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.

Selain itu, melalui MPLS diharapkan akan tumbuh perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keaneka- ragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong.


Modul Ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka

Modul ajar ini disusun untuk membantu guru PAUD/KB/TK dalam melaksanakan MPLS secara efektif dan menyenangkan. Modul Ajar MPLS PAUD ini berisi materi, metode, media, dan evaluasi yang dapat digunakan oleh guru sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah masing-masing.

Modul juga dilengkapi dengan contoh kegiatan MPLS yang dapat dijadikan referensi atau inspirasi oleh guru yang akan memberikan anak-anak panduan tentang bagaimana mereka dapat mengembangkan budaya positif di sekolah.

Contoh Modul Ajar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah PAUD Tahun 2024 ini akan mencakup banyak elemen seperti pengenalan ruang dan tempat di sekolah; identifikasi dan pemahaman tentang peraturan keselamatan dan prosedur sekolah; pengenalan staf dan teman; pengenalan berbagai macam peralatan di sekolah; pengenalan acara-acara sekolah; dan pembentukan sikap dan pengetahuan tentang norma dan nilai positif di lingkungan sekolah.

Dengan masa pengenalan ini, anak akan memahami lingkungan baru, orang-orang yang mereka temui, dan kegiatan yang mereka lakukan di sekolah. Untuk memastikan proses adaptasi anak di sekolah PAUD berhasil, penting bagi para orang tua untuk menghubungi sekolah PAUD yang akan mereka datangi.

Melalui hubungan tersebut, orang tua dapat mengetahui informasi yang relevan tentang lingkungan PAUD seperti jadwal, kegiatan, dan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum anak mereka beradaptasi di PAUD.

Selain itu, setelah anak masuk sekolah, guru PAUD akan akan mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas di sekolah yang akan membantu anak untuk beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang-orang baru.

Contoh Modul Ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2024
Contoh Modul Ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2024

Kegiatan ini dapat mencakup hal-hal seperti bermain di taman bermain, menyentuh berbagai alat mainan, berkomunikasi dengan orang lain, dan mencoba berbagai kegiatan sekolah lainnya.

Beberapa kegiatan lain saat MPLS untuk jenjang PAUD adalah sebagai berikut.

1. Mengenal kelas, guru, dan teman-teman baru

2. Mempelajari suasana lingkungan sekolah

3. Bembangun rutinitas baru setiap hari

4. Mendengarkan instruksi tentang aturan sekolah dan kelas

5. Belajar tentang perilaku yang diharapkan dan menampilkan perilaku sopan

6. Berpartisipasi dalam aktivitas seperti game grup atau permainan bersama teman-teman

7. Berlatih dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah

Contoh Modul Ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2023 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut.

Modul Ajar MPLS PAUD Minggu 1 – Unduh

Modul Ajar MPLS PAUD Minggu 2 – Unduh

Baca : 


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty  

telegram

0 Response to "Contoh Modul Ajar MPLS PAUD Kurikulum Merdeka Tahun 2024"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan