Struktur Kurikulum Merdeka MA Tahun 2024 Sesuai KMA Nomor 450/2024
Struktur Kurikulum Merdeka MA Tahun 2024 Sesuai KMA Nomor 450/2024
Berikut ini adalah struktur Kurikulum Merdeka MA sesuai KMA Nomor 450 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK.
Struktur Kurikulum Merdeka MA Tahun 2024 tercantum di dalam Lampiran I KMA Nomor 450 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan fleksibilitas dan berfokus pada materi esensial untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.
Struktur Kurikulum Merdeka Madrasah Aliyah terdiri atas kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alamin.
Implementasi Kurikulum Merdeka Aliyah dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut.
1) Madrasah wajib membuka kelompok mata pelajaran umum dan paling sedikit 7 (tujuh) mata pelajaran pilihan.
2) Setiap Peserta Didik mengikuti :
a. seluruh mata pelajaran dalam kelompok mata pelajaran tertentu; dan
b. memiliki 4 (empat) sampai dengan 5 (lima) mata pelajaran dari kelompok mata pelajaran pilihan yang diselenggarakan oleh Madrasah, disesuaikan dengan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik.
3) Peserta didik diperbolehkan mengganti mata pilihan paling lambat kelas XI semester 2 (dua) berdasarkan penilaian ulang Madrasah terhadap minat, bakat, dan kemampuan Peserta Didik.
4) Layanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.
5) Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan, tipologi madrasah, potensi, dan keunikan lokal berupa :
a. keagamaan;
b. seni budaya;
c. prakarya;
d. PJOK;
e. bahasa;
f. teknologi; dan
g. riset.
6) Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi, dan keunikan lokal.
7) Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui :
a. pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain;
b. pengintegrasian ke dalam tema P5RA; dan/atau
c. mata pelajaran yang berdiri sendiri.
8) Kurikulum di Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif di MA menambahkan mata pelajaran program kebutuhan khusus sesuai kondisi peserta didik.
9) Peserta didik yang memiliki potensi istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
10) Madrasah yang mengembangkan program khusus dapat menggunakan alokasi waktu penguatan program. Kelas X dan XI minimal 72 (tujuh puluh dua) JP dan maksimal 216 (dua ratus enam belas) JP per tahun. Sedangkan kelas XII minimal 64 (enam puluh empat) JP dan maksimal 192 (seratus sembilan puluh dua) JP per tahun.
11) Madrasah dapat melakukan penambahan dan/atau relokasi jam pelajaran sesuai dengan hasil analisis Capaian Pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah. maksimal 6 (enam) JP.
12) MA Program Keagamaan, mata pelajaran Al-Quran Hadis terdiri atas Tafsir dan Hadis. mata pelajaran Akidah Akhlak terdiri atas ilmu Kalam dan Akhlak Tasawuf.
13) Tim P5RA di Madrasah terdiri atas koordinator dan fasilitator, dengan ketentuan :
a. P5RA dalam 1 (satu) tahun ajaran dilaksanakan 2 (dua) sampai dengan 3 (tiga) projek dengan tema yang berbeda.
b. Guru mata pelajaran yang alokasi waktu P5RA dialihkan, dapat menjadi fasilitator setara dengan 1 (satu) JP per rombongan.
c. Beban belajar sebagai koordinator P5RA setara dengan 2 (dua) jam tatap muka per 1 (satu) rombongan belajar setiap tahun.
Struktur Kurikulum Merdeka Madrasah Aliyah Tahun 2024
Baca :
Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih
@Salam Website Nasty
0 Response to "Struktur Kurikulum Merdeka MA Tahun 2024 Sesuai KMA Nomor 450/2024"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan