INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Struktur Kurikulum Merdeka RA MI MTs MA MAK Tahun 2024

Struktur Kurikulum Merdeka RA MI MTs MA MAK Tahun 2024 

Berikut ini adalah struktur Kurikulum Merdeka RA dan Madrasah sesuai KMA Nomor 450 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada RA, MI, MTs, MA, dan MAK.

Struktur Kurikulum Merdeka RA dan Madrasah Tahun 2024 tercantum di dalam Lampiran KMA Nomor 450 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, dan Madrasah Aliyah Kejuruan.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberikan fleksibilitas dan berfokus pada materi esensial untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila.

Struktur Kurikulum Merdeka RA dan Madrasah terdiri atas kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’alamin.

Di dalam implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah, pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis projek dapat dilaksanakan sebagai satu kesatuan, bahkan memungkinkan diselenggarakan lintas mata pelajaran.

Struktur Kurikulum RA dan Madrasah Tahun 2024
Struktur Kurikulum Merdeka RA dan Madrasah Tahun 2024

Struktur Kurikulum Merdeka RA

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencaia kemampuan fondasi sebagaiman tertuang dalam Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. Capaian Pembelajaran Fase Fondasi terdiri atas elemen : (1) nilai agama dan budi pekerti; (2) jati diri; dan (3) dasar-dasar literasi, matematika, sains, teknologi, rekayasa, dan seni.

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler dilaksanakan dengan bermain bermakna, yaitu aktivitas bermain yang memberikan ruang bereksplorasi sehingga bermanfaat untuk mengembangkan karakter dan  kompetensi Peserta Didik dan kompetensi Peserta Didik.

Proses pembelajaran dilaksanakan dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak usia dini, yaitu proses pembelajaran yang melibatkan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’Alamin (P5RA) bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil’Alamin yang mengacu pada standar tingkat pencapaian perkembangan anak untuk RA.

P5RA dimaksudkan untuk menguatkan perwujudan 6 (enam) dimensi profil pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin  pada fase fondasi. P5RA dalam 1 (satu) tahun ajaran dilaksanakan 1 (satu) sampai 2 (dua) projek dengan tema berbeda. Pelaksanaan P5RA menggunakan alokasi wakti pembelajaran di RA.


Struktur Kurikulum Merdeka Madrasah 

Secara umum Struktur kurikulum Pembelajaran Intrakurikuler MI dibagi menjadi 3 (tiga) fase, yaitu : (1) Fase A untuk kelas I dan kelas II; (2) Fase B untuk kelas III dan kelas IV; dan (3) Fase C untuk kelas V dan kelas VI.

Struktur kurikulum Merdeka MTs terdiri atas 2 (dua) fase, yaitu Fase D dan E. Fase D untuk kelas VII dan kelas VIII, sedangkan fase E pada kelas IX. Madrasah dapat mengorganisasikan muatan pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek secara terpadu atau simultan. Sedangkan struktur Kurikulum Merdeka MA/MAK terdiri atas 2 (dua) Fase yaitu fase E dan Fase F.

Madrasah dapat mengorganisasikan muatan pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek secara terpadu atau simultan. Di dalam kaitan ini madrasah dapat menggunakan atau memilih pendekatan mata pelajaran atau tematik secara bebas sesuai kebutuhan pembelajaran siswa yang diprogramkan.

Bentuk pembelajaran dapat dilakukan secara kolaboratif beberapa mata pelajaran dalam mendukung satu tema yang di dalamnya dikelola melalui pembelajaran berbasis proyek, sehingga capaian intrakurikuler dapat diwujudkan sekaligus penguatan karakter Pelajar Pancasila.

Di dalam kaitan ini madrasah dapat menggunakan atau memilih pendekatan mata pelajaran atau tematik secara bebas sesuai kebutuhan pembelajaran siswa yang diprogramkan.

Bentuk pembelajaran dapat dilakukan secara kolaboratif beberapa mata pelajaran dalam mendukung satu tema yang di dalamnya dikelola melalui pembelajaran berbasis proyek, sehingga capaian intrakurikuler dapat diwujudkan sekaligus penguatan karakter Pelajar Pancasila.


Silakan unduh struktur Kurikulum Merdeka RA dan Madrasah (MI, MTs, MA, dan MAK) Tahun 2024 selengkapnya pada tautan berikut ini.

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty   

telegram

0 Response to "Struktur Kurikulum Merdeka RA MI MTs MA MAK Tahun 2024 "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan