INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan (Bagian 2)

Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan (Bagian 2)

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMP dan SMA sederajat, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention).

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Khusus untuk tingkat SMP, bidang ilmu yang dilombakan dalam OPSI adalah bidang IPA dan lingkungan, bidang IPS dan kemanusiaan, serta bidang teknik dan rekayasa.

Berikut ini dibagikan contoh Laporan Karya Ilmiah Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan (bagian 2) berjudul Menguak Misteri Penyembelihan Bajing dan Gelatik Pada Sedekah Bumi Dusun Mranak.

Contoh Karya Ilmiah OPSI Bidang IPS dan Kemanusiaan jenjang SMP ini untuk referensi peserta OPSI yang akan membuat laporan karya ilmiah dari hasil penelitian yang sudah dilakukan.

Peserta OPSI dapat mengembangkan sendiri laporan karya ilmiahnya dengan melihat contoh laporan Karya Ilmiah OPSI Bidang IPS dan Kemanusiaan untuk jenjang SMP ini.

Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan
Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan

Judul

Menguak Misteri Penyembelihan Bajing dan Gelatik Pada Sedekah Bumi Dusun Mranak.

Abstrak

Kata Kunci : Bajing, Burung Gelatik. Sedekah Bumi, Dusun Mranak.

Mranak memiliki tradisi unik, yaitu menangkap dan menyembelih bajing serta burung gelatik sebelum Sedekah Bumi dimulai. Tradisi ini berlangsung turun menurun dan sifatnya wajib dilaksanakan agar dusun terbebas dari balak (bahaya). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Sedekah Bumi di Dusun Mranak, sejarah tradisi penyembelihan bajing dan gelatik, serta faktor yang menyebabkan tradisi tersebut tetap dilestarikan.

Sampel penelitian adalah sesepuh Dusun Mranak. Sumber data primer penelitian ini adalah hasil wawancara dengan narasumber. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Analisa data menggunakan tenik analisis kualitatif, dengan langkah-langkah : (1) Pengumpulan data; (2) Reduksi data; (3) Penyajian data; dan (5) Penarikan simpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses sedekah Bumi Dusun Mranak diawali dengan penangkapan bajing dan gelatik, persiapan sesajen, pembacaan doa, pergelaran wayang kulit, serta penguburan bajing dan gelatik. Sejarah tradisi penangkapan bajing dan burung gelatik berawal dari mitos tentang peristiwa penangkapan perampok (yang disimbolkan bajing) dan perebutan belati (yang disimbolkan burung gelatik) sebagai senjata untuk merampok hasil bumi.

Faktor-faktor penyebab tradisi penangkapan dan penyembelihan bajing serta burung gelatik tetap lestari adalah mitos yang kuat, tersedianya sumber daya alam untuk syarat sesaji, dan tradisi pulang kampung saat Sedekah Bumi.

Latar Belakang

Mranak merupakan salah satu Dusun di Desa Wonorejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang yang memiliki tradisi unik pada pelaksanaan Sedekah Bumi. Tradisi unik tersebut adalah melakukan penangkapan dan penyembelihan bajing serta burung gelatik.

Tradisi ini berlangsung secara turun temurun sampai sekarang dan sifatnya wajib dilaksanakan. Penduduk setempat meyakini bahwa apabila tradisi tersebut tidak dilakukan sebelum Sedekah Bumi dimulai, maka akan terjadi bencana (balak) di Dusun Mranak.

Sedekah Bumi di Dusun Mranak dilaksanakan secara rutin setiap tahun dengan waktu yang sudah ditentukan dalam Rembug Dusun. Sedekah Bumi adalah suatu upacara adat masyarakat Jawa yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang telah diberikan berupa segala bentuk hasil bumi (Wati, 2013).

Menurut Puniatun (2012), Sedekah Bumi adalah semacam upacara yang intinya mengingat Sang Pencipta Allah SWT atas rahmat-Nya kepada manusia di muka bumi, khususnya kepada keluarga petani yang hidupnya bertopang pada hasil bumi di pedesaan.

Peringatan Sedekah Bumi di Dusun Mranak semakin meriah dengan pulangnya seluruh penduduk asli yang merantau dan diselenggarakannya wayang kulit semalam suntuk. Keunikan dalam Sedekah Bumi di Dusun Mranak ini membuat peneliti tergerak untuk meneliti tentang proses Sedekah Bumi di Dusun Mranak.

Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui sejarah tradisi penangkapan bajing dan burung gelatik, serta faktor- faktor apa yang membuat tradisi unik tersebut tetap dilestarikan sampai sekarang di Dusun Mranak.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian ini sesuai latar belakang yang telah diuraikan adalah sebagai berikut.

  1. Bagaimanakah proses pelaksanaan Sedekah Bumi di Dusun Mranak?

  2. Bagaimanakah sejarah tradisi penangkapan dan penyembelihan bajing serta burung gelatik pada pelaksanaan Sedekah Bumi di Dusun Mranak?

  3. Faktor-faktor apa yang membuat tradisi penangkapan dan penyembelihan bajing serta burung gelatik tetap dilestarikan sampai sekarang?.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut.

  1. Untuk menggambarkan proses pelaksanaan Sedekah Bumi di Dusun Mranak.

  2. Untuk mengetahui sejarah tradisi penangkapan dan penyembelihan bajing serta burung gelatik pada pelaksanaan Sedekah Bumi di Dusun Mranak.

  3. Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab tradisi penangkapan dan penyembelihan bajing serta burung gelatik tetap dilestarikan.

Manfaat Penelitian

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat praktis sebagai berikut.

  1. Bagi peneliti

Kegiatan penelitian ini dapat memberikan pengalaman kepada peneliti, khususnya dalam membuat karya ilmiah.

  1. Bagi dunia pendidikan

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang baik untuk pengembangan pengetahuan, khususnya di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Seni.

Contoh Laporan Karya Ilmiah OPSI bidang Ilmu Pengetahuan Sosial jenjang SMP (bagian 2) selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Contoh Laporan Karya Ilmiah OPSI bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan jenjang SMP (bagian 2) berjudul Solusi Mengatasi Putus Sekolah pada Pekerja Pabrik Usia Anak. selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Contoh Laporan Karya Ilmiah OPSI SMP bidang IPS dan Kemanusiaan selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Baca :

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih
telegram

0 Response to "Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan (Bagian 2)"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan