INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan (Bagian 3)

Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan (Bagian 3)

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMP dan SMA sederajat, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention).

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Khusus untuk tingkat SMP, bidang ilmu yang dilombakan dalam OPSI adalah bidang IPA dan lingkungan, bidang IPS dan kemanusiaan, serta bidang teknik dan rekayasa.

Berikut ini dibagikan contoh Laporan Karya Ilmiah Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan (bagian 3) berjudul Dampak Pandemi Terhadap Pendapatan Pedagang Makanan di Kawasan Industri Pringapus.

Contoh Karya Ilmiah OPSI Bidang IPS dan Kemanusiaan jenjang SMP ini untuk referensi peserta OPSI yang akan membuat laporan karya ilmiah dari hasil penelitian yang sudah dilakukan.

Peserta OPSI dapat mengembangkan sendiri laporan karya ilmiahnya dengan melihat contoh laporan Karya Ilmiah OPSI Bidang IPS dan Kemanusiaan untuk jenjang SMP ini.

Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan
Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan

Judul

Dampak Pandemi Terhadap Pendapatan Pedagang Makanan di Kawasan Industri Pringapus.

Abstrak

Kata kunci: pandemi, pendapatan, pedagang makanan, kawasan industri

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi secara luas di seluruh dunia. Terjadinya Pandemi banyak mempengaruhi seluruh bidang kehidupan masyarakat. Salah satu bidang yang terdampak adalah bidang ekonomi. Dinamika Perekonomian yang semakin tidak menentu mengakibatkan pendapatan pedagang besar maupun kecil mengalami penurunan. Akibatnya pedagang-pedagang harus mengupayakan solusi dalam menanggulangi situasi tersebut.

Penelitian ini mengkaji tentang dampak pandemi terhadap pendapatan pedagang makanan di kawasan industri Pringapus, Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapatan pedagang makanan di kawasan industri Pringapus sebelum dan sesudah pandemi, serta solusi yang dilakukan oleh pedagang dalam menghadapi pandemi.

Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara dengan pedagang di kawasan PT Pinako Rotary Permai, Desa Wonorejo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan pedagang di kawasan PT Pinako Rotary rata-rata mengalami penurunan akibat situasi pandemi yang menyebabkan PT Pinako Rotary melakukan pengurangan karyawan dalam jumlah yang besar.

Latar Belakang

Sudah 1 tahun lebih negara-negara di seluruh dunia berperang melawan virus Corona yang semakin parah. Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut terdampak dalam pandemi COVID-19 ini. Penularan COVID-19 yang sangat cepat serta angka kematian yang semakin tinggi menyebabkan banyak negara membuat kebijakan- kebijakan baru. Seperti yang kita ketahui pandemi corona virus ini memberikan dampak yang sangat signifikan. Dampak ini juga berpengaruh dalam beberapa bidang di kehidupan ini.

Beberapa bidang yang terdampak adalah bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang pariwisata dan masih banyak lagi bidang lain. Bidang ekonomi menjadi salah satu bidang yang mendapat dampak besar dari pandemi ini. Industri-industri yang ada di Indonesia banyak yang mengalami kerugian bahkan bangkrut sehingga harus gulung tikar.

Untuk mengurangi kerugian yang besar, banyak industri yang melakukan pengurangan karyawan atau PHK secara besar-besaran. Dengan adanya pengurangan karyawan atau PHK tidak hanya karyawan yang di-PHK yang mengalami dampak ini, namun juga pedagang yang ada di kawasan industri yang bersangkutan.

Contoh dari masalah diatas adalah pedagang disekitar kawasan industri mengalami pengurangan pembeli karena pengurangan karyawan atau PHK. Jika biasanya pedagang mendapatkan 20 pembeli,dengan adanya pengurangan karyawan ini pedagang hanya mendapatkan 10 pembeli karena PHK ini.

Akibat pandemi yang berkepanjangan ini, banyak industri Pedagang kecil salah satu juga yang terdampak pandemi ini. Seperti yang kita ketahui banyak pedagang kecil yang menutup usahanya dikarenakan pandemi ini, tetapi ada juga yang membuka usahanya untuk dapat melangsungkan hidup.

Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dari fenomena yang terjadi di atas dengan judul penelitian DAMPAK PANDEMI TERHADAP PENDAPATAN PEDAGANG MAKANAN DI KAWASAN INDUSTRI PRINGAPUS.

Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut.

“Bagaimana pendapatan pedagang di kawasan industri di pringapus sebelum dan selama pandemi?” dan “bagaimana solusi pedagang dalam menghadapi pandemi ini?”

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pendapatan pedagang di kawasan industii di Pringapus sebelum dan selama pandemi (2) solusi pedagang dalam menghadapi pandemi ini.

Manfaat Penelitian

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya tentang upaya mengurangi jumlah anak yang putus sekolah karena menjadi pekerja pabrik usia anak. Penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan sumbangan yang baik untuk pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang ilmu sosia

Contoh Laporan Karya Ilmiah OPSI bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan jenjang SMP (bagian 3) selengkapnya dapat dibaca dan di unduh di sini.

Contoh Laporan Karya Ilmiah OPSI SMP bidang IPS dan Kemanusiaan selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Baca :

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih
telegram

0 Response to "Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan (Bagian 3)"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan