Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD
Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD
Pembelajaran Mendalam akan mulai diimplementasikan mulai tahun ajaran 2025/206. RPP Pembelajaran Mendalam perlu disiapkan guru untuk menyongsong tahun ajaran 2025/2026 tersebut. Terkait hal tersebut, berikut ini adalah contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD SMP SMA.
Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD SMP SMA ini dapat dijadikan gambaran dan referensi terhadap pembuatan RPP Pembelajaran Mendalam sebagai bagian dari perangkat ajar Tahun Ajaran 2025/2026.
Guru dapat mengembangkan dan menyempurnakan contoh RPP Pembelajaran Mendalam ini dengan tetap berpedoman pada ketentuan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Baca : Langkah-Langkah Penyusunan RPP Pembelajaran Mendalam
Di dalam menyusun RPP Pembelajaran mendalam, guru perlu memahami bahwa Pembelajaran Mendalam merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan proses dan mutu pembelajaran.
Selain itu, penerapan Pembelajaran Mendalam memiliki potensi besar untuk mengatasi krisis pembelajaran dan mewujudkan pendidikan bermutu dan merata untuk semua. Untuk konteks Indonesia, Pembelajaran Mendalam bukan kurikulum melainkan suatu pendekatan pembelajaran.
Implementasi Pembelajaran Mendalam
Penerapan Pembelajaran Mendalam pada setiap jenjang pendidikan perlu didukung oleh lingkungan pembelajaran yang kondusif, kemitraan pembelajaran yang luas dan bermakna, dan pemanfaatan teknologi digital yang efektif agar terwujud tiga prinsip Pembelajaran Mendalam, yaitu berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful).
Berikut ini adalah implementasi Pembelajaran Mendalam pada jenjang pendidikan.
1. Jenjang PAUD/RA atau yang Sederajat
Pada jenjang PAUD/RA atau yang sederajat, Pembelajaran Mendalam diterapkan untuk mengembangkan sensoris dan motorik dengan pembelajaran yang mengutamakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan eksploratif dengan filosofi bermain sambil belajar melalui aktivitas permainan yang mendidik, aktivitas berbasis proyek, dan interaksi sosial.
Anak PAUD/RA perlu mengembangkan kemampuan fondasi spiritual, emosional, sosial, kognitif, motorik dan karakter sesuai dengan tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak. Implementasi Pembelajaran Mendalam di PAUD/RA, difokuskan pada kemampuan fondasi tersebut.
2. Jenjang SD/MI atau yang Sederajat
Implementasi Pembelajaran Mendalam pada jenjang SD/MI atau yang sederajat difokuskan pada perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap. Untuk mencapai perkembangan optimal ketiga aspek tersebut dikembangkan sesuai kemampuan belajar bagaimana belajar.
Hal ini dilakukan agar peserta didik memiliki dasar-dasar kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah.
3. Jenjang SMP/MTs atau yang Sederajat
Fokus Pembelajaran Mendalam di SMP/MTs atau yang sederajat memperkuat pemahaman konseptual, keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berkomunikasi.
Pendekatan Pembelajaran Mendalam memanfaatkan perkembangan ini dengan mendorong peserta didik untuk tidak hanya menghafal fakta, tetapi juga memahami hubungan antar konsep dan penerapannya dalam kehidupan. Implementasi PM di SMP/MTs atau yang sederajat difokuskan pada perkembangan minat akademik, keterampilan sosial, dan bakat serta kemandirian peserta didik.
4. Jenjang SMA/MA atau yang Sederajat
Pembelajaran Mendalam di SMA/MA atau yang sederajat diterapkan dengan cara yang lebih kompleks, yang mencakup proyek lintas mata pelajaran dan penelitian berbasis masalah yang aktual dan kontekstual untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi: berfikir kritis, perumusan dan pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan.
Implementasi Pembelajaran Mendalam di SMA/MA atau yang sederajat difokuskan pada pengembangan kemampuan berolah pikir, rasa, raga dan hati, serta perencanaan karier peserta didik. Selain itu, implementasi Pembelajaran Mendalam SMA/MA atau yang sederajat perlu mencakup hal-hal sebagai berikut.
a. Pilihan Karir: Model Pembelajaran Mendalam memberikan prediksi karir berdasarkan minat dan performa akademik.
b. Kompetensi Pribadi: Menilai kemampuan diri, yang mencakup kemandirian, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis.
c. Strategi Pembelajaran: Pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajarnya.
d. Keseimbangan Akademik dan Non-Akademik: Mengidentifikasi keselarasan antara kegiatan belajar dan ekstrakurikuler.
5. Jenjang SMK/MAK atau yang Sederajat
Penerapan Pembelajaran Mendalam di SMK/MAK atau yang sederajat diterapkan pada pengembangan kompetensi adaptif dan keterampilan vokasional yang berhubungan langsung dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA).
Pembelajaran berbasis proyek yang aktual dan kontekstual atau penugasan lapangan yang mencerminkan tantangan dunia kerja digunakan untuk memberikan pengalaman belajar yang nyata kepada peserta didik.
Pengalaman ini dirancang untuk menyiapkan peserta didik memasuki dunia industri. Selain itu, TEFA (teaching factory) merupakan salah satu program pembelajaran penting yang harus terjadi di setiap SMK/MAK atau yang sederajat. TEFA mendekatkan proses pembelajaran dengan kebutuhan industri.
Konsep TEFA mengintegrasikan pembelajaran berbasis teori di kelas dengan praktik langsung dalam lingkungan kerja yang menyerupai industri sesungguhnya. Tujuan TEFA untuk menyiapkan lulusan SMK yang kompeten, siap kerja, dan memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
Implementasi Pembelajaran Mendalam SMK/MAK atau yang sederajat juga difokuskan pada penguatan kompetensi keahlian dengan empat strategi berikut.
a. Pemetaan Kompetensi: Analisis kemampuan peserta didik berdasarkan aspek kompetensi vokasi dan hasil kerja proyek.
b. Rekomendasi Pengembangan Diri: Pemberian saran pembelajaran sesuai dengan minat industri.
c. Kemitraan dengan DUDIKA: Kerja sama dengan DUDIKA untuk melaksanakan program TEFA untuk mempersiapkan peserta didik memasuki dunia kerja.
d. Evaluasi Produktivitas: Analisis kinerja peserta didik dalam menghasilkan produk barang dan jasa.
Komponen RPP Pembelajaran Mendalam
RPP Pembelajaran Mendalam terbagi menjadi 4 (empat) bagian, yaitu : (1) Identifikasi; (2) Desain Pembelajaran; (3) Pengalaman Belajar; dan (4) Asesmen. Berikut adalah format RPP Pembelajaran Mendalam.
1. Identifikasi
- Mengidentifikasi kesiapan peserta didik
- Memahami karakteristik materi pelajaran
- Menentukan dimensi profil Lulusan
2. Desain Pembelajaran
- Menentukan tujuan pembelajaran
- Menentukan topik pembelajaran yang kontekstual dan relevan
- Mengintegrasikan lintas disiplin ilmu yang relevan dengan topik
- Menentukan kerangka pembelajaran
3. Pengalaman Belajar
- Merancang pembelajaran dengan prinsip berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan
- Merancang tahapan pembelajaran dengan langkah-langkah kegiatan awal, inti dan penutup.
- Mendeskripsikan pengalaman belajar memahami, mengaplikasi, dan merefleksi.
4. Asesmen
- Asesmen pada awal pembelajaran
- Asesmen pada proses pembelajaran
- Asesmen pada akhir pembelajaran
Guru dapat mengembangkan format RPP Pembelajaran Mendalam tersebut sebagai pedoman untuk menciptakan pembelajaran yang berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) secara holistik.
Langkah pertama dalam perencanaan PM adalah proses identifikasi. Guru perlu memahami kesiapan murid melalui analisis pengetahuan awal, gaya belajar, dan kondisi sosial-emosional.
Guru juga harus mampu mengidentifikasi karakteristik mata pelajaran serta menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang paling relevan dengan tujuan pembelajaran. Dimensi seperti berpikir kritis, kreatif, dan gotong royong menjadi pijakan dalam merancang aktivitas belajar yang mendalam dan kontekstual.
Pada tahap desain pembelajaran, guru menetapkan tujuan pembelajaran berbasis kompetensi dan menentukan topik yang kontekstual, relevan, dan menantang bagi murid.
Pembelajaran tidak lagi bersifat hafalan semata, namun menekankan integrasi lintas disiplin ilmu serta membangun pemahaman secara holistik.
Untuk mendukung ini, guru mengembangkan kerangka pembelajaran berbasis empat pilar: praktik pedagogis, kemitraan, lingkungan pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi digital.
Pengalaman belajar dalam PM dirancang melalui tahapan memahami, mengaplikasikan, dan merefleksi. Murid tidak hanya menyerap pengetahuan, tetapi menggunakannya dalam proyek, diskusi, dan tugas-tugas eksploratif yang menyenangkan.
Proses belajar yang menggembirakan ini menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemandirian belajar, sehingga mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat yang aktif dan reflektif.
Asesmen Pembelajaran Mendalam dilakukan secara berkesinambungan, terdiri atas asesmen awal, formatif, dan sumatif. Di awal pembelajaran, guru mengukur kesiapan dan latar belakang murid. Selama proses belajar, asesmen formatif digunakan untuk memberikan umpan balik dan penyesuaian strategi mengajar.
Pada akhir, asesmen sumatif menilai sejauh mana murid mencapai kompetensi dengan beragam metode seperti portofolio, proyek, dan presentasi autentik.
Selain itu, Pembelajaran Mendalam juga perlu mendorong kolaborasi yang luas, melibatkan guru lintas mata pelajaran, orang tua, komunitas, dan mitra eksternal. Kolaborasi ini memperkaya pengalaman belajar murid, memungkinkan mereka melihat hubungan antara teori dan praktik di dunia nyata.
Dengan pendekatan ini, proses pembelajaran tidak hanya terjadi di kelas, tetapi merambah ke ruang-ruang sosial, digital, dan komunitas. Pemanfaatan teknologi menjadi komponen penting dalam Pembelajaran Mendalam.
Guru dapat mengintegrasikan e-learning, simulasi, augmented reality (AR), hingga kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung akses belajar yang merata dan personal. Teknologi membantu memperluas cakupan pembelajaran, terutama di daerah terpencil, dan mendekatkan murid dengan sumber belajar global.
BACA JUGA : UNDUH RPP Pembelajaran Mendalam SD SMP SMA
UNDUH Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD
No | RPP Pembelajaran Mendalam SD | Link |
1 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD IPAS IPA 1 | Unduh |
2 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD IPAS IPA 2 | Unduh |
3 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD IPAS IPS 1 | Unduh |
4 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD IPAS IPS 2 | Unduh |
5 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD Pend Pancasila 1 | Unduh |
6 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD Pend Pancasila 2 | Unduh |
7 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD Matematika 1 | Unduh |
8 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD Matematika 2 | Unduh |
9 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD B Indonesia 1 | Unduh |
10 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD B Indonesia 2 | Unduh |
11 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD B Inggris 1 | Unduh |
12 | Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD B Inggris 2 | Unduh |
@Salam Website Nasty
0 Response to "Contoh RPP Pembelajaran Mendalam SD"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan