INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Alokasi Waktu Kokurikuler PAUD Dikdasmen

Alokasi Waktu Kokurikuler PAUD Dikdasmen


Kokurikuler merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan kegiatan Intrakurikuler untuk pengembangan karakter dan kompetensi murid.

Kompetensi murid yang dimaksud adalah delapan dimensi profil lulusan, yaitu: 1) keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa; 2) kewargaan; 3) penalaran kritis; 4) kreativitas; 5) kolaborasi; 6) kemandirian; 7) kesehatan; dan 8) komunikasi.

Delapan dimensi profil lulusan merupakan hasil dari capaian pengetahuan, keterampilan, dan karakter. Selain itu, delapan dimensi profil lulusan menumbuhkembangkan lulusan yang memiliki kepemimpinan efektif yang berintegritas, profesional, dan transformatif.

Satuan pendidikan dapat memanfaatkan atau mengadaptasi kegiatan yang selama ini sudah berjalan, dan/atau merencanakan kegiatan kokurikuler yang baru untuk mencapai delapan dimensi profil lulusan.

Aktifitas pada kegiatan kokurikuler bertujuan untuk membuka ruang yang lebih fleksibel bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan menanamkan nilai-nilai yang dimiliki oleh satuan pendidikan.

Karakteristik kegiatan kokurikuler bersifat fleksibel dan kontekstual, serta dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan dan kekhasan satuan pendidikan. Namun demikian, kegiatan kokurikuler tidak dirancang secara acak atau sekadar tambahan kegiatan.

Kokurikuler dilaksanakan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaannya. Oleh karena itu pengelolaan alokasi waktu kokurikuler dilakukan fleksibel mengacu pada struktur kurikulum yang berlaku. \Baca :  Permendikdasmen Nomor 13 Tahun 2025 tentang Kurikulum PAUD Dikdasmen

Langkah pertama merancang alokasi waktu kegiatan kokurikuler adalah mengidentifikasi jumlah total jam kokurikuler yang dimiliki setiap kelas. Jumlah jam tersebut diatur dalam Peraturan Menteri tentang implementasi kurikulum.


Berikut adalah alokasi waktu kokurikuler dalam satu tahun ajaran untuk setiap jenjang.

Alokasi Waktu Kegiatan Kokurikuler per Tahun Jenjang PAUD/sederajat, SD/sederajat, SMP/ sederajat, dan SMA/sederajat

Screenshot 540

Berikut adalah alokasi waktu kokurikuler dalam satu tahun pelajaran untuk satuan pendidikan Menengah Kejuruan (SMK) atau Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) di setiap jenjang:

Alokasi Waktu Kokurikuler per Tahun Jenjang SMK/sederajat

Screenshot 541

Berikut adalah alokasi waktu kokurikuler dalam satu tahun pelajaran untuk satuan pendidikan Luar Biasa di setiap jenjang.

 

Alokasi Waktu Kokurikuler per Tahun Jenjang SDLB/sederajat, SMPLB/sederajat, SMALB/sederajat

Screenshot 542

Screenshot 543

Alokasi waktu total di atas adalah pelaksanaan kokurikuler dalam satu Tahun Pelajaran. Satuan pendidikan dapat membagi pelaksanaannya menjadi dua semester. Alokasi waktu untuk setiap kegiatan tidak harus sama, sehingga memberikan keleluasaan
kepada satuan pendidikan untuk menyusun kegiatan kokurikulernya sendiri.

Pada struktur kurikulum tercantum bahwa alokasi waktu kokurikuler pada muatan lokal ditandai dengan tanda “–”. Hal ini bukan berarti muatan lokal tidak dapat diintegrasikan ke dalam kegiatan kokurikuler, melainkan menunjukkan bahwa kokurikuler tidak mengambil alokasi jam pelajaran muatan lokal.

Dengan demikian, muatan lokal tetap dapat menjadi bagian dari kokurikuler selama dirancang sebagai penguatan nilai, budaya, atau kearifan lokal melalui pendekatan lintas disiplin.

Di dalam pengorganisasian kegiatan kokurikuler, guru memiliki alokasi waktu sesuai dengan ketentuan pada tabel di atas. Selain itu, koordinator pembelajaran berbasis proyek (koordinator kokurikuler) juga mendapatkan beban kerja tambahan sebesar 2 jam tatap muka per rombongan belajar, maksimal 3 rombongan belajar sehingga totalnya 6 jam 32 Panduan Kokurikuler pelajaran. Lebih lanjut, setiap guru memiliki kesempatan untuk menjadi koordinator pembelajaran berbasis proyek (koordinator kokurikuler), sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan satuan pendidikan


BACA JUGA :Cara Merancang Asesmen Kokurikuler 

 sumber

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "Alokasi Waktu Kokurikuler PAUD Dikdasmen"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan