INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Kokurikuler dan Contohnya

Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Kokurikuler dan Contohnya


Cara menentukan tujuan pembelajaran kokurikuler perlu dipahami oleh satuan pendidikan yang akan merancang aktivitas kegiatan kokurikuler. Setelah menentukan delapan dimensi profil lulusan, memilih tema yang relevan, dan menetapkan bentuk kegiatan kokurikuler, langkah penting berikutnya adalah merancang tujuan pembelajaran kokurikuler.

Kokurikuler adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk penguatan, pendalaman, dan/atau pengayaan kegiatan Intrakurikuler dalam rangka pengembangan karakter dan kompetensi murid. Oleh karena itu, kokurikuler dirancang untuk memperkuat, memperdalam, atau memperkaya pemahaman murid terhadap materi pelajaran.

Kompetensi yang dikembangkan melalui kegiatan kokurikuler adalah delapan dimensi profil lulusan, yaitu: 1) keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa; 2) kewargaan; 3) penalaran kritis; 4) kreativitas; 5) kolaborasi; 6) kemandirian; 7) kesehatan; dan 8) komunikasi.

Melalui kegiatan kokurikuler, akan terbuka ruang yang lebih fleksibel bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kegiatan yang dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan menanamkan nilai-nilai yang dimiliki oleh satuan pendidikan.

Pelaksanaan kokurikuler dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaannya. Satuan pendidikan dapat melibatkan orang tua, masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan kokurikuler.

 

Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Kokurikuler

Tujuan pembelajaran adalah pernyataan yang menggambarkan arah, capaian, dan hasil yang diharapkan dari suatu proses belajar yang dijalani murid. Tujuan pembelajaran dalam konteks kokurikuler merupakan gambaran hasil yang diharapkan setelah melaksanakan kokurikuler.

Komponen tujuan pembelajaran adalah gabungan antara kompetensi yang ingin dibangun dan konten atau muatan nilai yang ingin ditanamkan. Kompetensi merujuk pada kemampuan murid delapan dimensi profil lulusan. Sementara itu, konten dapat berupa tema proyek, kebiasaan positif, nilai-nilai khas satuan pendidikan, atau isu kontekstual yang menjadi ruang belajar bagi murid.

Sebagai contoh, jika satuan pendidikan menetapkan tema “Lingkunganku Sehat, Aku Kuat” dengan bentuk pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu, maka tujuan pembelajaran bisa dirumuskan sebagai: “Murid mampu mengidentifikasi kondisi lingkungan sekitar dan menyampaikan pesan ajakan hidup bersih secara kreatif”.

Di dalam rumusan ini, terdapat gabungan antara kompetensi penalaran kritis dan komunikasi dengan konten tentang kesehatan lingkungan dan kepedulian sosial


BACA JUGA :Rekrutmen Peserta Kursus Bahasa Inggris Guru MI Tahun 2025, Berikut Link Pendaftarannya 

 8 Perlengkapan Sekolah SMA yang Perlu Dipersiapkan

 
Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "Cara Menentukan Tujuan Pembelajaran Kokurikuler dan Contohnya"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan