Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia SD dan Contoh Soal
Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia SD dan Contoh Soal
Berikut ini adalah kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia SD dan contoh soal. Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia SD dan contoh soal TKA ini sesuai dengan Peraturan Kepala BSKAP, Kemendikdasmen Nomor : 47/H/AN/202 tentang Kerangka Asesmen Tes Kemampuan Akademik Jenjang SD/MI/Sederajat dan SMP/MTs/Sederajat.
Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia SD dan contoh soal ini sebagai referensi belajar peserta Tes Kemampuan Akademik (TKA).
Bahasa Indonesia merupakan mata uji wajib untuk TKA jenjang SD MI. Jenis soal Bahasa Indonesia dalam TKA mencakup soal tunggal dan soal grup. Soal tunggal merupakan soal yang berdiri sendiri, tidak terkait dengan soal-soal lain. Soal grup adalah sekumpulan soal yang mengacu pada sebuah stimulus yang sama.
Terdapat tiga bentuk soal dalam TKA, yaitu (1) pilihan ganda sederhana, (2) pilihan ganda kompleks (PGK) model multiple choice multiple answers (MCMA), dan (3) pilihan ganda kompleks (PGK) model kategori. Semua bentuk soal menyajikan beberapa pilihan jawaban atau respons untuk sebuah pokok soal.
Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia SD dan Contoh Soal
1. Muatan
TKA Bahasa Indonesia SD/MI/sederajat difokuskan pada salah satu keterampilan berbahasa, yakni membaca. Membaca dipilih sebagai fokus karena merupakan keterampilan yang menjadi fondasi untuk terus belajar dan bekerja pada era teknologi yang berubah dan berkembang sangat cepat.
- Muatan Keterampilan membaca diujikan pada dua jenis teks, yaitu teks informasi dan teks fiksi.
- Teks informasi merupakan teks yang berisi fakta sederhana dari berbagai bidang atau topik serta berskala lokal dan nasional.
Teks fiksi merupakan cerita rekaan yang dapat berupa fantasi atau faktual (sejarah/biografi) dengan latar cerita konkret, tokoh berkarakter datar, konflik tunggal dengan penyelesaian tertutup, alur maju, dan sudut pandang orang pertama.
Teks yang digunakan TKA memiliki karakteristik kosakata, kalimat, dan wacana sebagai berikut.
Karakteristik kosakata: kata dasar, kata berimbuhan, kata konkret, dominan makna denotatif, makna konotatif konteks terbatas.
Karakteristik kalimat: jumlah kata 3–7 per kalimat, pola kalimat dasar SPOK, struktur bahasa tulis bercampur bahasa lisan terbatas.
Karakteristik wacana: kohesi pengacuan/referensi, konjungsi antarparagraf penambahan/penjelasan; panjang teks 150–200 kata (kecuali teks puisi).
2. Kompetensi
Aspek keterampilan membaca yang diukur adalah:
- mengidentifikasi informasi tersurat dalam teks;
- menyusun ulang, mengelompokkan, membuat ikhtisar, dan menyajikan kembali informasi tersurat dalam teks;
- mengidentifikasi dan menyimpulkan informasi tersirat dalam teks;
- menilai gagasan, fakta, atau opini dalam teks; dan
- menanggapi isi teks, merefleksi diri dengan tokoh atau kejadian, dan menanggapi bahasa penulis dalam teks.
Aspek-aspek tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kompetensi, yaitu:
pemahaman tekstual, yaitu kemampuan untuk memahami informasi yang dikemukakan secara eksplisit, mengelompokkan, menyusun ulang, dan menyajikan kembali informasi secara eksplisit dari teks;
pemahaman inferensial, yaitu kemampuan untuk menarik kesimpulan berdasarkan informasi yang tersirat dalam teks; dan
evaluasi dan apresiasi, yaitu kemampuan untuk membuat penilaian terhadap ide, menanggapi teks secara emosional dan estetis dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap perasaan, imajinasi, serta penggunaan bahasa oleh penulis.
Tabel berikut menjabarkan subkompetensi yang terkandung dalam masing-masing kompetensi.
BACA JUGA : Permendikdasmen Nomor 17 Tahun 2025 tentang Manajemen Talenta PNS di Kemendikdasmen
UNDUH Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia SD dan Contoh Soal
@Salam Website Nasty
0 Response to "Kisi-kisi TKA Bahasa Indonesia SD dan Contoh Soal"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan