INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP Bahasa Jawa Kelas 4 SD/MI

    Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.


RPP Bahasa Jawa Kelas 4 SD/MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                        :  SDN BAWANGAN I

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  IV (empat) / 2

 

A.   Standar Kompetensi   :    

                                          1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                          2.   Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                          3.   Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                          4.   Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                          5.   Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

 

B.   Kompetensi Dasar : 

                                          1.1.   Mendengarkan cerita tentang tokoh pendidikan.

                                          2.1.   Pengalaman pribadi yang menarik.

                                          2.2.   Unggah-ungguh basa.

                                          3.1.   Membaca pemahaman.

                                          4.1.   Menulis kalimat.

                                          5.1.   Mengapresiasi geguritan.

 

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi  :          

                                                1.   Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.

                                                2.   Memberikan tanggapan tentang watak dan perjuangan tokoh.

                                                3.   Menceritakan pengalaman pribadi dengan bahasa sendiri.

                                                4.   Menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.

                                                5.   Menjawab pertanyaan bacaan

                                                6.   Meringkas isi bacaan.

                                                7.   Mengidentifikasi kata-kata yang berantonim dalam bacaan.

                                                8.   Menulis  kalimat  dengan  tembung  saroja  dan  tembung wilangan.

                                                9.   Membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

                                              10.   Membuat geguritan sederhana.

 


D.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat mwnanggapi watak dan perjuangan tokoh pendidikan.

      b.   Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menarik.

      c.   Siswa dapat meringkas isi bacaan.

      d.   Siswa dapat menulis kalimat dengan tembung saroja dan tembung wilangan.

      e.   Siswa dapat membuat geguritan sederhana dan membacanya dengan lancar.

 

E.   Materi Ajar

      a.   Pertemuan pertama

Teks tentang tokoh pendidikan.

 

      b.   Pertemuan kedua

-  Cerita tentang pengalaman pribadi

-  Basa ngoko dan krama.

 

      c.   Pertemuan ketiga

Teks bacaan.

 

      d.   Pertemuan keempat

Kalimat dengan tembung saroja/ twmbung wilangan.

 

      e.   Pertemuan kelima

Teks geguritan.

 

F.    Alokasi Waktu         : 

10   X  35 menit ( 5  pertemuan)

 

G.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

 

H.   Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa mendengarkan pembacaan wacana tentang tokoh pendidikan sambil mencatat atau menandai hal-hal yang dianggap penting.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita.

Ø  Siswa mencatat watak dan perjuangan tokoh dalam cerita.

Ø  Siswa memberikan tanggapan tentang watak dan perjuangan tokoh.

      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menceritakan pengalaman pribadi.

Ø  Siswa menceritakan pengalaman pribadi dengan bahasa sendiri.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

Ø  Siswa menggunakan basa ngoko dan krama dalam percakapan.

      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa memperhatikan temannya yang sedang membaca wacana sambil mencatat atau menandai hal-hal yang dianggap penting.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan.

Ø  Siswa meringkas isi bacaan dengan bahasanya sendiri.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang kata-kata yang berantonim kemudian mengidentifikasi kata-kata yang berantonim dalam bacaan.

      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan tembung saroja dan tembung wilangan.

Ø  Siswa menulis kalimat dengan menggunakan tembung saroja dan tembung wilangan dalam bahasa Jawa.

Ø  Siswa menggunakan dalam kalimat tembung saroja dan tembung wilangan dengan benar.

      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Pendahuluan

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Inti

Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru dalam membaca geguritan.

Ø  Siswa membaca geguritan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Ø  Siswa memperhatikan guru tentang cara mengarang sebuah geguritan.

Ø  Siswa membuat geguritan sederhana.

      c.   Penutup

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

I.      Penilaian Hasil Belajar

      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Tes tulis, dan Portofolio.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji petik kerja proses dan hasil, Tes

                                                    uraian, dan Dokumen pekerjaan siswa.

      c.   Soal / Instrumen       :

     

      Soal untuk Pertemuan Pertama

1.   Rungokna pamacane wacan bab tokoh pemdhidhikan banjur wangsulana pitakon ngenani isi wacan sing mentas kokrungokake!

2.   Kepriye manut panemumu ngenani watak sarta lelabuhane tokoh pendhidhikan jrning wacan?

            (Materi lihat di buku)

 

      Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Critakna pengalamanmu sing paling nyenengake nggunakake basamu dhewe!

2.   Omong-omongana karo kancamu sarana ngecakake unggah-ungguh basa sing bener!

            (Materi lihat di buku)

 

      Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Wacan ing bukumu wacanen kanthi setiti banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

2.   Ringkesen isine wacan sing mentas kokwaca!

3.   Tembung iki golekana kosok baline banjur gawenen ukara!

      a. teka X …

      b. gampang X …

            (Materi lihat di buku)

 

      Soal untuk Pertemuan Keempat

1.   Nggawea tuladha tembung saroja (lima wae) banjur gawenen ukara sing trep!

2.   Nggawea tuladha tembung:

      a. Wilangan wutuh

      b. Wilangan pecahan

      c. Wilangan undha usuk

3.   Tembung wilangan iki tulisen Latin:

a. 59

b. 120

c. 578

d. 2007

e. 17.985

            (Materi lihat di buku)

 

      Soal untuk Pertemuan Kelima

1.   Nggoleka geguritan saka sumber apa wae banjur wacanen kanthi lagu, pocapan, lan polatan sing trep!

2.   Nggawea geguritan kanthi pilihan tembung sing mentes lan mantesi!

            (Materi lihat di buku)

 

J.    Sumber Belajar

      a.  Rekaman/model orang yang sedang membaca geguritan.

      b.  Chart berisi Materi yang diajarkan.

      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 4, Penerbit Yudhistira (Wulangan 5: hal. 70-85)

      d.   Majalah ”Jaya Baya” dan ”Panyebar Semangat”.




RPP Bahasa Jawa Kelas 4 SD/MI Unduh DISINI

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "RPP Bahasa Jawa Kelas 4 SD/MI"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan