INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD/MI

    Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.


RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD/MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP UNIT 1)

 

Sekolah                        :  SD / MI

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  V (lima) / 1

Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                          2.   Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                          3.   Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                          4.   Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                          5.   Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan pembacaan teks.

                                          2.1.   Menanggapi persoalan faktual

                                          2.2.   Unggah-ungguh basa dalam percakapan.

                                          3.1.   Membaca indah.

                                          4.1.   Menulis kalimat.

                                          4.2.   Menulis dengan huruf Jawa.

                                          5.1.   Mengapresiasi tembang macapat.

      Indikator                        :  1.   Menceritakan kembali isi bacaan.

                                                2.   Mencatat hal-hal pokok dalam bacaan.

                                                3.   Mengajukan pertanyaan sesuai topik.

                                                4.   Menyampaikan pendapat / saran dan alasan terhadap persoalan yang di kemukakan.

                                                5.   Menggunakan basa ngoko lugu dan ngoko alus sesuai unggah-ungguh basa Jawa.

                                                6.   Membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan gaya yang tepat.

                                                7.   Mengubah teks geguritan menjadi prosa.

                                                8.   Menulis kalimat berpola S-P-O-K ( Ket.:waktu, tempat).

                                                9.   Menulis kalimat yang mengandung peribahasa.

                                              10.   Menulis arti peribahasa dengan tepat.

                                              11.   Menulis huruf Jawa, dengan menggunakan pasangan ha s.d. la.

                                              12.   Menjelaskan arti guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.

                                              13.   Menyebutkan jenis tembang macapat.

                                              14.   Menyanyikan tembang macapat.

Alokasi Waktu             :  10   X  40 menit ( 5  pertemuan)

 

 

1.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan yang didengarkan.

      b.   Siswa dapat memberi saran terhadap berita faktual.

      c.   Siswa dapat membaca geguritan dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.

      d.   Siswa dapat menulis kalimat berpola S-P-O-K dan dapat mengartikan peribahasa.

      e.   Siswa dapat menyebutkan syarat-syarat tembang macapat.

 

2.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Teks bacaan tentang ”Kepahlawanan”.

 

      b.   Pertemuan kedua

-  Berita faktual.

-  Basa ngoko dan krama.

 

      c.   Pertemuan ketiga

Teks geguritan..

 

      d.   Pertemuan keempat

-  Kalimat berpola S-P-O-K.

-  Peribahasa.

 

      e.   Pertemuan kelima

Tembang macapat.

 

 

3.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

 

 

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa mendenagarkan pembacaan teks bacaan tentang kepahlawanan sambil mencatat pokok-pokok yang dianggap penting.

Ø  Siswa menceritakan kembali isi bancaan dengan bahasanya sendiri.

Ø  Siswa menjelaskan keteladanan yang ada pada diri pahlawan.

Ø  Siswa mencatat hal-hal pokok atau keistimewaan yang dimiliki oleh tokoh pahlawan dalam bacaan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa mendengarkan pembacaan berita atau persoalan yang benar-benar baru terjadi (faktual).

Ø  Siswa mencatat pokok-pokok persoalan faktual sebagai bahan untuk mengajukan pertanyaan.

Ø  Siswa membuat beberapa pertanyaan berkaitan dengan berita faktual yang baru saja diperdengarkan.

Ø  Siswa menyampaikan pendapat / saran dan alasan terhadap persoalan yang di kemukakan.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko lugu dan ngoko alus.

Ø  Siswa menggunakan basa ngoko lugu dan ngoko alus sesuai unggah-ungguh basa Jawa.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan contoh yang diberikan guru tentang cara-cara membaca geguritan sesuai dengan lafal dan intonasi yang benar.

Ø  Siswa membaca geguritan dengan lafal, intonasi dan gaya yang tepat.

Ø  Siswa mencatat kata-kata pokok yang terdapat dalam geguritan kemudian mencari maknanya dalam kamus.

Ø  Siswa menghubungkan makna antar kalimat yang terdapat dalam larik-larik sebuah geguritan.

Ø Siswa mengubah teks geguritan menjadi prosa.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pola kalimat yang berpola S-P-O-K (terutama keterangan tempat dan keterangan waktu).

Ø  Siswa menganalisis kalimat yang berpola S-P-O-K (terutama keterangan tempat dan keterangan waktu).

Ø  Siswa menulis kalimat yang berpola S-P-O-K (terutama keterangan tempat dan keterangan waktu).

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang peribahasa.

Ø  Siswa mengartikan peribahasa yang diberikan guru atau yang ada di buku kemudian dibuat kalimat.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pasangan huruf Jawa (ha s.d. la).

Ø  Siswa menulis kata atau kalimat dengan huruf Jawa yang mengandung pasangan ha s.d. la.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang jenis karya sastra tembang macapat (terutama syarat-syarat/ciri-ciri penulisan tembang macapat.

Ø  Siswa menjelaskan arti guru gatra, guru lagu, dan guru wilangan.

Ø  Siswa menyebutkan 9 jenis tembang macapat.

Ø Siswa menyanyikan salah satu dari 9 jenis tembang macapat yang mereka mampu.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

 

5.   Sumber Belajar

      a.  Berita faktual dari berbagai media.

      b.  Rekaman/kaset tembang macapat.

      c.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 5, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-17)

      d.   Buku Penunjang: “Tuntunan Tembang Dolanan”.

      e.   Majalah ”Jaya Baya” dan ”Panyebar Semangat”.

 

 

6.   Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Penugasan, Tes tulis, dan Portofolio.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes identifikasi, Tes simulasi, Uji kerja proses dan hasil, Tes uraian

                                                    Tugas proyek dan tugas rumah, dan Dokumen pekerjaan siswa.

      c.   Soal / Instrumen       :

     

Soal untuk Pertemuan Pertama

1.   Rungokna pamacane wacan bab kepahlawanan banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!

2.   Critakna isine wacan nganggo basamu dhewe!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Nggawea pitakonan adhehdhasar pawarta sing kokrungokake!

2.   Tanggapana pawarta sing mentas kokrungokake!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Goleka geguritan saka medhia apa wae banjur wacanen kanthi lagu lan pocapan sing bener!

2.   Geguritan sing mentas kokwaca mau, owahana dadi basa gancaran!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Keempat

1.   Ukara ing ngisor iki udhalen!

      a. Ani tuku buku ing toko.

      b. Ibu mengko masak soto.

2.   Apa tegese paribasan “ana gula ana semut”?

3.    Pasangan aksara iki salinen ing buku tulismu!

      a    =   H       f    =    F

      n    =    N           t    =    T

      c    =    C           s    =    S

      r     =    R            w    =    W

      k    =    K           l    =    L

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kelima

1.   Terangna apa sing diarani guru gatra, guru wilangan, lan guru lagu!

2.   Sebutna jinis-jinise tembang macapat!

3.   Tembang macapat sing ana ing buku tembangna!

            (Materi lihat di buku)

 

 

 




RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD/MI Unduh DISINI

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "RPP Bahasa Jawa Kelas 5 SD/MI"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan