INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


RPP Bahasa Jawa Kelas 6 SD/MI

    Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.


RPP Bahasa Jawa Kelas 6 SD/MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP UNIT 1)

 

 

Sekolah                        :  SDN Pengampon 02

Mata Pelajaran            :  Bahasa Daerah (Jawa)

Kelas / Semester         :  VI (enam) / 1

Standar Kompetensi  :  1.   Medengarkan:

                                                Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai permintaan / perintah.

                                          2.   Berbicara:

                                                Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.

                                          3.   Membaca:

                                                Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar, dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.

                                          4.   Menulis:

                                                Mampu menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung, menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.

                                          5.   Apresiasi Sastra:

                                                Mampu mengapresiasi sastra Jawa.

Kompetensi Dasar      :  1.1.   Mendengarkan pembacaan teks.

                                          2.1.   Bermain peran.

                                          2.2.   Unggah-ungguh basa dalam percakapan.

                                          3.1.   Membaca pemahaman.

                                          4.1.   Menulis kalimat.

                                          5.1.   Mengapresiasi cerita/dongeng.

      Indikator                        :  1.   Menyebutkan tokoh utama dan wataknya.

                                                2.   Mengungkapkan kembali isi bacaan dalam ragam bahasa tertentu.

                                                3.   Bermain peran berdasarkan teks dialog (percakapan).

                                                4.   Menggunakan unggah-ungguh basa dalam percakapan.

                                                5.   Menjawab pertanyaan bacan.

                                                6.   Menyimpulkan isi bacaan.

                                                7.   Menulis kalimat dengan menggunakan tembung saroja dan tembung camboran.

                                                8.   Menulis kalimat sederhana dengan huruf  Jawa.

                                                9.   Menyebutkan tokoh dan pesan yang dapat diambil dari cerita/dongeng.

Alokasi Waktu             :  10   X  35 menit ( 5  pertemuan)

 

 

1.   Tujuan Pembelajaran

      a.   Siswa dapat menceritakan kembali isi bacaan yang didengarkan.

      b.   Siswa dapat bermain peran berdasarkan teks dialog.

      c.   Siswa dapat membaca bacaan dan meyimpulkan isinya.

      d.   Siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan tembung saroja dan tembung camboran serta dapat menulis huruf Jawa.

      e.   Siswa dapat mengapresiasi cerita/dongeng.

 

2.   Materi Pembelajaran

      a.   Pertemuan pertama

Teks bacaan tentang ”Kepahlawanan”.

      b.   Pertemuan kedua

-  Teks percakapan.

-  Basa ngoko dan krama.

 

      c.   Pertemuan ketiga

Teks bacaan.

 

      d.   Pertemuan keempat

-  Tembung saroja dan tembung camboran.

-  Tulisan huruf Jawa.

 

      e.   Pertemuan kelima

Teks cerita/dongeng.

 

3.   Metode Pembelajaran

      a.   Pemodelan

      b.   Penugasan  

      c.   Inkuiri

      d.   Responsi

      e.   Karya mandiri

      f.    Tanya jawab

      g.   Refleksi

 

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

 

Pertemuan Pertama

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana tentang ”kepahlawanan sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.

Ø  Siswa mencatat nama tokoh utama beserta perwatakannya dalam sebuah wacana yang didengarkannya.

Ø Siswa mengungkapkan kembali isi wacana dengan bahasanya sendiri.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kedua

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan teks wacana percakapan untuk mengetahui isi dan perwatakan dari tokoh yang ada dalam teks.

Ø Siswa bermain peran berdasarkan isi teks dialog yang ada di buku.

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan basa ngoko dan krama.

Ø Siswa menggunakan basa ngoko dan krama untuk percakapan.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Ketiga

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan temannya yang sedang membaca wacana sambil mencatat dan menandai bagian-bagian yang dianggap penting.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan wacana.

Ø Siswa menyimpulkan isi wacana.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Keempat

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan tembung saroja dan tembung camboran.

Ø  Siswa membuat contoh tembung saroja dan tembung camboran kemudian diterapkan dalam kalimat.

Ø Siswa menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

 

Pertemuan Kelima

      a.   Kegiatan Awal

Ø  Siswa mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari.

Ø  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

      b.   Kegiatan inti

Ø  Siswa membaca cerita/dongeng dari berbagai media (cerita/ dongeng yang ada di buku) kemudian menuliskan nama-nama tokoh beserta perwatakannya dalam cerita tersebut.

Ø Siswa menuliskan pesan atau nilai yang terkandung dalam cerita/dongeng.

      c.   Kegiatan Akhir

Ø  Siswa dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.

Ø  Guru memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.

5.   Sumber Belajar

      a.  Chart berisi materi pelajaran yang diajarkan.

      b.  Buku “Tutur Basa Jawa” Jilid 6, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-15)

      c.   Buku Penunjang: “Tuntunan Menulis Huruf Jawa”.

      d.   Majalah ”Jaya Baya” dan ”Panyebar Semangat”.

 

6.   Penilaian

      a.   Teknik                                    :  Tes unjuk kerja, Tes tulis, dan Portofolio.

      b.   Bentuk Instrumen    :  Tes simulasi, Uji kerja petik proses dan hasil, Tes uraian, dan Do-

                                                    kumen pekerjaan siswa.

      c.   Soal / Instrumen       :

Soal untuk Pertemuan Pertama

1.   Rungokna pamacane wacan bab kepahlawanan banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!

2.   Tulisen wewatakane tokoh jroning wacan sing mentas kokrungokake!

3.   Critakna isine wacan nganggo basamu dhewe!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kedua

1.   Praktekna teks pacelathon sing ana ing bukumu kanthi lagu lan pocapan sing trep!

2.   Nggawea teks pacelathon banjur praktekna karo kancamu!

3.  Omong-omongana karo kancamu sarana ngecakake unggah-ungguh basa sing bener!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Ketiga

1.   Wacan ing bukumu wacanen sing setiti banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan

2.   Wedharna miturut panemumu kepriye tokoh sing dicritakake ing wacan!

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Keempat

1.   Nggawea tuladha (lima wae) tembung saroja banjur gawenen ukara sing trep!

2.   Nggawea tuladha (lima wae) tembung camboran banjur gawenen ukara sing trep!

3.   Ukara iki tulisen ngango aksara Jawa!

      a. Sapa sing gagah prskosa.

      b. Sekti mandraguna.

            (Materi lihat di buku)

 

Soal untuk Pertemuan Kelima

1.   Wacanen crita ing bukumu banjur wangsulana pitakon ngenani isine wacan!

2.   Tulisen para paragane!

3.   Pitutur apa wae kang kinandhut jroning wacan!

            (Materi lihat di buku)

 




RPP Bahasa Jawa Kelas 6 SD/MI Unduh DISINI

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "RPP Bahasa Jawa Kelas 6 SD/MI"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan