RPP Bahasa Jawa Kelas 6 SD/MI
Website Nasty Jumpa lagi dalam postingan yang mungkin sangat anda perlukan, Silahkan baca infonya dibawah ini.
RPP Bahasa Jawa Kelas 6 SD/MI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP UNIT 1)
Sekolah : SDN Pengampon 02
Mata
Pelajaran : Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas /
Semester : VI (enam) / 1
Standar
Kompetensi : 1. Medengarkan:
Mampu
mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan berbagai
bunyi / suara, bunyi bahasa, pesan, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu
sesuai permintaan / perintah.
2. Berbicara:
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam
berbagai ragam bahasa Jawa dengan bahasa yang santun.
3. Membaca:
Mampu
membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca nyaring, membaca lancar,
dan membaca indah beberapa kalimat sederhana.
4. Menulis:
Mampu
menulis kata, kalimat dengan huruf tegak lepas dan huruf tegak bersambung,
menulis kalimat yang didiktekan guru dan menulis rapi.
5. Apresiasi
Sastra:
Mampu
mengapresiasi sastra Jawa.
Kompetensi
Dasar : 1.1. Mendengarkan pembacaan
teks.
2.1. Bermain peran.
2.2. Unggah-ungguh
basa dalam percakapan.
3.1. Membaca pemahaman.
4.1. Menulis kalimat.
5.1. Mengapresiasi cerita/dongeng.
Indikator : 1. Menyebutkan tokoh utama
dan wataknya.
2. Mengungkapkan kembali isi bacaan dalam ragam
bahasa tertentu.
3. Bermain peran berdasarkan teks dialog
(percakapan).
4. Menggunakan unggah-ungguh basa dalam
percakapan.
5. Menjawab pertanyaan bacan.
6. Menyimpulkan isi bacaan.
7. Menulis kalimat dengan menggunakan tembung
saroja dan tembung camboran.
8. Menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa.
9. Menyebutkan tokoh dan pesan yang dapat
diambil dari cerita/dongeng.
Alokasi Waktu : 10
X 35 menit ( 5 pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa
dapat menceritakan kembali isi bacaan yang didengarkan.
b. Siswa
dapat bermain peran berdasarkan teks dialog.
c. Siswa
dapat membaca bacaan dan meyimpulkan isinya.
d. Siswa
dapat menulis kalimat dengan menggunakan tembung saroja dan tembung camboran
serta dapat menulis huruf Jawa.
e. Siswa
dapat mengapresiasi cerita/dongeng.
2. Materi Pembelajaran
a. Pertemuan
pertama
Teks bacaan
tentang ”Kepahlawanan”.
b. Pertemuan kedua
- Teks percakapan.
- Basa ngoko dan krama.
c. Pertemuan ketiga
Teks bacaan.
d. Pertemuan keempat
- Tembung saroja dan tembung camboran.
- Tulisan huruf Jawa.
e. Pertemuan
kelima
Teks
cerita/dongeng.
3. Metode Pembelajaran
a. Pemodelan
b. Penugasan
c. Inkuiri
d. Responsi
e. Karya
mandiri
f. Tanya
jawab
g. Refleksi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa mendengarkan pembacaan teks wacana tentang
”kepahlawanan sambil mencatat hal-hal yang dianggap penting.
Ø Siswa mencatat nama tokoh utama beserta perwatakannya
dalam sebuah wacana yang didengarkannya.
Ø Siswa mengungkapkan kembali isi wacana dengan bahasanya
sendiri.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa memperhatikan teks wacana percakapan untuk
mengetahui isi dan perwatakan dari tokoh yang ada dalam teks.
Ø Siswa bermain peran berdasarkan isi teks dialog yang ada
di buku.
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan
basa ngoko dan krama.
Ø Siswa
menggunakan basa ngoko dan krama untuk percakapan.
c. Kegiatan Akhir
Ø
Siswa
dan guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah
dilakukan.
Ø
Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Ketiga
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa memperhatikan temannya yang sedang membaca wacana
sambil mencatat dan menandai bagian-bagian yang dianggap penting.
Ø Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan
dengan wacana.
Ø Siswa menyimpulkan isi wacana.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Keempat
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggunaan
tembung saroja dan tembung camboran.
Ø Siswa membuat contoh tembung saroja dan tembung camboran
kemudian diterapkan dalam kalimat.
Ø Siswa menulis kalimat sederhana dengan huruf Jawa.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan Kelima
a. Kegiatan
Awal
Ø Siswa
mempersiapkan diri untuk belajar dengan memperhatikan petunjuk dan penjelasan guru
tentang materi yang akan dipelajari.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang materi pelajaran yang akan dipelajari sebagai
bahan apersepsi agar siswa lebih siap untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
b. Kegiatan
inti
Ø Siswa membaca cerita/dongeng dari berbagai media (cerita/
dongeng yang ada di buku) kemudian menuliskan nama-nama tokoh beserta
perwatakannya dalam cerita tersebut.
Ø Siswa menuliskan pesan atau nilai yang terkandung dalam
cerita/dongeng.
c. Kegiatan
Akhir
Ø Siswa dan
guru mengadakan refleksi terhadap proses dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Ø Guru
memberikan tugas pengayaan kepada siswa untuk dikerjakan di rumah agar siswa
dapat terangsang mengikuti kegiatan belajar berikutnya.
5. Sumber Belajar
a. Chart berisi materi pelajaran yang diajarkan.
b. Buku “Tutur
Basa Jawa” Jilid 6, Penerbit Yudhistira (Wulangan 1: hal. 1-15)
c. Buku Penunjang: “Tuntunan Menulis Huruf Jawa”.
d. Majalah
”Jaya Baya” dan ”Panyebar Semangat”.
6. Penilaian
a. Teknik : Tes unjuk kerja, Tes tulis, dan Portofolio.
b. Bentuk
Instrumen : Tes simulasi, Uji kerja petik proses dan
hasil, Tes uraian, dan Do-
kumen pekerjaan siswa.
c. Soal / Instrumen :
Soal
untuk Pertemuan Pertama
1. Rungokna pamacane wacan bab kepahlawanan
banjur wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan!
2. Tulisen wewatakane tokoh jroning wacan sing
mentas kokrungokake!
3. Critakna isine wacan nganggo basamu dhewe!
(Materi lihat di
buku)
Soal
untuk Pertemuan Kedua
1. Praktekna teks pacelathon sing ana ing
bukumu kanthi lagu lan pocapan sing trep!
2. Nggawea teks pacelathon banjur praktekna
karo kancamu!
3. Omong-omongana karo kancamu sarana ngecakake
unggah-ungguh basa sing bener!
(Materi lihat di
buku)
Soal
untuk Pertemuan Ketiga
1. Wacan ing bukumu wacanen sing setiti banjur
wangsulana pitakon-pitakon ngenani isine wacan
2. Wedharna miturut panemumu kepriye tokoh sing
dicritakake ing wacan!
(Materi lihat di
buku)
Soal
untuk Pertemuan Keempat
1. Nggawea tuladha (lima wae) tembung saroja
banjur gawenen ukara sing trep!
2. Nggawea tuladha (lima wae) tembung camboran
banjur gawenen ukara sing trep!
3. Ukara iki tulisen ngango aksara Jawa!
a. Sapa sing gagah prskosa.
b. Sekti mandraguna.
(Materi lihat di
buku)
Soal
untuk Pertemuan Kelima
1. Wacanen crita ing bukumu banjur wangsulana
pitakon ngenani isine wacan!
2. Tulisen para paragane!
3. Pitutur apa wae kang kinandhut jroning
wacan!
(Materi
lihat di buku)
@Salam Website Nasty
0 Response to "RPP Bahasa Jawa Kelas 6 SD/MI"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan