Pengumuman Hasil Seleksi Calon Guru Penggerak CGP Angkatan 10 Tahap 1
Pengumuman Hasil Seleksi Calon Guru Penggerak CGP Angkatan 10 Tahap 1
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditken GTK), Kemendikbudristek telah menerbitkan Pengumuman Ditjen GTK Nomor 2738/B3/GT.03.00/2023 tentang Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10.
Di dalam Pengumuman Hasil Seleksi Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Tahap 1 yang diterbitkan tanggal 25 September 2023 ini diinformasikan bahwa menindaklanjuti surat kami Nomor: 1770/B3/GT.00.08/2023, Tanggal: 19 Juni 2023, Hal: Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 1 0 Reguler, Ditjen GTK menyampaikan bahwa Tim Seleksi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah melakukan proses seleksi tahap 1 Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10. Seleksi tahap 1 dilakukan melalui penilaian CV, Unggahan Dokumen, dan Esai.
Berkenaan dengan proses seleksi tahap 1 dimaksud, Ditjen GTK menyampaikan beberapa hal sebagai berikut.
1. Pendaftar CGP secara daring yang kami terima melalui laman pendaftaran sejumlah 256.373 orang.
2. CGP yang memenuhi persyaratan kelengkapan CV, unggahan dokumen, dan esai melalui proses verifikasi dan validasi (verval) berjumlah 86.198 orang.
3. CGP yang dinyatakan lulus tahap 1 angkatan 10 berjumlah 59.456 orang (lampiran 2) dan yang bersangkutan berhak untuk mengikuti seleksi tahap 2. Proses seleksi tahap 2, meliputi simulasi mengajar dan wawancara.
4. Simulasi mengajar dan wawancara secara daring (online) akan dilaksanakan pada bulan September sampai dengan bulan November 2023.
5. Jadwal simulasi mengajar dan wawancara akan disampaikan melalui aplikasi SIMPKB masing-masing CGP. 6. Informasi lengkap Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) dapat dilihat pada laman Guru Penggerak: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.
7. Tim Seleksi tidak melayani komunikasi dengan CGP dalam bentuk apapun. CGP diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan melalui SIMPKB. Segala kerugian akibat kelalaian tidak memantau perkembangan informasi yang diumumkan menjadi tanggung jawab CGP.
Di akhir pengumuman, Ditjen GTK mengharapkan agar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk dapat menyampaikan informasi hasil seleksi tahap 1 ini, kepada CGP yang dinyatakan lulus untuk mempersiapkan diri mengikuti proses seleksi tahap 2.
Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 Pendidikan Guru Penggerak Simulasi Mengajar dan Wawancara Calon Guru Penggerak
.Petunjuk Umum Seleksi Tahap 2
1. Pelaksanaan seleksi tahap 2 akan dilakukan secara daring (online). (Peserta disarankan menggunakan browser Chrome)
2. Peserta seleksi menyiapkan diri dengan baik untuk melakukan Simulasi Mengajar & Wawancara.
3. Seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara akan dilaksanakan secara bertahap. Simulasi Mengajar akan dilaksanakan terlebih dahulu selama maksimal 15 menit (5 menit persiapan, 10 menit simulasi mengajar, dan 5 menit tanya jawab), lalu calon fasilitator akan menerima jadwal selanjutnya untuk mengikuti seleksi Wawancara selama maksimal 60 menit.
4. Akan ada 2 (dua) asesor yang akan memberikan nilai untuk masing-masing seleksi.
5. Peserta seleksi diharapkan hadir 5 menit sebelum waktu pelaksanaan seleksi. Peserta menyiapkan hal-hal berikut untuk mengikuti seleksi tahap 2:
a. Ruangan yang kondusif, memiliki pencahayaan yang terang, dan tersedia akses listrik dan internet,
b. Alat dan bahan yang diperlukan untuk seleksi,
c. Jaringan internet yang baik dan cadangan sambungan internet,
d. Komputer/laptop/perangkat elektronik dengan kamera video dan speaker/microphone yang berfungsi dengan baik,
e. Meletakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang mampu menampilkan gambar dan menangkap suara kandidat dengan baik.
f. Peserta diharapkan dapat melakukan latihan panggilan video menggunakan aplikasi Google Meet dengan orang lain untuk memeriksa kualitas suara dalam panggilan video, sebelum pelaksanaan seleksi.
g. Jadwal pelaksanaan seleksi akan diberikan melalui aplikasi seleksi (SIMPKB). Ikutilah seleksi sesuai jadwal yang diberikan.
h. Jika peserta terputus ditengah pelaksanaan seleksi silahkan mencoba untuk mengakses tautan Google Meet yang sama.
i. Jika mengalami kendala dalam mengikuti seleksi, peserta bisa menghubungi tim pemantau melalui tautan aplikasi Whatsapp/WA yang tersedia di aplikasi.
j. Di awal seleksi asesor akan melakukan konfirmasi identitas. Silahkan siapkan KTP dan menunjukkannya jika diminta.
Petunjuk Seleksi Simulasi Mengajar
1. Topik Pembelajaran pada simulasi mengajar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah di unggah/dikirim pada saat pendaftaran calon guru penggerak.
2. Simulasi Mengajar akan berlangsung secara singkat selama 10 menit, maka peserta diharapkan berfokus pada tahap pembuka dan inti pembelajaran dalam mengikuti seleksi Simulasi Mengajar.
3. Lakukan Simulasi Mengajar selama 10 menit.
4. Lakukan Simulasi Mengajar seolah-olah pembelajaran dilakukan secara tatap muka, dengan menganggap terdapat peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran.
5. Simulasi Mengajar dilaksanakan bukan sebagai metode pembelajaran daring, sehingga kandidat tidak bisa melakukan share screen untuk memberikan materi pembelajaran.
6. Persiapan alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi Mengajar (contoh: papan tulis kecil/kertas putih besar, alat peraga, spidol, dll)
7. Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor selama maksimal 5 menit. Peserta akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh tim asesor.
8. Simulasi Mengajar akan dihentikan oleh tim asesor jika sudah melewati waktu pelaksanaan simulasi.
9. Letakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang dapat menampilkan sekitar 70% dari badan peserta.
Berikut adalah beberapa contoh tampilan kandidat yang diharapkan dalam mengikuti seleksi simulasi mengajar secara daring.
Unsur Penilaian Seleksi Simulasi Mengajar
Kompetensi 1 – Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid/peserta latih belajar secara aman dan nyaman.
Peserta menggembangkan pembelajaran dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran yang relevan bagi murid/peserta latih dan strategi komunikasi yang baik.
Kompetensi 2 – Memandu dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif. Peserta memandu pelajaran dengan mempertimbangkan strategi yang dapat membantu murid dalam memperoleh dan/atau menerapkan pengetahuan.
Kompetensi 3 – Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (Self-regulated learning). Peserta melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah dilakukan
Kompetensi 4 – Mendesain proses belajar mengajar yang efektif Peserta dapat merancang strategi penilaian yang baik
Petunjuk Pelaksanaan Wawancara
1. Peserta akan mengikuti seleksi wawancara sesuai jadwal wawancara yang diberikan.
2. Pesertameletakkan komputer atau perangkat elektronik yang mampu menangkap suara dan gambar calon peserta dengan baik.
3. Wawancara akan berlangsung kurang lebih 60 menit, dimana kandidat akan diwawancara oleh 2 orang tim asesor pada saat yang bersamaan.
4. Selama wawancara calon peserta diharapkan untuk memberikan jawaban berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.
5. Berikut adalah contoh jawaban yang diharapkan saat wawancara:
“Saya mengalami beberapa hambatan saat menjalankan program pola hidup sehat untuk anak murid. Pihak sekolah, orangtua murid, pihak kantin, tidak mendukung implementasi program ini karena beberapa kendala di masing-masing pihak.
Selama dua tahun saya melakukan berbagai cara untuk merangkul masing-masing pihak, misalnya dengan memberikan pemahaman mengapa program ini perlu diterapkan, bagaimana cara menerapkannya, apa yang bisa didukung dari masing-masing pihak untuk keberhasilan program ini.
Bagaimana mengatasi kekhawatiran yang ditakutkan masing-masing pihak, dan sebagainya. Hasilnya di akhir tahun kedua dan memasuki tahun ketiga ini masing-masing pihak menunjukkan dukungannya terhadap program saya.”
Unsur Penilaian Seleksi Calon Guru Penggerak
Tujuan/Misi
Menjalani panggilan hidup sebagai pengajar yang memberi dampak positif secara luas, baik bagi Daftaranak didik maupun lingkungan sekitar, sehingga terjadi proses transformasi yang menunjukkan kemajuan positif baik bagi dirinya sendiri maupun anak didik dan lingkungan sekitar
Membangun Hubungan yang Positif
Mengembangkan dan menggunakan hubungan kolaboratif untuk memfasilitasi pencapaian tujuan kerja sebagai pengajar.
Daya Juang/Resiliensi
Sebagai pengajar yang terus berupaya, fokus, dan positif saat mencapai tujuan yang ingin dicapai, serta bangkit kembali saat menghadapi kegagalan mencapai tujuan.
Inisiatif untuk Mengambil Tindakan
Sebagai pengajar yang bertindak segera untuk mencapai tujuan; melakukan tindakan untuk meraih sasaran yang melampaui persyaratan minimum; bersikap proaktif dan mandiri.
Pembelajaran yang Berkelanjutan
Sadar akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki sebagai pengajar; aktif menemukan cara-cara efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
Mengembangkan Orang Lain
Melibatkan diri dan berkomitmen dalam proses mengembangkan perilaku, keterampilan, atau pengetahuan spesifik yang dibutuhkan coachee (anak didik, rekan kerja, pengajar, atau orang lain), serta memastikan munculnya sikap positif dari coachee (anak didik, rekan kerja, pengajar, atau orang lain) yang kelak membantu dan menunjangnya untuk sukses di masa depan.
Kematangan Etika
Kapasitas diri sebagai pengajar yang menunjukkan kematangan emosi dalam berkarya melalui keterbukaan dan kejujuran, berperilaku dengan kebijaksanaan serta kasih sayang, selaras antara perkataan dengan tindakan dan sesuai dengan petunjuk moral,spiritual, nilai, etika profesi, dan kebijakan yang ada.
Pengambilan Keputusan
Sebagai pengajar yang mampu mengidentifikasi dan memahami masalah serta peluang dalam berkarya, dengan cara mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi kuantitatif dan kualitatif; memilih tindakan terbaik dengan menetapkan kriteria keputusan yang jelas, menghasilkan dan mengevaluasi alternatif, dan membuat keputusan tepat waktu; mengambil tindakan yang konsisten dengan fakta dan kendala yang tersedia serta mengoptimalkan konsekuensi yang mungkin muncul.
Penilaian Asesor oleh Kandidat/Peserta seleksi
Asesor mempunyai peran yang sangat menentukan hasil seleksi calon guru penggerak, oleh karena itu untuk memberikan layanan terbaik, obyektif, dan berintegritas, Kemendikbudristek memberi kesempatan kepada kandidat/peserta seleksi untuk melakukan umpan balik kinerja asesor setelah kandidat/peserta seleksi melaksanakan wawancara.
Tujuannnya ke depan supaya peserta mendapatkan asesor yang terpercaya (peserta tidak dirugikan) dalam proses seleksi. Umpan balik bersifat rahasia, setelah peserta memberikan umpan balik hasilnya hanya untuk tim pengembang seleksi PGP dan untuk kepentingan perbaikan dan pengembangan kualitas proses seleksi.
Petunjuk pemberian umpan balik kinerja asesor
1. Lakukan proses wawancara,
2. Setelah wawancara berakhir, kandidat akan mendapatkan notifikasi/informasi pemberian umpan balik kinerja asesor,
3. Dibaca informasinya dengan seksama,
4. Pilih “LANJUT” untuk pengisian formulir umpan balik kinerja asesor,
5. Jawab dengan jujur dan terbuka, sesuai gambaran proses wawancara yang baru saja diikut
Pengumuman hasil seleksi Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Tahap 1 selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.
Selengkapnya untuk mendapatkan file Pengumuman Hasil Seleksi Calon Guru Penggerak CGP Angkatan 10 Tahap 1 KLIK :
Hasil Seleksi CGP Angkatan 10 Tahap 1 Tiap Provinsi – Unduh
@Salam Website Nasty
0 Response to "Pengumuman Hasil Seleksi Calon Guru Penggerak CGP Angkatan 10 Tahap 1"
Post a Comment
Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan