INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Soal Kompetensi Teknis Seleksi PPPK JF Guru 2023 dan Kunci Jawaban

 Soal Kompetensi Teknis Seleksi PPPK JF Guru 2023 dan Kunci Jawaban

Berikut ini dibagikan contoh soal Kompetensi Teknis seleksi PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru 2023 dan kunci jawabannya.

Dengan mempelajari ini diharapkan contoh Soal Kompetensi Teknis Seleksi PPPK JF Guru 2023 ini, diharapkan peserta seleksi dapat memiliki gambaran bentuk soal seleksi kompetensi PPPK Tahun Anggaran 2023.

Hal yang membedakan antara materi soal PPPK dengan soal tes CPNS adalah dalam ujian seleksi PPPK tidak ada seleksi kompetensi dasar, tetapi hanya seleksi kompetensi bidang atau teknis.

Rencana seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2023 meliputi beberapa tahapan, mulai dari pengajuan formasi, pendaftaran, ujian seleksi, penempatan, hingga pemberkasan. Pendaftaran seleksi PPPK dilakukan melalui Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) Badan Kepegawaian Negara.

Materi Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK Tahun Anggaran 2023

Pelamar perlu memahami materi seleksi kompetensi tersebut, sehingga dapat mempersiapkan diri sejak awal dalam mengikuti rangkaian tahapan penerimaan PPPK tahun 2023

Materi seleksi kompetensi pengadaan PPPK tahun 2023 tercantum di dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 652 Tahun 2023 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk Jabatan Fungsional Tahun Anggaran 2023.

Materi seleksi Kompetensi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tahun Anggaran 2023 meliputi Seleksi Kompetensi Teknis, Seleksi Kompetensi Manajerial, dan Seleksi Kompetensi Sosial Kultural.

Selain itu, Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tahun Anggaran 2023 juga dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas yang dilaksanakan dengan wawancara.

SOAL PPPK "LENGKAP KUMPULAN SOAL PPPK TAHUN 2023"

Rincian materi seleksi kompetensi dan wawancara pengadaan PPPK Tahun 2023 selengkapnya sebagai berikut.

1. Materi Kompetensi Teknis

Materi Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap / perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan;

2. Materi Kompetensi Manajerial

Materi Kompetensi Manajerial bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:

a. integritas;

b. kerjasama;

c. komunikasi;

d. orientasi pada hasil;

e. pelayanan publik;

f. pengembangan diri dan orang lain;

g. mengelola perubahan; dan

h. pengambilan keputusan.

3. Materi Kompetensi Sosial Kultural

Materi Kompetensi Sosial Kultural bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai¬nilai, moral, emosi dan prinsip, yang hams dipenuhi setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang memiliki:

a. kepekaan terhadap perbedaan budaya;

b. kemampuan berhubungan sosial;

c. kepekaan terhadap konflik; dan

d. empati.

4. Materi Wawancara

Materi wawancara dengan menggali informasi non kognitif yang bertujuan untuk menilai integritas dan moralitas, meliputi beberapa aspek, yaitu kejujuran, komitmen, keadilan, etika, dan kepatuhan.

Seleksi Kompetensi Teknis, Manajerial dan Sosial Kultural dilaksanakan dalam durasi waktu 120 (seratus dua puluh) menit. Sedangkan wawancara dilaksanakan dalam durasi waktu 10 (sepuluh) menit. Durasi waktu pelaksanaan Seleksi Kompetensi dan wawancara dikecualikan bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra.

Jumlah Soal Seleksi Kompetensi PPPK

Jumlah soal keseluruhan Seleksi Kompetensi pengadaan PPPK tahun 2023 adalah 145 (seratus empat puluh lima) soal, dengan rincian sebagai berikut.

a. Seleksi Kompetensi Teknis sejumlah 90 (sembilan puluh) butir soal;

b. Seleksi Kompetensi Manajerial sejumlah 25 (dua puluh lima) butir soal;

c. Seleksi Kompetensi Sosial Kultural sejumlah 20 (dua puluh) butir soal; dan

d. Wawancara sejumlah 10 (sepuluh) butir soal.

Pembobotan nilai untuk materi soal Seleksi Kompetensi sebagai berikut.

a. Untuk materi soal Seleksi Kompetensi Teknis, bobot jawaban benar bernilai 5 (lima) dan salah atau tidak menjawab bernilai 0 (nol).

b. Untuk materi soal Seleksi Kompetensi Manajerial, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empa.t), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol).

c. Untuk materi soal Seleksi Kompetensi Sosial Kultural, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 5 (lima), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol).

d. Untuk materi soal Wawancara, bobot jawaban benar paling rendah 1 (satu) dan nilai paling tinggi 4 (empat), serta tidak menjawab bernilai 0 (nol).

Nilai kumulatif paling tinggi untuk Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK Tahun 2023 adalah 670 (enam ratus tujuh puluh), dengan rincian:

a. 450 (empat ratus lima puluh) untuk Seleksi Kompetensi Teknis;

b. 180 (seratus delapan puluh) untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural; dan

c. 40 (empat puluh) untuk Wawancara.

Soal Kompetensi Teknis Seleksi PPPK JF Guru 2023 dan Kunci Jawaban

BACA JUGA: 

Di dalam membantu mempersiapkan diri mengikuti seleksi kompetensi teknis, di bawah ini adalah beberapa contoh Soal Kompetensi Teknis Seleksi PPPK JF Guru 2023.

Contoh soal kompetensi teknis seleksi PPPK Guru tahun 2023 ini sudah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk memmudahkan mempelajarinya.

Berikut contoh soal Kompetensi Teknis Seleksi PPPK untuk Jabatan Fungsionak Guru Tahun 2023 dan kunci jawaban selengkapnya.

1. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.

Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria ….

A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan

Kunci Jawaban D

2. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah ….

A. pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D. pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

Kunci Jawaban B

3. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam ….

A. media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
C. media tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media tiga dimensi

Kunci Jawaban A

4. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.

Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah …

A. tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis
B. sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

Kunci Jawaban A

5. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ….

A. media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

Kunci Jawaban C

6. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.

Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ….

A. Menampilkan objek yang terlalu besar
B. Membuat konkrit konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

Kunci Jawaban B

7. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya, saat guru ingin menjelaskan suatu konsep atau objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.

Berikut ini salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut, yaitu ….

A. menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

Kunci Jawaban A

8. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah ….

A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio

Kunci Jawaban C

9. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah ….

A. program mencari informasi
B. program desktop publishing
C. program untuk menjelajahi laman
D. program penciptaan laman

Kunci Jawaban B

10. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah ….

A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
D. www.cari-data.com

Kunci Jawaban A

11. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah ….

A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C. Microsoft Desktop Publishing
D. Microsoft Word

Kunci Jawaban D

12. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah ….

A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing

Kunci Jawaban C

13. Menyusun pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajarann ….

A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik

Kunci Jawaban B

14. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkahnawal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.

Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ….

A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning

Kunci Jawaban A

15. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.

Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ….

A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning

Kunci Jawaban D

16. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning.

1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).

Urutan yang benar adalah ….

A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6

Kunci Jawaban A

17. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
2) Orientasisiswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ….

A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4

Kunci Jawaban B

18. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….

A. kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C. kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

Kunci Jawaban C

19. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali ….

A. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode
kualitatif atau kuantitatif.

Kunci Jawaban D

20. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam ….

A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan

Kunci Jawaban B

21. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah ….

A. menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. menambah bahan pelajaran baru
C. mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut

Kunci Jawaban D

22. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah ….

A. pedoman observasi
B. kuesioner
C. pedoman wawancara
D. tes hasil belajar

Kunci Jawaban A

23. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah
yang pertama kali harus dipelajari?

A. buku sumber yang digunakan
B. kurikulum dan silabus
C. indikator pencapaian kompetensi
D. kemampuan awal siswa

Kunci Jawaban C

24. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya ….

A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi

Kunci Jawaban D

25. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali ….

A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester

Kunci Jawaban D

26. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai ….

A. mean
B. modus
C. median
D. simpangan baku

Kunci Jawaban A

27. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan ….

A. penilaian hasil belajar peserta didik
B. penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan

Kunci Jawaban A

28. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.

Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian ….

A. objektivitas.
B. transparan
C. bermakna
D. menyeluruh

Kunci Jawaban A

29. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
optimal tampak dalam kegiatan guru, yaitu ….

A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang
tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal
yang memiliki kesulitan tinggi

Kunci Jawaban D

30. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….

A. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang

Kunci Jawaban C

31. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru, yaitu ….

A. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

Kunci Jawaban C

32. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan …

A. nilai batas ambang kompetensi
B. nilai minimal yang dicapai peserta didik
C. nilai maksimal yang dicapai peserta didik
D. nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

Kunci Jawaban A

33. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….

A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat nkesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan tes remedial

Kunci Jawaban C

34. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan
dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ….

A. konstruktivisme
B. authentic assesment
C. efektif
D. kondusif

Kunci Jawaban B

35. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.

Pendekatan tes yang dimaksud adalah ….

A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian acuan patokan
D. penilaian acuan norma

Kunci Jawaban D

36. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.

Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ….

a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian acuan patokan
d. Penilaian acuan norma

Kunci Jawaban C

37. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi,
merupakan…

A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian

Kunci Jawaban C

38. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan ….

A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.

Kunci Jawaban B

39. Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali ….

A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu

Kunci Jawaban C

40. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. Hal tersebut merupakan prinsip penilian yang ….

A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis

Kunci Jawaban C



Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Soal Kompetensi Teknis Seleksi PPPK JF Guru 2023 dan Kunci Jawaban"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan