INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan

Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMP dan SMA sederajat, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention).

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Khusus untuk tingkat SMP, bidang ilmu yang dilombakan dalam OPSI adalah bidang IPA dan lingkungan, bidang IPS dan kemanusiaan, serta bidang teknik dan rekayasa.

Berikut ini dibagikan contoh Laporan Karya Ilmiah Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan.

Contoh Karya Ilmiah OPSI Bidang IPS dan Kemanusiaan jenjang SMP ini untuk referensi peserta OPSI yang akan membuat laporan karya ilmiah dari hasil penelitian yang sudah dilakukan.

Peserta dapat mengembangkan sendiri laporan karya ilmiahnya dengan melihat contoh laporan Karya Ilmiah Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Bidang IPS dan Kemanusiaan untuk jenjang SMP ini.

OPSI digelar sebagai agenda penting Balai Pengembangan Talenta Indonesia untuk membangun pelajar pancasila yang berkarakter kreatif dan inovatif. OPSI mengembangkan kemampuan berpikir siswa yang kritis untuk terus menggali berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar siswa.

Melalui kegiatan ini, kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan.

Kegiatan ini juga merupakan seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian siswa yang mandiri dan tangguh. Kegiatan penelitian melalui OPSI diharapkan  dapat meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah.

Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan
Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan

Tujuan

Berikut ini beberapa tujuan dari pelaksanaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI).

1. Memotivasi siswa untuk berkreasi dan berinovasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya;

2. Membangun integritas dan sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir kritis, logis, analitis, dan kreatif serta kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah;

3. Menanam dan memupuk budaya meneliti agar tercipta literasi IPTEKS di kalangan siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang berasaskan pendidikan karakter;

4, Menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian serta memperoleh hasil penelitian yang kolaboratif, orisinal, berkualitas, dan kompetitif dalam rangka menyiapkan bibit unggul talenta nasional di bidang penelitian;

5. Memfasilitasi siswa peneliti dari berbagai daerah untuk menggelar karya penelitian.

6. Memilih siswa untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional;

7. Menyosialisasikan kegiatan dan hasil penelitian siswa kepada masyarakat dan dunia usaha/industri.

Hasil yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan muncul dari penyelenggaraan OPSI adalah sebagai berikut.

1. Termotivasinya siswa untuk berkreasi dan berinovasi dalam penelitian pada berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya.

2. Terbangunnya integritas dan sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah.

3. Tumbuh kembangnya budaya meneliti dan literasi IPTEKS di kalangan siswa.

4. Terjaringnya siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang penelitian.

5. Terjalinnya komunikasi antarsiswa peneliti dari berbagai daerah melalui temu karya penelitian.

6. Terpilihnya siswa untuk diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, serta publikasi nasional dan internasional.

7. Tersosialisasinya kegiatan dan hasil penelitian siswa kepada masyarakat dan dunia usaha/industri serta terwujudnya apresiasi dunia industri dan masyarakat terhadap hasil penelitian siswa.

Contoh Laporan Karya Ilmiah Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia bidang IPS dan Kemanusiaan jenjang SMP  selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Baca :

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih
telegram

0 Response to "Contoh Karya Ilmiah OPSI SMP Bidang IPS dan Kemanusiaan"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan