INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Kunci Jawaban Modul 1 Topik 2 PPG 2024 Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi

Website Nasty  Kunci Jawaban Modul 1 Topik 2 PPG 2024 Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi

Kriteria Guru yang Terpanggil pada PPG Bagi Guru Tertentu 2024

Soal 1 dari 10

Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun karakter peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Berdasarkan prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru, kecuali...

  • Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari
  • Guru mendorong peserta didik melakukan refleksi untuk memahami kekuatan diri dan potensi yang perlu dikembangkan
  • Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi Ilmu pengetahuan
  • Guru memberikan proyek yang ditujukan untuk mendorong pembelajaran yang mandiri dan untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan
  • Guru memvariasikan kompleksitas atau tingkat kesulitan tugas untuk mengakomodasi peserta didik dengan berbagai tingkat kesiapan belajar

Jawaban: Guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari


Soal 2 dari 10

Sebelum melaksanakan pembelajaran, Pak Hafiz mengadakan asesmen awal untuk mengetahui profil belajar peserta didiknya.

Dari hasil asesmen awal tersebut diketahui bahwa 45% peserta didik memiliki kecenderungan gaya belajar visual, 15% kinestetik, dan 40% auditori.

Pak Hafiz juga memperoleh informasi bahwa secara umum peserta didiknya memiliki kecenderungan minat yang relevan dengan gaya belajar masing-masing.

Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Dari data tersebut, Pak Hafiz merencanakan pembelajaran berdiferensiasi pada elemen proses sebagai berikut, kecuali...

  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempelajari sumber belajar dalam bentuk modul digital interaktif
  • Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat
  • Peserta didik diminta mengamati dan mendiskusikan isi video untuk memperoleh pengetahuan baru
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan praktik bermain peran agar mereka lebih memahami penjelasan guru
  • Guru membuat beberapa sudut belajar atau display yang ditempel di tempat-tempat berbeda untuk memberikan kesempatan peserta didik bergerak saat mengakses informasi

Jawaban: Peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat


Soal 3 dari 10

Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran, bukan dalam arti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran dimaksud tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali....

  • Pada awal tahun ajaran, guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya.
  • Guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan
  • Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain
  • Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi untuk membantu peserta didik mengembangkan kompetensinya.
  • Guru perlu mengevaluasi hasil penilaian formatif, memperhatikan perilaku peserta didik, dan mendengarkan keluhan mereka untuk mengetahui kebutuhan belajarnya

Jawaban: Guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain


Soal 4 dari 10

Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran yang relevan dengan prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi adalah....

  • Guru adalah sumber belajar utama dan peserta didik mengikuti apa yang telah ditetapkan.
  • Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber.
  • Guru menjadi mediator antar peserta didik agar terjadi transfer pengetahuan dalam proses belajar.
  • Guru menjadi motivator yang mengamati peserta didik dari jauh selama proses belajar.
  • Guru menjadi motor penggerak utama proses pembelajaran

Jawaban: Guru bukan sebagai sumber belajar utama, peserta didik dapat belajar dari berbagai sumber.


Soal 5 dari 10

Bu Farida menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Dengan demikian, ia membagi peserta didik dalam beberapa kelompok belajar.

Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Ternyata Bu Farida masih mengalami kesulitan karena semua peserta didik masih bertanya kepadanya. Sehingga proses belajar masih berpusat pada guru. Hal yang dapat Ibu Farida lakukan adalah....

  • Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri- sendiri tanpa adanya pengawasan dari guru. Porsi tanggung jawab guru lebih besar dari peserta didik.
  • Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk bekerja sendiri- sendiri dengan hasil karya yang sudah ditentukan dan tidak boleh diubah. Peserta didik tidak perlu bekerja sama untuk dapat memahami konsep.
  • Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep. Guru mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding peserta didik.
  • Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari. Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru. Sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran.
  • Semua salah

Jawaban: Bu Farida dapat melakukan praktik pelepasan tanggung jawab bertahap. la mengajak peserta didik dalam grup untuk menghasilkan sebuah karya yang berkaitan dengan konsep yang sedang dipelajari.

Peserta didik bekerja sama untuk memperkuat pemahaman konsep karena mereka mempunyai porsi tanggung jawab yang lebih besar dibanding guru.

Sehingga peserta didik dapat mengaplikasikan sebuah ilmu secara mandiri. Guru dan peserta didik memiliki tanggung jawab bersama selama proses pembelajaran.



Soal 6 dari 10

Seorang guru mengadopsi elemen-elemen diferensiasi dalam pelaksanaan pembelajaran, seperti menggunakan bahan bacaan yang berbeda untuk peserta didik dengan kemampuan membaca yang beragam.

Namun, beberapa peserta didik masih kesulitan mencapai tujuan pembelajaran. Tindakan yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah....

  • Meminta peserta didik yang kesulitan untuk belajar lebih keras
  • Mengurangi tingkat kompleksitas tugas
  • Meminta peserta didik untuk bekerja sendiri
  • Melanjutkan dengan kurikulum yang telah direncanakan
  • Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran

 Jawaban: Merevisi pendekatan dan strategi pembelajaran


Soal 7 dari 10

Diberikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Peserta didik menentukan tujuan yang akan dicapai dan hal apa yang ingin diketahui
  2. Peserta didik melakukan refleksi terhadap kemampuannya
  3. Guru memberikan gambaran rubrik sebagai harapan kompetensi dari capaian peserta didik
  4. Guru menginformasikan tujuan belajar yang akan dicapai bersama

Alur/tahapan yang perlu dilakukan oleh guru dan peserta didik untuk merumuskan tujuan belajar adalah......

  • 1-2-3-4
  • 1-3-2-4
  • 4-3-2-1
  • 4-2-3-1
  • 3-2-1-4

Jawaban: 4-3-2-1


Soal 8 dari 10

Seorang guru melaksanakan pembelajaran pada topik tertentu. la mendapati bahwa peserta didik belum pernah mempelajari topik tersebut.

Berdasarkan soal terbaru yang beredar, dirangkum pojoksatu.id pertanyaannya adalah: Hal yang perlu dilakukan guru pada kegiatan awal pembelajaran adalah...

  • Menyampaikan bahwa materi ini susah maka perlu belajar yang konsisten
  • Menjelaskan bahwa materi ini membutuhkan praktik yang banyak, sehingga peserta didik perlu untuk menguasai semua perangkat dalam laboratorium sebelum kelas dimulai
  • Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Langsung menjelaskan materi tersebut sehingga peserta didik terbiasa
  • Memberi soal pretest terkait materi tersebut sehingga dapat memicu motivasi peserta didik

Jawaban: Menguraikan secara umum materi yang ingin diajarkan, memantik pengetahuan peserta didik terkait materi tersebut, mengaitkan materi dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.


soal 9 dari 10

Ibu Tina menemukan beberapa peserta didik yang belum mencapai tujuan pembelajaran, sehingga mereka memerlukan kegiatan remedial. Langkah yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah.....

  • Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk peserta didik yang memerlukan remedial
  • Memberikan PR yang banyak agar peserta didik belajar sendiri di rumah
  • Menghubungi orang tua anak dan melaporkan bahwa anaknya tidak mengikuti proses belajar dengan baik
  • Meminta setiap peserta didik untuk mengumpulkan tugas setiap akhir pembelajaran
  • Meminta setiap peserta didik untuk membuat review materi pembelajaran

Jawaban: Merencanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi proses dan konten untuk peserta didik yang memerlukan remedial



Soal 10 dari 10

Beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi adalah sebagai berikut:

  1. Kebutuhan peserta didik yang beragam
  2. Kondisi kelas
  3. Kebutuhan guru dan kepala sekolah
  4. Lingkungan sekolah

Elemen yang perlu dipertimbangkan oleh guru ketika melakukan modifikasi pembelajaran adalah....

  • 1 dan 2
  • 2 dan 3
  • 3 dan 4
  • 1 dan 3
  • 1 dan 4

Jawaban: 1 dan 2

Refleksi merangcang pembelajaran berdiferensiasi PPG piloting 2024

Cerita Relektif

Sebelum mengakhiri sesi pada topik ini, ekspresikan pengalaman yang Bapak/Ibu miliki selama menjadi guru dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi melalui cerita reflektif.

Ceritakan bagaimana merencanakan pembelajaran berdiferensiasi yang relevan di kelas Bapak/Ibu Guru, sehingga diyakini dapat diimplementasikan untuk mencapai tujuan pembelajaran?


Referensi Jawaban

Dengan merencanakan pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan karakteristik setiap siswa, kitadapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif adalah:

1. Memahami Kebutuhan Belajar Siswa

Pemetaan Kebutuhan Belajar:

Observasi dan interaksi dengan siswa untuk mengidentifikasi gaya belajar, minat, dan latar belakangpemahaman mereka terhadap suatu pelajaran.Pemetaan ini menjadi dasar dalam merencanakan pembelajaran berdiferensiasi.

2. Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi

Fleksibilitas dan Penyesuaian:Rencanakan pembelajaran yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa. 

Berikan berbagai pilihan dalam hal konten, proses, dan produk pembelajaran.

Lingkungan Belajar yang Inklusif:Ciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan inklusif.Berikan dukungan bagi siswa dengan kebutuhan khusus.

3. Evaluasi dan Refleksi 

Evaluasi Pembelajaran:

Evaluasi secara berkala untuk memastikan pembelajaran berdiferensiasi berjalan sesuai rencana.

Perhatikan perkembangan setiap siswa dan sesuaikan strategi jika diperlukan.

Merencanakan pembelajaran berdiferensiasi memerlukan pemahaman pada karakteristik setiap siswa.

Dengan mengamati dan berinteraksi dengan siswa, serta merencanakan pembelajaran yang relevan, kitadapat mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan memaksimalkan potensi setiap siswa.


BACA JUGA :


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "Kunci Jawaban Modul 1 Topik 2 PPG 2024 Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan