INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Bentuk Soal dan Komponen AKMI Tahun 2

 Bentuk Soal dan Komponen AKMI Tahun 2023

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) menjadi bentuk evaluasi baru di bidang pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

AKMI merupakan evaluasi yang digunakan untuk memetakan mutu sistem pendidikan dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi. Kompetensi peserta didik yang diukur tersebut adalah Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains, dan Literasi Sosial Budaya.


Pengertian AKMI

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah bentuk evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah dalam Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Literasi Sosial Budaya.

Hasil asesmen tersebut dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

AKMI sebagai asesmen yang komprehensif dengan sasaran untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya pada jenjang MI, MTs dan MA. Hasil asesmen akan digunakan oleh guru dan madrasah sebagai sarana untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.

Melalui AKMI, seluruh civitas madrasah diajak membuka paradigma dalam penguatan pembelajaran berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir atau bernalar, sehingga para lulusan madrasah memiliki keterampilan Iebih tinggi dalam memecahkan masalah-masalah berbasis saintifik dan bersifat humanis.


Tujuan dan Fungsi AKMI

AKMI bertujuan untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya. Sedangkan fungsi dari Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah sebagai berikut.

1. Untuk mendiagnosis kompetensi peserta didik dan tindak lanjut perbaikan pembelajaran.

2. Sebagai bahan pemetaan mutu pendidikan madrasah.

3. Sebagai bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah.

Satuan pendidikan yang dapat melaksanakan AKMI adalah madrasah yang telah memiliki ijin operasional. Satuan pendidikan yang melaksanakan AKMI adalah semua madrasah jenjang MI, MTs, dan MA/MAK, baik Negeri dan Swasta yang terdaftar dalam pangkalan data EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.


AKMI Tahun 2023

AKMI untuk jenjang MI, MTs, dan MA/MAK kembali akan dilaksanakan di tahun 2023 ini. Sasaran AKMI Tahun 2023 adalah siswa kelas 5 (lima) Madrasah Ibtidaiyah, siswa kelas 8 (delapan) Madrasah Tsanawiyah, dan siswa kelas 11 (sebelas) Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Satuan pendidikan yang melaksanakan AKMI tahun 2023, yaitu MI sebanyak 12.823, MTs sejumlah 931, dan MA/MAK sejumlah 745.

Persyaratan peserta AKMI tahun 2023 adalah sebagi berikut

1.  Peserta didik terdaftar dalam pangkalan data EMIS yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) valid.

2.  Peserta didik masih aktif belajar pada MI, MTs dan MA/MAK.

3.  Peserta didik duduk di kelas 5 (lima), kelas 8 (delapan), kelas 11 (sebelas) pada saat pelaksanaan AKMI.

4.  Peserta didik yang memiliki hambatan bahasa/membaca/ penglihatan tidak wajib mengikuti AKMI,

Jadwal AKMI 2023 berdasarkan POS Penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia Tahun 2023 adalah sebagai berikut.

1. Jadwal AKMI MI Tahun 2023 : Tanggal 2 sampai dengan 14 Oktober 2023.

2. Jadwal AKMI MTs Tahun 2023 : Tanggal 4 sampai dengan 14 Oktober 2023.

3. Jadwal AKMI MA Tahun 2023 : Tanggal 4 sampai dengan 14 Oktober 2023.

4. Jadwal AKMI Susulan Tahun 2023 : Tanggal 16 dan 17 Oktober 2023.


Bentuk Soal dan Komponen AKMI 2023

Instrumen AKMI 2023 disiapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI.  Instrumen AKMI disiapkan dalam bentuk soal digital dan merupakan dokumen negara yang bersifat rahasia. Instrumen AKMI terdiri atas Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains dan Litarasi Sosial Budaya.

Bentuk soal AKMI 2023 terdiri dari bentuk soal objektif (Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan dan Isian Singkat). Pilihan Ganda (PG) untuk Jenjang MI dan MTs, terdiri atas empat pilihan jawaban, jenjang MA terdiri atas lima pilihan jawaban.



Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih


@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Bentuk Soal dan Komponen AKMI Tahun 2"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan